Comscore Tracker

Air Terjun Lembah Pelangi Lampung, Sensasi Nikmati Dua Suhu Air 

Air terjun menjulang tinggi di antara perbukitan

Bandar Lampung, IDN Times - Provinsi Lampung memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dan masih alami. Satu di antaranya adalah wisata air terjun Lembah Pelangi. Air terjun berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus ini memiliki potensi wisata yang eksotis dan menakjubkan.

Meski harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk sampai ke air terjun, wisatawan tidak akan kecewa melihat air terjun yang menjulang tinggi di antara perbukitan yang hijau dan derasnya suara tumpahan air.

Hanya merogoh kocek sebesar Rp10 ribu untuk jasa parkir kendaraan roda dua, kamu sudah bisa menikmati udara segar dan air yang jernih di wisata air terjun Lembah Pelangi.  Berikut keunikan objek wisata ini sudah dirangkum IDN Times.

1. Memiliki dua suhu air

Air Terjun Lembah Pelangi Lampung, Sensasi Nikmati Dua Suhu Air Wisatawan sedang merendam kakinya di dalam sumber air hangat air terjun lembah pelangi (IDN Times/Silviana)

Jika kebanyakan air terjun memiliki suhu air yang sangat dingin. Air terjun lembah pelangi ini berbeda. Di antara bebatuan besar yang berada di bawah air terjun terdapat titik-titik sumber mata air panas yang bisa digunakan untuk berendam. Setelah berlelah-lelah melewati jalan yang terjal kamu langsung disuguhkan air hangat, menarik bukan?. 

Menurut Aldy, salah satu warga setempat, sumber air hangat ini dipercaya bisa mengobati penyakit dan merileksasi tubuh yang lelah. “Kalau abis mandi di air dingin langsung pindah ke air hangatnya itu enak, di badan jadi rileks rasanya. Capek-capeknya juga hilang,” ujarnya, Sabtu (10/10/2020).

Baca Juga: 8 Air Terjun Terindah di Lampung, Panoramanya Luar Biasa!

2. Pelangi muncul saat cuaca cerah

Air Terjun Lembah Pelangi Lampung, Sensasi Nikmati Dua Suhu Air Air terjun lembah pelangi memiliki aliran air yang jernih dan menyegarkan (IDN Times/Silviana)

Siapa yang tidak suka melihat pelangi. Peristiwa alam ini, bisa kamu dapatkan saat mengunjungi air terjun eksotik ini. Itulah sebabnya masyarakat setempat memberi nama air terjun Lembah Pelangi. Karena jika cuaca sedang cerah, pelangi akan muncul di antara lembah dan air terjun.

Jika dilihat dari sudut pandang yang pas, pemandangan itu akan terlihat menakjubkan. Menurut Aldy, munculnya pelangi ini adalah pantulan dari sinar matahari yang terkena percikan air terjun.

3. Memiliki tiga air terjun

Air Terjun Lembah Pelangi Lampung, Sensasi Nikmati Dua Suhu Air Air terjun lembah pelangi yang sering disebut kembar karena memiliki cabang (IDN Times/Silviana)

Untuk berwisata ke air terjun lembah pelangi, kamu harus menyiapkan bekal yang cukup dan tenaga yang ekstra. Pasalnya, di sini terdapat tiga spot air terjun sekaligus. Sayang banget kan, sudah jauh-jauh ke sini tapi nggak sempat ngunjungin semuanya karena sudah kecapean.

Air terjun pertama berada di bagian atas. Setelah berjalan dari parkiran dan melewati jalanan setapak yang dikelilingi kebun kopi sekitar satu kilometer, mata kamu akan langsung tertuju pada curahan air setinggi ratusan meter. Nah, di situlah biasanya pelangi akan muncul. 

Tak jauh dari air terjun pertama kamu harus berjalan ke bawah melewati jalanan setapak yang masih cukup terjal dan lebih curam dari jalan pertama. Di sana, air terjun setinggi kurang lebih 50 meter memiliki cabang.

Masyarakat setempat menyebutnya air terjun kembar. Di air terjun kembar ini juga terdapat sumber air yang lebih panas dari air terjun pertama. Nggak sia-sia deh, capeknya bakal hilang karena masih disuguhkan air panas yang dipadukan air menyejukkan. 

4. Lelah terbanyar saat tiba di lokasi

Air Terjun Lembah Pelangi Lampung, Sensasi Nikmati Dua Suhu Air IDN Times/Istimewa

Ria, salah satu pengunjung berasal dari Bandar Lampung sangat antusias melihat pemandangan asri jarang ia temui di daerah perkotaan. “Lelahnya terbayar banget ya, walaupun jalannya jelek tapi ngeliat kaya gini jadi senang walaupun capek,”ujarnya.  

Wisatawan yang datang memang tidak hanya masyarakat lokal saja, banyak juga yang berasal dari luar daerah. "Ramainya itu kalau hari Sabtu sama Minggu. Apalagi sekarang di parkiran ada tambahan spot foto dari anak KKN jadi makin rame," ujar Aldy salah satu warga setempat yang sering menjadi tour guide pengunjung. 

Baca Juga: 10 Surga Wisata Lampung Magnet Bagi Turis, dari Pulau hingga Pantai

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya