Comscore Tracker

5 Wisata Alam Lampung Tak Kalah dari Luar Negeri, Wajib Dikunjungi!

Wisata taman nasional hingga pulau

Bandar Lampung, IDN Times - Indonesia memiliki banyak kekayaan destinasi wisata begitu indah, tak terkecuali di Provinsi Lampung. Beberapa di antaranya bahkan tak kalah dengan lokasi wisata berada di luar negeri, tentunya, menawarkan berbagai macam keindahan.

Terkhusus wisata alam, sejumlah tempat bahkan menjadi pilihan para wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara ingin merasakan sensasi berlibur di Provinsi Lampung.

Berikut IDN Times ulas 5 tempat wisata Lampung tak kalah dengan luar negeri. Dapat kamu kunjungi tatkala mengisi waktu luang selama liburan Lebaran Idul Fitri 2022/1443 Hijriah.

1. Taman Nasional Way Kambas (TNWK)

5 Wisata Alam Lampung Tak Kalah dari Luar Negeri, Wajib Dikunjungi!Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Lampung Timur. (Instagram/@olinrullysas)

Taman nasional ini adalah satu dari dua kawasan konservasi berbentuk taman nasional di Provinsi Lampung, selain Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). TNWK diperuntukkan bagi perlindungan gajah Sumatra terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur.

Sebagai sekolah gajah pertama di Indonesia, Way Kambas kini menangkar kurang lebih sebanyak 300 ekor gajah Sumatera. TNWK yang berada di tengah-tengah hutan kawasan juga diketahui turut dihuni beberapa binatang langka lainnya seperti tapir (Tapirus indicus), harimau Sumatera (Panthera tigris), badak Sumatera (Diserohinus sumatranus), hingga beruang madu (Helarctos malayanus).

Bila kamu ingin memanfaatkan momen libur Lebaran berwisata dengan suasana alam dan bermain bersama binatang dilindungi terutama gajah, maka Taman Nasional Way Kambas adalah pilihan tepat.

2. Teluk Kiluan

5 Wisata Alam Lampung Tak Kalah dari Luar Negeri, Wajib Dikunjungi!Wisata Teluk Kiluan di Tanggamus. (Instagram/@Irnsiakke)

Terletak di daerah Bumi Sari Natar, Tanggamus, Lampung, Teluk Kiluan menjadi daya tarik wisatawan yang datang dari berbagai penjuru daerah, tak terkecuali mancanegara. Bagaimana tidak, destinasi wisata pantai ini dapat memanjakan mata setiap pengunjung dengan melihat lumba-lumba secara langsung

Selain itu, wisatawan juga bisa merasakan berenang di jernihnya air laut hingga menjadikan Teluk Kiluan memiliki keindahan yang tak boleh dilewatkan bilamana tengah berkunjung ke Sai Bumi Ruwa Jurai.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Lampung Utara Wajib Kamu Kunjungi, Bikin Betah!

3. Curug Gangsa

5 Wisata Alam Lampung Tak Kalah dari Luar Negeri, Wajib Dikunjungi!Curug Gangsa di Kabupaten Way Kanan. (Instagram/@aan_bmc @c.arifien)

Curug inj memiliki lanskap indah dengan air terjun yang turun dari berbagai titik. Terletak di Kampung Kotaway, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Curug Gangsa adalah destinasi tepatnya para pecinta wisata air dan alam.

Selian Curug Gangsa, diketahui Way Kanan sebagai kabupaten dijuluki negeri 1.001 air terjun ini turut menawarkan beberapa wisata air terjun yang tak kalah hits lainnya seperti, Air Terjun Putri Malu, Curup Kereta, dan lain-lain.

Saat kalian berkunjung ke Way Kanan bisa menyambangi beberapa wisata air terjun sekalian lho, sangat keren kan!

4. Pulau Pahawang

5 Wisata Alam Lampung Tak Kalah dari Luar Negeri, Wajib Dikunjungi!Pulau Pahwang di Kabupaten Pesawaran. (Instagram/@sahabattriplampung)

Keberadaan Provinsi Lampung dikelilingi oleh lautan, juga turut menawarkan keindahan wisata pulau cukup akrab di telinga masyarakat di Tanah Air, yaitu Pulau Pahawang. Pasalnya, pulau ini terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya dengan menjanjikan sejuta pesona tidak kalah menarik dengan objek lainnya.

Untuk diketahui, banyak wisatawan mengatakan saat tengah berada di Pulau Pahawan maka kamu dapat merasakan sensasi berwisata ala di Maldives . Liburan di pantai yang indah, dengan hiasan pepohonan nyiur, dan menginap di cottage yang berada di atas laut bisa kamu nikmati saat berlibur ke pulau masuk dalam Kecamatan Marga Punduh, Kecamatan Pesawaran tersebut.

5. Gunung Anak Krakatau

5 Wisata Alam Lampung Tak Kalah dari Luar Negeri, Wajib Dikunjungi!Gunung Anak Krakatau di Lampung Selatan. (Instagram/@wulandaritng)

Tentu semua tahu soal gunung aktif terkenal berbahaya ini. Namun, siapa sangka, ternyata Gunung Anak Krakatau (GAK) merupakan salah satu tujuan wisata unggulan milik Provinsi Lampung. Mengingat, di sini wisatawan bukan hanya sekadar dapat mendaki Gunung Anak Krakatau, melainkan aktivitas snorkeling untuk melihat keindahan pantai dan surga bawah laut di pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Sebesi, Pulau Umang, dan Lagoon Cabe.

Untuk menempuh gunung berada di tengah-tengah lautan ini, wisatawan dapat mengakses melalui Dermaga Canti-Kalianda-Lampung Selatan, sementara bagi mereka datang luar kota hanya dibutuhkan waktu 1-2 jam untuk mencapai dermaga terdekat dengan GAK dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Namun sayangnya untuk saat ini, kalian belum dapat mengunjungi wisata Gunung Anak Krakatau, lantaran sejal beberapa bulan terakhir gunung memiliki sejarah panjang tersebut sedang aktif dan sering kali mengalami erupsi, hingga baik wisatawan maupun masyarakat dilarang untuk mendekati area sekitar.

Itulah sederet daftar destinasi wisata di Provinsi Lampung yang tak kalah dengan luar negeri, dan bisa kalian kunjungi untuk mengisi waktu luang libur Lebaran 2022/1443 Hijriah

Baca Juga: Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya