Comscore Tracker

Wisata di Lampung Timur, Taman hingga Laut Bikin Gak Mau Pulang! 

Harga tiket ramah di kantong

Bandar Lampung, IDN Times - Destinasi wisata menjadi lokasi paling digemari masyarakat untuk menghilangkan penat setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Itulah kenapa, di setiap daerah di Provinsi Lampung saat ini banyak bermunculan wisata baru yang memudahkan masyarakat untuk piknik atau liburan.

Salah satunya di Kabupaten Lampung Timur, meski sudah memiliki wisata andalan seperti Taman Nasional Way Kambas atau tempat-tempat bersejarah, Lampung Timur juga terus menggali wisata lainnya yang menarik banyak wisatawan.

Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Danau bebek-bebekan

Wisata di Lampung Timur, Taman hingga Laut Bikin Gak Mau Pulang! Instagram.com/lampungtimur

Wisata satu ini menarik wisatawan karena memiliki area instagramble. Sebuah danau dipadukan dengan rumah-rumahan didesain seperti pure bertiang bambu dan beratap daun. Saat dipotret tentu saja hasilnya akan sangat estetik sekali.

Lokasi danau bebek-bebekan ini berada di Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur. Dari Kota Bandar Lampung bisa ditempuh dalam waktu dua sampai tiga jam.

Lokasinya mudah diakses dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Tidak jauh dari Jalan Lintas Timur Sumatera sehingga mudah dicari.

Untuk berwisata di danau bebek-bebekan ini, siapkan saja uang Rp10 ribu untuk bayar tiket masuk per orang. Tapi kalau mau nyobain naik bebek-bebekan di tengah danau kamu harus menyewa Rp25 ribu.

2. Danau bukit kemuning

Wisata di Lampung Timur, Taman hingga Laut Bikin Gak Mau Pulang! Instagram.com/lampungtimur

Danau Bukit Kemuning sebenarnya digunakan pengairan persawahan di Kecamatan Bandar Sribawono dan Mataram Baru Lampung Timur. Namun, masyarakat sekitar juga memanfaatkannya sebagai danau wisata.

Lokasinya bisa dicari melalui Google Maps, tepatnya di Desa Sribawono Kecamatan Bandar Sribawono Kabupaten Lampung Timur.

Dari Kota Bandar Lampung bisa ditempuh dalam waktu dua jam, melalui Jalan Tan Malaka atau Jalan Ir Sutami.

Atau kalau ingin lebih mudah bisa melalui ITERA dengan rute Bandar Lampung – Itera – Tanjung Bintang – Sribawono – Danau Kemuning.

Menariknya, air di Danau Kemuning ini sangat jernih dan banyak bebatuan. Jadi bisa buat mandi juga lho. Kamu juga bisa menyewa fasilitas seperti pelampung atau sepeda air. Harga sewanya Rp20 ribu per 20 menit.

Harga tiket masuk tidak perlu khawatir, hanya Rp5 ribu per orang. Tapi ada tambahan parkir Rp5 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp10 ribu untuk kendaraan roda empat.

Baca Juga: Fakta Unik Panas Bumi Suoh Lampung Barat, Dijuluki Lembah 1.000 Kawah

3. Wisata pantai kerang mas

Wisata di Lampung Timur, Taman hingga Laut Bikin Gak Mau Pulang! Instagram.com/dutalamtim

Lampung Timur juga memiliki pantai yang indah lho, yaitu Pantai Kerang Mas berlokasi di Kampung Sero, Muara Gading MAS, Kecamatan Labuhan Maringgai. Tepatnya, di sebelah Selatan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Gading Mas. Sekitar satu kilometer dari TPI tersebut.

Menuju pantai ini kamu bisa melalui Jalan Trans-Sumatera. Arahkan kendaraan melewati kawasan tambak udang lalu ikuti penunjuk arah hingga ke gerbang masuk pantai.

Garis pantai yang cukup panjang membuat kamu bisa leluasa bermain ATV di bibir pantai sembari menikmati udara yang segar.

Harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah Rp10 ribu per orang. Namun masih ada biaya parkir motor Rp10 ribu, parkir mobil Rp25 ribu. Fasilitas di pantai ini juga ada penyewaan perahu Rp100 ribu dan penyewaan pelampung Rp10 ribu.

4. Berkeliling hutan mangrove yuk

Wisata di Lampung Timur, Taman hingga Laut Bikin Gak Mau Pulang! Instagram.com/pariwisata.lampung

Wisata lainnya tak kalah eksotis adalah hutan mangrove berlokasi di Desa Purworejo, Kecamatan Pasir Sakti.

Kamu bisa mengelilingi hutan seluas 378 hektare ini harga tiket masuk Rp10 ribu. Tapi jika ingin berkeliling dengan perahu kamu bisa menyewa satu perahu kapasitas 10-15 orang harganya Rp150-Rp250 ribu.

Ada banyak keindahan alam yang harus kamu nikmati di hutan mangrove ini. Selain itu juga kuliner lokal yang didominasi seafood wajib kamu coba.

Jika kamu berniat menginap, ada homestay tarif Rp 250.000 untuk kamar AC dan non AC Rp 150.000.

5. Wisata bersejarah peninggalan nenek moyang

Wisata di Lampung Timur, Taman hingga Laut Bikin Gak Mau Pulang! Instagram.com/taman_purbakala

Situs purbakala Pugungraharjo yang berlokasi di Desa Pugungraharjo, Kecamatan Sekampung Udik merupakan taman peninggalan nenek moyang yang sampai saat masih dirawat dan dibuka sebagai tempat wisata.

Terdapat bangunan punden berundak dan artefak beragam mulai dari keramik asing dari berbagai dinasti, keramik lokal, jutaan manik-manik dalam berbagai ukuran bentuk maupun warna yang terbuat dari batu, getah, dan tanah liat. Terdapat jugabmenhir, pisau, batu pipisan, kapak batu, dan mata ombak.

Wisata ini juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi untuk anak-anak mengenal benda-benda bersejarah.

6. Mengenal hewan langka di TNWK

Wisata di Lampung Timur, Taman hingga Laut Bikin Gak Mau Pulang! Taman Nasional Way Kambas Lampung (Waykambas.org)

Wisata satu ini tentu tak asing lagi bagi masyarakat lokal, nasional bahkan mancanegara. Selain gajah, di TNWK juga ada beragam spot wisata menarik melindungi hewan langka seperti badak dan burung-burung berbulu indah.

Lokasinya berada di Rajabasa Lama, Labuhan Ratu, Kecamatan Sukadana. Ada beberapa cara bisa ditempuh menuju ke kawasan ini, menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum.

Harga tiket masuk ke TNWK sekitar Rp7 ribu. Di sini juga disediakan penginapan dengan harga beragam, ada cottage dengan harga kurang lebih Rp500 ribu, atau penginapan murah dengan harga Rp100 ribu-Rp200 ribu.

Baca Juga: Kuliner Khas Tanggamus, Identik Olahan Ikan dan Bikin Nagih

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya