Comscore Tracker

5 Wisata Alam di Lampung Barat Wajib Kamu Kunjungi

Banyak surga tersembunyi di Lampung Barat

Bandar Lampung, IDN Times - Berbicara tentang pariwisata di Lampung memang tak pernah ada habisnya. Hampir setiap daerah di Provinsi berjuluk Bumi Ruwa Jurai ini memiliki keunggulan potensi wisata yang indah. 

Kali ini IDN Times akan berbagi destinasi wisata yang ada di Lampung Barat yang memiliki beragam wisata alam menakjubkan.

Nah buat kamu yang berkesempatan berkunjung ke sana jangan lewatkan 5 wisata berikut ini ya.

1. Kawah Nirwana yellowstone ala Lampung Barat

5 Wisata Alam di Lampung Barat Wajib Kamu KunjungiKawah Nirwana Lampung Barat (Explore_Lampung.id)

Sudah pernah ke sini? Wisata yang satu ini bisa dibilang ekowisata panas bumi paling terkenal di Lampung. Masyarakat menyebutnya puncak keindahan Suoh.

Lokasinya berada di Lampung Barat, Kecamatan Suoh. Area kawah Nirwana ini juga masih masuk bagian Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Luasnya mencapai 128 km persegi.

Meski perjalanan menuju kawah tak mudah, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih asri dan eksotis. Sesampainya di area kamu akan melihat kolam berisi air yang didominasi warna biru toska disertai kepulan asap menandakan air tersebut memang panas.

Area kawah memang cukup berbahaya sehingga kamu harus didampingi tour guide supaya lebih aman.

Tapi kalau mau mandi air hangat juga bisa loh. Menurut kepercayaan warga setempat, semburan sulfur reaksi dari panas bumi di kawah itu bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

2. Spot foto instagramable hutan pinus

5 Wisata Alam di Lampung Barat Wajib Kamu KunjungiPariwisata_Lampungbarat

Wisata alam lain yang ada di Lampung Barat adalah hutan pinus yang berlokasi di Kecamatan Sumber Jaya. Sesuai namanya, saat mengunjungi destinasi ini kamu akan melihat pohon pinus menjulang tinggi dan tersusun rapi.

Cocok banget buat jadi spot foto yang instagramable. Lokasi ini memang sering dijadikan tempat hunting foto bagi para pecinta fotografi. Serta menjadi lokasi preweeding bagi pasangan yang mau menikah tentunya.

Baca Juga: Jelang HUT Lampung ke-57, Ini Sederet Kuliner Khas Menggoda Lidah

3. Uji adrenalin yuk?

5 Wisata Alam di Lampung Barat Wajib Kamu KunjungiBumdesraftingg

Masih berada di  Kecamatan Sumber Jaya, Lampung Barat kamu bisa mampir ke Bumdes Rafting. Destinasi arung jeram ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Nah kamu bisa sekaligus jalan-jalan dan mebantu perekonomian masyarakat langsung. 

Kalau mau uji adrenalin di wisata satu ini kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp150 ribu per orang. Fasilitas yang didapat yakni makan siang, kopi, snack dan transportasi dari titik pemberhentian menuju ke lokasi Bumdes Rafting. Kamu akan menyusuri sungai hingga titik pemberhentian sekitar dua sampai tiga jam.

4. Berada di atas awan

5 Wisata Alam di Lampung Barat Wajib Kamu KunjungiInstagram.com/vina_komala

Berada di ketinggian 1.290 meter di atas permukaan laut, wisata satu ini menawarkan pemandangan suset dan gumpalan awan yang menakjubkan.

Lokasinya berada di Talang Panjang, Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedung Surian, Lampung Barat. Karena kondisi jalan yang cukup licin dan terjal wisata ini hanya bisa diakses menggunakan motor trail atau bagi para pecinta alam cuku dengan berjalan kaki saja untuk mencapi puncak.

Jika berkunjung ke sini kamu harus menyiapkan perbekalan yang lengkap, mulai dari makanan, dan kain tebal karena udaranya sangat dingin sekali

5. Katanya ini surga tersembunyi di Lampung Barat

5 Wisata Alam di Lampung Barat Wajib Kamu KunjungiPesona_lampungbarat

Salah satu destinasi wisata yang jangan sampai terlewatkan di Lampung Barat adalah air terjun Semantung yang memiliki nama asli Curug Bangkuang. Disebut Bangkuang karena di area air terjun banyak tumbuhan daun pandan. Selain itu ketinggian air terjun ini lebih dari 40 meter.

Berlokasi di Dusun Semantung, Pekon Basungan Kecamatan Pagar Dewa, air terjun yang elok ini memang menjadi incaran wisatawan luar daerah.

Jalanan menuju area air terjun cukup curam sehingga harus hati-hati jika kamu menggunakan kendaraan sendiri. Atau untuk sampai di lokasi kamu bisa menggunakan jasa ojek warga setempat. Tarifnya hanya Rp10 ribu dari Bukit Kemuning yang berjarak 40 Km.

Baca Juga: Jelang HUT Ke-57, Yuk Kenali Budaya dan Bahasa Lampung

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya