Comscore Tracker

7 Tempat Ngabuburit Bandar Lampung, Bikin Betah dan Banyak Takjil

Beberapa di antaranya bangunan ikonik Bandar Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Ngabuburit, kata yang seakan hanya muncul selama bulan suci Ramadan. Istilah merujuk pada waktu menunggu berbuka puasa tersebut merupakan salah satu kegiatan paling dinanti-nanti, usai menjalankan ibadah puasa sehari penuh.

Dua tahun lalu, aktivitas ngabuburit mungkin lebih terbatas daripada sebelumnya. Namun tahun ini, serasa sedikit berbeda dengan berbagai aturan mulai dilonggarkan, hingga bisa kembali menjalani aktivitas ngabuburit seperti sebelum datang pandemik.

Untuk kamu sedang singgah di Kota Bandar Lampung, kota berjuluk Tapis Berseri ini punya tempat-tempat ngabuburit populer lho. Berikut IDN Times ulas 7 lokasi ngabuburit di Bandar Lampung.

1. Lungsir atau Taman Kota

7 Tempat Ngabuburit Bandar Lampung, Bikin Betah dan Banyak TakjilPenampakan Masjid Agung Al-Furqon dari bundaran lungsir. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Salah satu tempat ikonik milik masyarakat Kota Bandar Lampung ini, sejak dahulu sudah menjadi lokasi ngabuburit asyik bagi kawula muda. Bagaimana tidak, lokasinya beralamat di Jalan Diponegoro, Kelurahan Gulak Galik, Kecamatan Telukbetung Utara ini menyajikan banyak suasana mulai dari perkotaan, lokasi strategis, hingga dekat masjid agung.

Pengunjung datang ke sini tidak hanya dari kalangan remaja ataupun milenial, namun mulai dari anak-anak hingga orang-orang dewasa. Di sani, mereka bisa berbelanja berbagai macam jajanan takjil dan kudapan riangan lainnya terpajang di sepanjang ruas jalan.

Teruntuk kamu telah memiliki seorang buah hati, maka bisa dimanjakan dengan fasilitas taman pada Tugu Muli Mekhanai tengah-tengah area Lungsir. Saat adzan berkumandang, kamu juga tidak perlu kahwatir karena lokasi ini berdekatan dengan Masjid Agung Al-Furqon.

2. PKOR Way Halim

7 Tempat Ngabuburit Bandar Lampung, Bikin Betah dan Banyak TakjilKondisi terkini kawasan Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) berlokasi di Jalan Sultan Agung, Way Halim, Bandar Lampung. (IDN Times/Martin L Tobing)

Tidak hanya saat Ramadan, Pusat Kegiatan Olahraga atau lebih dikenal sebutan PKOR, berlokasi di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Way Halim, Kota Bandar Lampung ini juga sehari-hari selalu ramai dikunjungi masyarakat setempat.

Bukan tanpa sebab, ini dikarenakan pengunjung akan dimanjakan dengan beragam fasilitas untuk kegiatan olahraga, pameran, kebudayaan, dan kesenian, hingga aneka jajanan buka puasa dijual para pelaku UMKM di area luar PKOR.

Di sini, kamu juga bisa berswafoto ria lho, karena terdapat spot foto instagramable dengan latarbelakang bangunan rumah-rumah Pasar Kreatif dan Seni, Stadion Sumpah Pemuda, Rumah Adat, taman, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Pesona Bukit Kendeng Pesawaran, Dishut Lampung Helat Kemah Bareng 

3. Lampung Elephant Park

7 Tempat Ngabuburit Bandar Lampung, Bikin Betah dan Banyak TakjilLampung Elephant Park. (Instagram/@fakhrifajari)

Lampung Elephant Park atau Taman Gajah beroperasi sejak awal 2019. Tempat ini menyajikan nuansa berbeda dengan dilengkapi taman bermain dan bersantai bagi warga Lampung. Khususnya Kota Bandar Lampung.

Taman Gajah terletak di daerah Enggal, Kota Bandar Lampung. Sebelumnya, lokasi ini dikenal dengan Lapangan Saburai, Enggal atau Pasar Seni.

Meski terbilang baru, namun di sini tak kalah asyik dari sejumlah lokasi ngabuburit lainnya di Kota Tapis Berseri. Apalagi, lokasi ini sangat strategis berada pusat kota. Di sekitaran Taman Gajah, kamu bisa menjumpai pedagang kuliner murah-meriah untuk melengkapi suasana ngabuburit kamu.

4. Kompleks perkantoran Pemprov

7 Tempat Ngabuburit Bandar Lampung, Bikin Betah dan Banyak TakjilKantor Pemerintah Provinsi Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Biasanya tidak hanya Ramadan saja lokasi depan kantor Pemerintah Provinsi Lampung ini selalu dipadati oleh warga Bandar Lampung. Itu lantaran sepanjang ruas jalan dijual berbagai macam makanan ringan hingga berat.

Selain itu, pedagang juga menyediakan kursi plastik disusun rapi dipinggir jalan. Sebelum ada pandemik, lapangan Korpri di kantor Gubernur kerap dimanfaatkan warga untuk tempat nongkrong asyik hingga gelaran konser musik.

Tak perlu khawatir akan biaya masuk, dikarenakan lokasi ini gratis untuk dikunjungi. Tapi kamu harus tetap menyediakan uang parkir ya guys bila tetap memutuskan ke sini.

5. Wisata Mall

7 Tempat Ngabuburit Bandar Lampung, Bikin Betah dan Banyak TakjilSusana sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Bandar Lampung (ISN Times/Tama Yudha Wiguna)

Setelah puas berbicara tempat ngabuburit dengan lapak jajanan ala kaki lima, kamu juga biasanya mengisi waktu menunggu azan Maghrib dengan menikmati suasana Mall di Kota Bandar Lampung.

Terhitung, ada 8 pilihan pusat perbelanaan bisa kamu kunjungi saat berada di Kota Tapis Berseri. Contohnya, Mall Boemi Kedaton, Mall Kartini, Central Plaza Lampung, Simpur Center, Plaza Lotus, Chandra Supertstore, Transmart, dan Ciplaz Lampung.

Di sana, kalian bisa menghabiskan waktu ngabuburit sekaligus berbuka puasa bersama dengan keluarga, sahabat, pacar, hingga teman-teman.

6. Bendungan Kali Akar

7 Tempat Ngabuburit Bandar Lampung, Bikin Betah dan Banyak TakjilBendungan Kali Akar. (Instagram/@onggo86)

Tempat ini berlokasi di Jalan Raden Imba Kesuma, Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Telukbetung Selatan, Bandar Lampung. Saban sore, banyak pengunjung datang ke sini menyaksikan deburan air laiknya air terjun.

Bahkan, jembatan gantung ada di lokasi ini kerap dijadikan spot foto para pengunjung. Swafoto dari jembatan berlatar bendungan menjadi spot instagramable lho.

Namun untuk stan makanan dan minuman minim tersedia di sini. Maka sangat disarankan misal kamu ingin berbuka puasa di sini, sudah membawa panganan ya.

7. Bundaran Tugu Adipura

7 Tempat Ngabuburit Bandar Lampung, Bikin Betah dan Banyak TakjilPemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di luar wilayah Jawa-Bali mulai 15 - 28 Februari 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ini adalah ikon utama Kota Bandar Lampung. Lokasinya tepat berada di tengah kota. Sebelum pandemik, banyak kegiatan digelar di sini. Apalagi banyak warga kota setempat dan pendatang menyempatkan diri mengabadikan momen foto berlatar Tugu Adipura.

Sisi menarik lainnya tugu tersebut adalah empat patung gajah. Satu kaki gajah seolah akan menendang bola sepak.

Sejatinya, untuk area kuliner minim tersedia di sini. Tapi jarak dari Tugu Adipura ke pusat kuliner seperti bilangang Enggal atau Taman Gajah jaraknya dekat kok.

Wah sungguh asyik bukan? Itulah sederet tempat ngabuburit asyik di Kota Bandar Lampung. Selamat berkunjung teman-teman!

Baca Juga: 15 Rekomendasi Pantai di Lampung, Memesona dan Manjakan Mata

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya