Comscore Tracker

Mengenal Wisata Gua Warak Kota Metro, Dibius Pesona Sawah dan Sungai

Dahulu gua ini jadi sarang badak

Metro, IDN Times - Kamu sudah tahu belum, Kota Metro memiliki sebuah gua kini jadi destinasi wisata? Adalah Gua Warak terletak tidak jauh dari Stadion Tejosari 24 Kota Metro.

Berbeda dengan goa lainnya, gua berbentuk seperti batu cadas tidak memiliki stalakmit atau stalaktit. Pasalnya, Gua Wara tidak terbentuk dari batuan kapur tapi dari tanah berpasir atau cadas.

Wara atau warak ini artinya seekor badak. Itu karena dahulu gua ini jadi sarang badak. Yuk kita simak hal menarik destinasi wisata ini. 

1. Ditemukan warga transmigran

Mengenal Wisata Gua Warak Kota Metro, Dibius Pesona Sawah dan SungaiIDN Times/Sunariah

Kakek tua bernama Suro merupakan orang pertama yang membuka lahan di daerah tersebut dan menemukan Gua Warak. 

Pria kelahiran Kuala Simpang Timur Langsa Aceh bertransmigrasi ke Lampung 1956 silam. Saat itu ia diajak kerabatnya mencari penghidupan di Kota Metro.

"Saat tinggal di Metro saya dan teman-teman melakukan perambahan di Rejomulyo dan bertemulah Gua Warak ini," cerita SlametSlamet, Sabtu (18/9/2021). 

Baca Juga: Pesona Debur Ombak di Pantai Pesisir Barat, Surganya Peselancar Dunia

2. Perlu peralatan khusus masuk gua

Mengenal Wisata Gua Warak Kota Metro, Dibius Pesona Sawah dan SungaiWisata goa warak di Metro (Instagram.com/seputarkotametro)

Menurut Slamet dahulu di depan gua tersebut terdapat pohon sungki yg sangat besar. Saat pohon tersebut ditebang, batangnya ambruk mengenai bibir Gua Warak ini sehingga merubah bentuk aslinya.

Kedalaman gua berkisar 10 meter ini dinding-dindingnya semakin ke dalam makin menyempit. Sehingga perlu peralatan khusus untuk masuk, sebab ada ruang-ruang tertentu yang minim oksigen.

3. Dikelilingi sungai dan persawahan

Mengenal Wisata Gua Warak Kota Metro, Dibius Pesona Sawah dan SungaiGoa warak di Metro (Instagram.com/sidik_ukir)

Saat memasuki gua sebaiknya kamu mengenakan celana pendek supaya tidak basah. Sediakan juga senter karena kondisi di dalam goa sangat gelap sekali.

Selain itu harus hati-hati juga ya, karena untuk menuju pusat gua kamu harus berjalan merunduk supaya tidak terbentur dengan dinding gua.

Selain berkunjung ke gua, kamu juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang menyejukkan. Karena dikelilingi sawah, sungai, air terjun dan pepohonan rindang.

4. Lokasi jauh dari pemukiman warga

Mengenal Wisata Gua Warak Kota Metro, Dibius Pesona Sawah dan SungaiGua Warak Metro. (Instagram.com/sidik_ukir)

Wisata Gua Warak berlokasi di Desa Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro. Dari pusat Kota Bandar Lampung bisa ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit.

Untuk tiket masuk kamu cukup membayar biaya parkir Rp5 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp15 ribu untuk kendaraan roda empat.

Dari lokasi parkir kamu harus berjalan melewati persawahan selama 5 menit baru sampai di lokasi gua. Lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga jadi usahakan datang beramai-ramai dan mengajak orang yang mengetahui daerah itu ya.

Baca Juga: Wisata di Lampung Timur, Taman hingga Laut Bikin Gak Mau Pulang! 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya