Comscore Tracker

Liburan Seru di Lembah Hijau, Ada Taman Bermain dan Foto bareng Gajah

Ada harimau dan Gajah Sumatera, lho!

Bandar Lampung, IDN Times - Menikmati alam bebas tapi tetap aman dan tersedia fasilitas tentu sangat nyaman bukan? Apalagi kalau kamu bisa melihat satwa dilindungi yang sudah langka. Semua itu bisa kamu dapatkan saat mengunjungi Taman Wisata Lembah Hijau di Kota Bandar Lampung.

Wisata legendaris ini cocok untuk menghabiskan hari libur bersama sahabat atau keluarga. Selain tempat rekreasi, di sini juga sebagai wisata edukasi bagi anak-anak.

Kali ini IDN Times berkesempatan wawancara langsung pemilik taman seluas 30 hektare ini. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Ingin kembangkan Lampung lewat wisata

Liburan Seru di Lembah Hijau, Ada Taman Bermain dan Foto bareng GajahWisata taman satwa Lembah Hijau (IDN Times/silviana)

Irwan Nasution merupakan pemilik sekaligus Komisaris Utama Taman Satwa Lembah Hijau yang berdiri sejak 14 tahun lalu. Menurut Irwan, awalnya Lembah Hijau hanya berupa waterpark, lalu setelah tahun 2010, dalam waktu dua tahun pihaknya mempersiapkan taman satwa.

"Masyarakat Lampung dulu kalau mau wisata mesti ke luar Lampung. Sebagai orang asli Lampung, saya ingin kembangkan Lampung dari sektor wisata. Jadi sekarang orang luar Lampung yang datang ke sini," kata Irwan kepada IDN Times, Sabtu (6/11/2021).

2. Jumlah pengunjung kembali normal dengan protokol kesehatan ketat

Liburan Seru di Lembah Hijau, Ada Taman Bermain dan Foto bareng GajahWisatawan di taman satwa Lembah Hijau (IDN Times/Silviana)

Keinginan Irwan mengembangkan wisata di Lampung pun terwujud, kini Lembah Hijau menjadi lokasi sering dikunjungi wisatawan Lampung maupun luar Lampung. Jika hari libur pengunjung bisa mencapai seribu sampai dua ribu pengunjung.

"Tapi pandemik COVID-19 ini kita benar-benar terpuruk. Apalagi waktu PPKM kami tidak ada aktivitas sama sekali," terangnya.

Namun menurutnya, sejak PPKM dilonggarkan pertengahan Oktober 2021 lalu, pengunjung mulai normal kembali. Pihaknya berharap pemerintah mempercepat vaksinasi supaya herd immunity segera terbentuk.

"Di Lembah Hijau, kita terapkan protokol kesehatan dari pintu masuk ada pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan dan penyemprotan disinfektan. Kita juga beri imbauan selalu jaga jarak," ujarnya.

Baca Juga: Siap-siap! Aplikasi PeduliLindungi Segera Diterapkan di Wisata Lampung

3. Ada area camping dan wahana permainan anak-anak

Liburan Seru di Lembah Hijau, Ada Taman Bermain dan Foto bareng GajahTaman Satwa Lembah Hijau (IDN Times/Silviana)

Pantauan IDN Times, pengunjung pada hari libur di Taman Satwa Lembah Hijau memang cukup ramai. Namun masih tetap menjaga protokol kesehatan seperti menjaga jarak, sebab lokasinya sangat luas. Pengunjung akan masuk lokasi juga harus melakukan cek suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan pada tangan.

Saat memasuki taman di sisi kiri kamu akan melihat taman wisata dilengkapi wahana permainan anak seluas 14 hektare, kemudian maju sedikit ada waterboom seluas 1 hektare serta area satwa berada di sisi kiri seluas 15 hektar.

Tak hanya itu, jika ingin menginap di dalam ruangan, sudah disediakan cottage. Tapi kalau mau tidur bersama alam secara langsung ada lokasi camping juga lho.

4. Mau lihat harimau dan gajah Sumatera?

Liburan Seru di Lembah Hijau, Ada Taman Bermain dan Foto bareng GajahGajah di Taman Satwa Lembah Hijau (IDN Times/Silviana)

Taman Satwa Lembah Hijau ini memiliki dua ikon hewan berasal dari Sumatera, yakni ada empat Gajah Sumatera dan dua ekor Harimau Sumatera.

Sayangnya untuk harimau, hanya ada satu harimau betina yang bisa dilihat pengunjung. Sedangkan harimau jantan bernama Kyai Batua berada di kandang sendiri karena terluka akibat jerat pemburu.

"Kondisi tangan diamputasi dan pinggang sling. Pasca operasi kami berkoordinasi dengan dokter hewan dan alhamdulillah kami rawat bisa kembali sehat," tuturnya. 

Hewan lain bisa kamu lihat saat mengelilingi taman satwa ini ada berbagai jenis rusa, burung, beruang madu, buaya, siamang, kanguru, dan hewan langka seperti kucing mas hutan.

5. Ada pertunjukan hewan

Liburan Seru di Lembah Hijau, Ada Taman Bermain dan Foto bareng GajahArea pertunjukan hewan di Lembah Hijau (IDN Times/Silviana)

Saat berkunjung ke taman satwa bersiap energi lebih ya, karena luas taman 600 meter ini membutuhkan waktu 30-60 menit untuk dikelilingi. Tapi tenang saja, jalan akan kamu lalui sudah dibuat papping jadi tidak akan terasa lelahnya.

Sembari melihat aneka satwa di sisi kanan kiri jalan, kamu akan sampai di lokasi objek wisata berterbangan menyambar makanan atau mengitari lingkaran secara outdoor. Serta sirkus satwa seperti berhitung atau naik sepeda secara indoor.

Pertunjukan itu dibuka antara pukul 10.00 WIB dan 11.00 WIB, kemudian pukul 13.00 WIB dam 15.00 WIB. Jadi jangan sampai ketinggalan ya karena tiket masuk sebesar Rp50 ribu ke area satwa Lembah Hijau sudah termasuk tiket nonton pertunjukan lho.

Baca Juga: Lembah Hijau Raih Penghargaan Tertib Protokol New Normal COVID-19

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya