Comscore Tracker

Festival Krakatau 2022 Siap Digelar, Ada Tour Gunung Anak Krakatau!

Yuk simak jadwal lengkap rangkaian acaranya di sini

Bandar Lampung, IDN Times - Provinsi Lampung memiliki kalender pariwisata tahunan unggulan. Satu di antaranya Festival Krakatau. Setelah dua tahun tak digelar, event tersebut 2022 ini kembali dihelat.

Diketahui Festival Krakatau merupakan wadah apresiasi dan puncak kreatifitas bagi seniman, budayawan dan masyarakat Lampung serta momentum pengingat erupsi Gunung Krakatau pada tahun 1883.  Sejak pelaksanaannya pertama kali 1990 lalu, Festival Krakatau memiliki 3 rangkaian kegiatan besar yaitu, Edukasi Sejarah Gunung Krakatau, Penampilan Seni Budaya dan Pawai Budaya. 

1. Sandiaga Uno dijadwalkan hadir

Festival Krakatau 2022 Siap Digelar, Ada Tour Gunung Anak Krakatau!Twitter/@sandiuno

Tema pelaksanaan Festival Krakatau 2022 adalah Tangguh Berjaya. Makna luas dari tema ini setelah melalui masa pandemik sekitar dua tahun masyarakat Lampung telah tangguh dengan berfikir konstruktif menerima pandemi dan tetap melakukan kegiatan yang terukur.

Hal ini dibutuhkan kebijaksanaan sikap dan perbuatan untuk tetap bertujuan membangkitkan Kepariwisataan Berjaya. Pada gelaran ke-31 tahun ini, Festival Krakatau masuk dalam 110 kalender kepariwisataan nasional Kharisma Event Nusantara 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan akan menghadiri langsung acara ini. Kegiatan Festival Krakatau akan dilaksanakan mulai 26 Agustus 2022-4 September 2022.

Baca Juga: Capsule Inn, Hotel Kapsul Pertama di Lampung, Murah dan Lengkap!

2. Koordinasi dengan berbagai stakeholder

Festival Krakatau 2022 Siap Digelar, Ada Tour Gunung Anak Krakatau!unplash.com

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdaprov Lampung, Kusnardi mengatakan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadiri kegiatan ini pada 27 Agustus 2022. Oleh karena itu, Kusnardi menekankan agar kegiatan ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Terkait persiapan jelang event itu, ia menyatakan telah berkoordinasi dengan berbagai stakeholder terkait. 

"Polda Lampung mempersiapkan pengawalan dan menjaga keamanan selama kegiatan kegiatan berlangsung. Dinas Perhubungan mempersiapkan kondisi  jalan dan dermaga serta membantu pengaturan lalu lintas," jelasnya, Rabu (24/8/20220.

Kusnardi menambahkan, PT ASDP  mempersiapkan kapal dan Anjungan Mall Agung Terminal Bakauheni. Basarnas dan Polisi Air untuk mempersiapkan kapal pendamping.

Selain itu, Dinas Kominfotik melaksanakan kegiatan  peliputan dan siaran live streaming. Dinas Kesehatan bertugas sebagai tim medis yang mengkoordinasikan  lokasi titik posko medis sepanjang jalur yang dilalui, menyiapkan pemeriksaan kesehatan dan layanan vaksin booster.

Kusnardi juga berharap kegiatan Festival Krakatau ini berjalan lancar dengan dukungan semua pihak. "Semoga Allah mendukung keberlangsungan kegiatan ini serta memberikan kita kesehatan sehingga kegiatan ini dapat berjalan tanpa hambatan. Saya juga berharap pada 30 peserta Lampung Familiarization untuk dapat membantu mempromosikan pariwisata di Provinsi Lampung," jelasnya. 

3. Ada trip reward Tour Krakatau bagi 100 nakes

Festival Krakatau 2022 Siap Digelar, Ada Tour Gunung Anak Krakatau!instagram.com/gunungkrakatau

Rangkaian kegiatan utama Festival Krakatau tahun ini yaitu Tour Krakatau akan diikuti oleh peserta 100 Tenaga Kesehatan. Ini merupakan trip reward selama penanganan COVID-19)

Ada juga, peserta Lampung Familiarization Trip 2022 (influencer, vlogger, blogger, pelaku perjalanan wisata sebanyak 30 orang yang berasal dari Lampung dan luar Lampung), 20 peserta media online, menteri pariwisata, forkopimda, jajaran Pemprov Lampung dan tamu undangan dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Pelaksanaan event secara offline dengan tetap berpedoman pada penerapan protokol kesehatan. Secara online ditayangkan melalui media sosial Live Streaming Youtube pada akun: Pariwisata Lampung dan Pemerintah Provinsi Lampung, serta Instagram: pariwisata_Lampung.

4. Rangkaian kegiatan

Festival Krakatau 2022 Siap Digelar, Ada Tour Gunung Anak Krakatau!Festival Krakatau 2022 siap digelar. (IDN Times/Istimewa).

Kegiatan Festival Krakatau direncanakan akan dilaksanakan mulai dari tanggal 26 Agustus 2022-4 September 2022 dengan rangkaian sebagai berikut :

  • Festival Kuliner Krakatau, direncanakan berlangsung dari tanggal 26 Agustus 2022 - 4 September 2022 di Taman Gajah Bandar Lampung. Kegiatan ini diikuti oleh 43 tenant yang merupakan hasil seleksi tenant terbaik dari Festival Sarapan Pagi dan Festival Kayarasa.
  • Lampung Familiarization Trip, direncanakan berlangsung pada tanggal 26-29 Agustus 2022  dengan 30 orang peserta yang merupakan influencer, bloger, vloger, traveler dan travel agent.
  • Tampilan Seni Budaya Pesona Kemilau Krakatau pada tanggal 27 Agustus 2022 yang bertempat di Anjungan Agung Terminal Eksekutif Pelabuhan Bakauheni dilanjutkan dengan Semarak Budaya dan Tour Krakatau yang bertempat di atas kapal Ferry.
  • Kegiatan Tour Krakatau direncanakan akan diikuti  sebanyak 300 peserta yang terdiri dari 100 orang tenaga kesehatan, 30 orang peserta Lampung Familiarization, 20 media, Forkopimda, jajaran Pemprov Lampung dan undangan telah ditentukan.

Baca Juga: 7 Referensi Rumah Tapis Lampung Paling Populer, Oleh-Oleh Mewah!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya