Comscore Tracker

5 Wisata Air Terjun Way Kanan Lampung, Pesonanya Bikin Gak Mau Pulang 

Kabupaten dijuluki Negeri 1001 Air Terjun

Bandar Lampung, IDN Times - Provinsi Lampung memiliki wisata alam melimpah. Salah satunya ada di Kabupaten Way Kanan, terkenal dengan wisata curup atau air terjun.

Bahkan, menjamurnya curup atau curug di kabuputen sedang ulang tahun ke- 22 diperingati setiap 27 April ini dijuluki Negeri 1001 Air Terjun lho.

Kabupaten dipimpin Bupati Raden Adipati Surya ini terletak di bagian barat Lampung. Dari Kota Bandar Lampung bisa dicapai 4 sampai 5 jam menggunakan kendaraan mobil.

Nah kalau kamu berada di Lampung jangan lupa mampir ke deretan wisata air terjun di sana. Berikut IDN Times rangkum lima wisata air terjun di Way Kanan.

1. Curup Gangsa

5 Wisata Air Terjun Way Kanan Lampung, Pesonanya Bikin Gak Mau Pulang instagram.com/toyez_h

Wisata air terjun Curup Gangsa berlokasi di Kampung Kotaway, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan. Menuju ke sini dari Kota Bandar Lampung bisa ditempuh sekitar lima jam. Cukup lama memang, tapi tenang saja akses menuju ke sana sudah terbilang mudah dan warga sekitar banyak mengetahui lokasi tempat ini.

Air terjun ini menjadi kebanggaan masyarakat Way Kanan karena karena memiliki keindahan menakjubkan. Wisatawan yang datang mayoritas bersama keluarga karena di tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang memadai.

Untuk tiket masuk hanya membayar parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp10.000.

2. Air Terjun Puteri Malu

5 Wisata Air Terjun Way Kanan Lampung, Pesonanya Bikin Gak Mau Pulang instagram.com/discovertobaofficial

Jika tak ingin air terjun yang terlalu ramai kamu bisa mengunjungi air terjun putri malu. Lokasinya berada di dalam kawasan hutan lindung sehingga untuk menuju ke sini kamu harus berjalan kaki atau bisa menggunakan motro trail. Tepatnya berada di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit.

Air terjun setinggi 100 meter didapuk sebagai air terjun tertinggi di Provinsi Lampung. Selain itu pemandangannya masih cukup asri. Kamu akan takjub melihat curahan air yang berada di antara tebing kokoh dan lebar. Untuk bisa masuk ke area air terjun kamu cukup membayar Rp20 ribu.

Baca Juga: Raden Adipati: Pesantren di Way Kanan Prioritas Vaksinasi COVID-19

3. Curup Kereta

5 Wisata Air Terjun Way Kanan Lampung, Pesonanya Bikin Gak Mau Pulang Instagram.com/yanarasyafa

Curup Kereta menjadi salah satu wisata air terjun cukup populer di kalangan masyarakat setempat. Karena akses jalan menuju air terjun ini sudah bagus dan lokasinya cukup dekat dengan Jalan Lintas Sumatera. Tepatnya di Kampung Rambang Jaya, Kecamatan Blambangan Umpu.

Curup Kereta ini cocok dijadikan wisata bersama keluarga karena di sini ada banyak spot lain seperti taman bermain anak dan flying fox. Kamu juga tidak perlu khawatir karena fasilitas musala dan toilet sudah tersedia di curup ini.

4. Curug Anggal

5 Wisata Air Terjun Way Kanan Lampung, Pesonanya Bikin Gak Mau Pulang Air Terjun Putri Malu Way Kanan. (Instagram.com/Sanur Senja).

Curug Anggal bisa menjadi destinasi kamu selanjutnya. Lokasinya berada di Dusun 8 Talang Kisam, Desa Suka Negeri Kecamatan Gunung Labuhan.

Bentuk curug yang melebar seperti tirai membuat ketinggian curug ini tidak terlalu tinggi. Kamu bisa berenang di kolam bawah air terjun yang sangat jernih dan segar. 

5. Curug Kenangan

5 Wisata Air Terjun Way Kanan Lampung, Pesonanya Bikin Gak Mau Pulang Instagram.com/Pesonalampung

Salah satu curug yang juga masih sangat asri di Kabupaten Way Kanan adalah Curug Kenangan. Lokasinya berada di Dusun 8 Talang Asui Kampung Rebang Tinggi, Kecamatan Banjit.

Air terjun ini masih dinikmati oleh masyarakat lokal saja karena memang belum dikelola secara maksimal.

Baca Juga: Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya Ingin Gerakkan 6.000 UMKM

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya