Comscore Tracker

Destinasi Pantai Dekat Kota Bandar Lampung, Pesonanya Memikat Hati

Banyak spot foto instagramable pastinya

Bandar Lampung IDN Times -  Provinsi Lampung terkenal dengan surganya wisata alam. Salah satunya wisata pantai yang membentang luas di bumi Ruwa Jurai ini.

Lokasi pantai di Lampung memang sangat bervariasi, ada yang sampai waktu 5-8 jam untuk menikmati suasana pantai eksotis di Lampung.

Tapi jangan khawatir, di sekitar pusat ibukota Bandar Lampung juga terdapat beberapa pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Keep scrolling!

1. Pantai Sebalang

Destinasi Pantai Dekat Kota Bandar Lampung, Pesonanya Memikat Hatiinstagram.com/sebalangyay/revianggrain4

Pantai berkonsep ala wisata di Bali ini cukup dekat dari Kota Bandar Lampung, aksesnya juga sangat mudah lho. Berlokasi di Dusun Sebang, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan.

Bila menempuh perjalanan dari Bandar Lampung, arahkan kendaraan melintasi Jalan Lintas Sumatera lalu menuju tanjakan Tarahan. Sebelum pos polisi ada ikon mobil rusak, arahkan kendaraan belok kanan lalu masuk ke dalam sekitar 1,5 km tiba di Pantai Sebalang.

Dari Kota Bandar Lampung berjarak sekitar 28 kilometer atau kurang lebih 1 jam jika ingin kendaraan roda dua.

Harga tiket untuk kendaraan roda dua Rp20 ribu sedangkan untuk roda empat Rp40-50 ribu. Kamu gak akan rugi jika sudah masuk ke lokasi pantai dan melihat matahari terbenam yang memantulkan cahayanya di atas permukaan air laut.

Tak jauh dari tepi pantai kamu akan melihat dua pohon yang lebih keren jika dipadukan dengan warna jingga dari matahari terbenam. Jika foto diambil dari sudut yang tepat, akan menjadi potret instagramable sangat indah di layar kamera kamu.

Selain itu kamu juga bisa merasakan kelembutan pasir yang berwarna putih serasa berada di pantai Bali.

Jika siang hari dan tak ada matahari terbenam, kamu jangan khawatir. Masih ada kursi angin yang berjejer di bibir pantai, gelombang tenda kain berwarna putih degan lampu bergelantungan. Gimana, udah kebayang kan sensasi Bali-nya?

2. Dewi Mandapa

Destinasi Pantai Dekat Kota Bandar Lampung, Pesonanya Memikat HatiInstagram.com/agungzulyan

Biasanya pantai identik dengan bentangan pasir luas, namun di Dewi Mandapa ini kamu tidak akan mendapatkan pemandangan itu. Salah satu yang menjadi daya tarik Pantai Dewi Mandapa adalah hutan bakau yang mengeliling pantai ini

Selain bisa dijadikan lokasi swafoto, hutan bakau juga cocok sebagai sarana edukasi untuk mengenal tumbuhan ini lebih dekat.

Biaya tiket masuk ke Pantai Dewi Mandapa sekitar Rp20-25 ribu per orang. Lokasi pantai ini berada di Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Dari pusat Kota Bandar Lampung bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

3. Sari Ringgung

Destinasi Pantai Dekat Kota Bandar Lampung, Pesonanya Memikat HatiInstagram.com/malaywardiwira_

Pantai satu ini lokasinya juga cukup dekat sekitar 40 menit dari pusat Kota Bandar Lampung.

Kalau sudah sampai pantai ini kamu bisa dengan mudah ke pulau-pulau yang ada di seberang pantai Sari Ringgung. Seperti Pulau Tegal, Pasir Timbul atau bisa juga ke masjid apung yang ada di tengah-tengah laut.

Selain itu ada banyak wahana permainan dan spot foto instagramable tentunya. Paling favorit berada di puncak indah yang ada di atas bukit.

Pantai Sari Ringgung terletak di Desa Sidodadi Kecamatan Padang Cermin Kabupaten, Lampung. Untuk tiket masuk sebesar Rp20 ribu per orang. Di tambah biaya parkir Rp5 ribu.

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun Way Kanan Lampung, Pesonanya Bikin Gak Mau Pulang 

4. Pasir Putih

Destinasi Pantai Dekat Kota Bandar Lampung, Pesonanya Memikat HatiInstagram.com/pasirputihgeh

Pantai legendaris satu ini tentu sudah tidak asing bagi wisatawan lokal mau pun luar daerah. Lokasinya berada di Rangai Tri Tunggal, Desa Tarahan, tepatnya di Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Dari Kota Bandar Lampung bisa ditempuh dalam waktu 50 menit.

Pantai Pasir Putih salah satu pantai  menyediakan banyak suvenir khas laut lho. Seperti tirai pintu terbuat dari cangkang kerang dan hiasan laut lainnya yang didesain cukup unik. Tiket masuk ditawarkan juga cukup murah yakni Rp15 ribu untuk satu motor.

Salah satu spot paling diminati wisatawan adalah menyeberang ke Pulau Condong dengan harga sewa perahu Rp150-Rp250 ribu.

5. Pulau Mahitam

Destinasi Pantai Dekat Kota Bandar Lampung, Pesonanya Memikat Hatijadwaltravel.com

Salah satu pulau cukup dekat dengan Bandar Lampung adalah Pulau Mahitam. Dari Kota Bandar Lampung sekitar 1 Jam.

Wisata ini menawarkan keindahan pasir putih yang timbul sampai ke tengah laut. Inilah kenapa Pulau Mahitam sering disebut surga tersembunyi.

Saat dipotret pemandangan di Pulau Mahitam juga sangat eksotis karena warna lautnya sangat biru dipadukan dengan deretan pohon kelapa disekitar pulau.

Untuk menyeberang ke Pulau ini bisa melalui dermaga Ketapang. Harga sewa perahu biasanya Rp200-400 ribu dengan kapasitas 7-10 orang. Tapi kalau air laut lagi surut kamu bisa menyeberang dengan berjalan kaki. Jangan lupa tetap hati-hati karena ombak air laut tidak bisa dipastikan.

6. Pantai Klara

Destinasi Pantai Dekat Kota Bandar Lampung, Pesonanya Memikat HatiSuasana wisata Dermaga Pelangi Pantai Klara Lampung (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketenaran Pantai Klara bagi wisatawan Lampung seperti tak pernah redup. Sejak dulu pantai ini menjadi lokasi favorit menghabiskan waktu libur. Biasanya pengunjung akan datang pagi-pagi bersama keluarga untuk berenang. Beranjak siang mereka akan membuka bekal makanan sambil berswafoto.

Lokasi Pantai Klara berada di Jalan Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin di Kabupaten Pesawaran. Dar Kota Bandar Lampung bisa ditempuh dalam waktu satu jam.

Harga tiket masuk ke Pantai Klara adalah Rp15 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp25 ribu untuk kendaraan roda empat. Jangan lupa bawa baju ganti kalau datang ke pantai ini, karena lokasinya sangat cocok untuk berenang.

7. Pantai Mutun

Destinasi Pantai Dekat Kota Bandar Lampung, Pesonanya Memikat Hatiinstagram.com/arina.bey

Satu lagi wisata pantai yang cukup dekat dari Kota Bandar Lampung, sekitar 47 menit adalah Pantai Mutunb erada Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Cukup keluarkan kocek Rp5 ribu-Rp10 ribu datang ke sini. 

Pantai ini juga menjadi wisata favorit keluarga untuk berenang di pagi hari. Biasanya anak sekolah atau sejumlah komunitas tertentu banyak mengadakan acara di pantai ini. Tak heran jika suasana pantai tak pernah sepi pengunjung.

Wahana paling disukai di Pantai Mutun adalah bermain banana boat. Saat ini sudah banyak spot foto menarik yang bisa kamu abadikan di layar kamera kamu.

Itu tadi destinasi wisata pantai di sekitar Bandar Lampung. Jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan ya. 

Baca Juga: Wisata Alam Tirta Garden, Banyak Tanaman Hias dan Spot Instagramable

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya