Comscore Tracker

5 Wisata Air Terjun Memukau di Lampung, Wajib Masuk Destinasi Wisatamu

Wisata air terjun terapi kesegaran pada tubuh

Bandar Lampung, IDN Times - Provinsi Lampung memang surganya pariwisata. Misalnya saja, destinasi air terjun di berbagai kabupaten/kota provinsi ini menjadi wisata.

Kali ini IDN Times berbagi rekomendasi tempat wisata air terjun sekaligus rute menuju ke sana. Tapi sebelum kesana simak dulu ya informasi lengkap di bawah ini ya. Keep scrolling!

1. Air tejun Makkunyana

5 Wisata Air Terjun Memukau di Lampung, Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/tempat_wisata_lampung

Terletak di Desa Teratas, Kecamatan Kota Agung Pusat, Kabupaten Tanggamus, air terjun Makkunyana memiliki keindahan memesona. Makkunyana merupakan bahasa Lampung yang berarti tidak disangka. Nama itu disematkan lantaran warga sekitar tak menduga ada air terjun di lokasi yang tersembunyi.

Kalau mengunjungi air terjun ini, kamu juga bisa menikmati perosotan yang mirip seperti crazy water slide alami tanpa sentuhan tangan manusia. Perosotan air terjun ini licin, sempit dan cukup menguji adrenalin. Panjangnya sekitar 100 meter, jadi kamu bisa menikmati perosotan alami ini lumayan panjang.

Rute menuju air terjun Makkunyana dari pusat Kota Bandar Lampung bisa di tempuh sekitar 2,5 jam. Setelah sampai di Taman Ir Soekarno Kota Agung, arahkan kendaraan ke kanan arah SMA Negeri 1 Kota Agung. Kemudian menujuJalan Bhayangkara melewati Kantor Kepala Desa Teratas.

Setelah itu tetap lurus mengikuti rute jalan hingga menemukan pertigaan lalu belok ke kanan. Jangan lupa tetap hati-hati karena rutenya semakin menanjak. Di sepanjang jalan kamu juga akan menemukan papan penunjuk jalan sampai menemukan lokasi parkir.

Ada baiknya kamu membawa kendaraan roda dua saja karena kondisi jalan yang masih cukup sempit. Setelah parkir kamu harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi air terjun.

2. Air terjun Way Lalaan

5 Wisata Air Terjun Memukau di Lampung, Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/pariwisataviral_kotaagung

Masih berlokasi di Kota Agung, air terjun Way Lalaan ini sudah cukup terkenal dan menjadi idola wisatawan. Air terjun ini memang terlihat istimewa karena bertingkat dan terletak di kaki Gunung Tanggamus Lampung.

Berlokasi di Desa Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, tiket masuk ke air terjun Way Lalaan hanya Rp10 ribu. Selain itu jika musim durian kamu juga sekalian menikmati buah itu di sini.

Bagaimana dengan rute? Dari Kota Bandar Lampung bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Sedangkan jarak dari pusat Kota Agung, sekitar 8 km. Air terjun ini sudah dikelola oleh Dinas Pariwisata Tanggamus sehingga memiliki fasilitas cukup memadai.

Baca Juga: Liburan Romantis Haico Van der Veken dan Rangga Azof di Air Terjun

3. Air terjun Ciupang

5 Wisata Air Terjun Memukau di Lampung, Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/sgk.48

Air terjun Ciupang terbilang unik karena memiliki dua tingkat air yang dipisangkan oleh jurang yang cukup tinggi. Air terjun yang pertama berada di tingkatan atas. Ketinggiannya sekitar 15 meter. Kamu juga berendam disitu karena terdapat sebuah kolam.

Kemudian air terjun kedua tingginya hanya sekitar 5 meter. Di bawahnya juga terdapat kolam yang biasa digunakan wisatawan untuk berendam. Akses menuju air terjun Ciupang masih terbilang sulit sehingga kendaraan yang kamu gunakan harus benar-benar prima.

Lokasinya terletak di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Perjalanan menuju air terjun sekitar dua jam jika menggunakan kendaraan roda dua.

Dari Kota Bandar Lampung, arahkan kendaraan ke arah Kabupaten Pesawaran. Lurus terus menyusuri Jalan Way Ratau, hingga tiba di Pasar Umbul Kluih. Kemudian kamu akan menemukan kantor pos yang di depannya terdapat pertigaan. Setelah itu arahkan kendaraan ke kiri lalu lanjut terus sampai menemukan Desa Purwa Jaya.

Setelah sampai di Desa Purwa Jaya, kamu bisa bertanya dengan warga sekitar karena sudah sangat dekat dengan lokasi air terjun Ciupang. Tiket masuk per orang Rp5.000 sedangkan parkir dikenakan biaya Rp2.000. Kalau untuk mobil parkirnya Rp10.000.

4. Air terjun Mandi Angin

5 Wisata Air Terjun Memukau di Lampung, Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/ahi_zadli

Keindahan air terjun di Mandi Angin ini sudah tidak diragukan lagi. Meski akses menuju lokasi air terjun cukup sulit dan melelahkan, namun akan terbayar dengan suasana asri dan tumpahan air terjun yang menjulang tinggi.

Air terjun ini berlokasi di Way Gendot, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara. Kamu bisa melalui jalan yang menuju Bukit Kemuning, kemudian perhatikan setiap petunjuk jalan yang ada sampai di kawasan itu, petunjuk jalan akan mengarahkan ke Kecamatan Tanjung Raja dan menuju ke Way Gendot.

5. Air terjun Curup Gangsa

5 Wisata Air Terjun Memukau di Lampung, Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/curupgangsa

Wisata air terjun Curup Gangsa berlokasi di Kampung Kotaway, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan. Menuju ke sini dari Kota Bandar Lampung bisa ditempuh sekitar lima jam. Cukup lama memang, tapi tenang saja akses menuju ke sana sudah terbilang mudah dan warga sekitar banyak mengetahui lokasi tempat ini.

Air terjun ini menjadi kebanggan masyarakat Way Kanan karena baru dibuka tahun lalu. Wisatawan yang datang mayoritas bersama keluarga karena di tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang memadai.

Untuk tiket masuk hanya membayar parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp10.000.

Itu lima air terjun memesona di Lampung. Bakal jadi bucket list destinasi wisata bakal kamu kunjungi gak?

Update informasi terkini IDN Times Lampung melalui media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter

Baca Juga: Air Terjun Lembah Pelangi Lampung, Sensasi Nikmati Dua Suhu Air 

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya