Comscore Tracker

Warga Metro Ubah Ledeng Keruh jadi Wisata Air dan Kuliner

Cocok jadi lokasi ngabuburit

Metro, IDN Times - Cara masyarakat memajukan ekonomi daerah kini semakin kreatif. Salah satunya dilakukan warga Kota Metro, RW 001 Kelurahan Imopuro mengubah saluran air atau ledeng yang keruh jadi wisata air dan kuliner menarik.

Ketua Tim Pelaksana Anik Karimuloh mengatakan, wisata di pinggiran ledeng itu diberi nama Pink-Led. Itu diambil dari makna kasih sayang yang diambil dari kata pink dan Led berarti sinar.

"Mudah-mudahan dengan nama yang baru kita dapat merubah baik fisik maupun nonfisik tempat ini,” ujarnya, Sabtu (2/4/2022).

1. Cocok jadi tempat ngabuburit

Warga Metro Ubah Ledeng Keruh jadi Wisata Air dan KulinerWarga Metro sulap ledeng jadi tempat wisata (IDN Times/Istimewa)

Saat berkunjung ke wisata Pink Lead kamu bisa menikmati suasana indah di antara tembok yang sudah di lukis dengan gambar-gambar pemandangan. Selain itu ada juga dekorasi dari ban bekas di cat warna warni bisa digunakan untuk duduk.

Kamu juga bisa menggunakan fasilitas perahu karet lengkap dengan alat pelampung. Jadi jangan lupa siapkan kamera kamu buat swafoto ya.

Lokasinya luas dan diapit dengan pepohonan rindang. Wisata ini cocok juga lho jadi tempat ngabuburit sambil menunggu buka puasa. 

Wisata gratis ini kalau dari taman Kota Metro arahkan kendaraan kamu lurus terus sampai ketemu bundaran Tugu Pena masih lurus ya.  Kemudian kamu bakal ketemu lampu merah yang sebelah kirinya ada Pizza Hut,  belok kanan. Lali, lurus terus sampai mentok baru belok kiri. Setelah itu lurus aja, kamu tinggal ikuti jalan irigasi langsung sampai. 

Baca Juga: Wali Kota Metro Wahdi Bertemu Ganjar Pranowo, Bahas Apa?

2. Apresiasi dari wakil wali kota Metro

Warga Metro Ubah Ledeng Keruh jadi Wisata Air dan KulinerWakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman apresiasi wisata air yang digagas masyarakat (IDN Times/Istimewa)

Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman menyambut baik dan mengapresiasi adanya Kampung Kreatif Pink-Led bertujuan mendukung produktivitas masyarakat terutama pada sektor ekowisata menuju masyarakat, di tengah pandemik COVID-19.

Menurutnya, Kampung Kreatif Pink-Led mirip dengan visi dan misi Kota Metro yaitu terwujudnya kota Metro berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya.

“Dengan salah satu misi meningkatkan masyarakat produktif, berdaya saing dalam bidang ekonomi kreatif dan wisata keluarga (WIRA),” kata Qomaru.

3. Ajak warga Metro ramaikan wisata Pink -Led

Warga Metro Ubah Ledeng Keruh jadi Wisata Air dan KulinerWarga Metro sulap ledeng jadi tempat wisata (IDN Times/Istimewa)

Qomaru menilai, adanya Kampung Kreatif Pink perlu didukung semua pihak. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat kota Metro untuk ikut meramaikan wisata kuliner dan wisata air di Kampung Kreatif Pink-Led sebagai bentuk dukungan terhadap ekonomi kerakyatan.

"Agar masyarakat dapat merasakan manfaat dengan adanya kampung kreatif pink-Led dan pengelola agar dapat memperhatikan aspek pendayagunaan dan pemeliharaan," harapnya.

4. Pengelolaan sampah perlu diperhatikan

Warga Metro Ubah Ledeng Keruh jadi Wisata Air dan Kuliner(IDN Times/Istimewa)

Salah satu warga Metro yang tinggal di lingkungan ledengan tersebut Chairul Rahman Arif mengatakan, adanya wisata air dan kuliner ini bisa jadi roda penggerak ekonomi warga sekitar. Apalagi di sekitar lokasi rata-rata warganya berprofesi sebagai pedagang makanan.

"Tapi menurut saya perlu diperhatikan lagi adalah gimana skema pengelolaan sampah dari si wisatanya ini. Soalnya kalau nanti banyak yang dateng, dan makan di situ, takutnya, sampah malah dibuang sembarangan ke ledeng. bukan gak mungkin hal itu malah bikin pencemaran lingkungan di sini," terangnya.

Baca Juga: Konferensi Kota Sehat 2022, Wahdi Paparkan Program Jama Pai Metro

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya