Comscore Tracker

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang Barat

Cek harga tiket, rute, dan ada apa saja di sini!

Tulang Bawang Barat, IDN Times - Tanah Budaya Lampung mungkin bisa disematkan pada salah satu kabupaten dengan sejuta wisata budaya dan landmarknya ini. Yups, Tulangbawang Barat (Tubaba)

Tubaba memang memiliki beberapa destinasi wisata budaya wajib untuk dikunjungi baik untuk wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara seperti Megou Pak, Islamic Centre, Tugu Rato Nago, dan Cakat Raya.

Namun ternyata, ada satu lagi nih tempat wisata gak cuma ngenalin kamu tentang budaya Lampung dan Tubaba, tapi juga melihat karya seni, keasrian alam, spot foto instagramable yakni Taman Budaya Uluan Nughik.

Mau tahu tiket masuk, rute, sampai ada apa aja di dalamnya? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

1. Tiket masuk gratis

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/uluanughik)

Uluan Nughik terinspirasi dengan adanya “Kota Kehidupan” yang dulunya pernah ada jauh sebelum Tubaba lahir. Kota tersebut begitu mandiri dan maju namun manusianya tetap hidup selaras dan menjaga alam. Uluan bermakna “atas” dan Nughik adalah “kehidupan” atau dapat diartikan sebagai awal kehidupan.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Tubaba sudah menetapkan Taman Budaya Uluan Nughik sebagai daerah Bunian yakni daerah yang bisa menjaga alam sekitarnya dengan baik.

Untuk ke sini, kamu gak perlu memerlukan tiket masuk alias gratis. Jadi kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir kendaraan saja yakni Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

2. Lokasi Uluan Nughik

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/kakak_zack)

Memiliki luas sekitar 1.800 hektare, Lokasi Taman Budaya Uluan Nughik berada di Desa Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kamu bisa mencari lokasinya di Google Maps dengan kata kunci: Uluan Nughik.

Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan pusat Kabupaten Tubaba. Hanya sekitar 3 kilometer atau 5 menit saja dari pusat Pemerintahan Kabupaten Tubaba, lalu dari tempat wisata lain seperti Islamic Center Tubaba hanya sekitar 2 km atau 4 menit saja.

Baca Juga: Fakta Menarik Studio Keramik dan Patung Tanoh Nughik di Tubaba

3. Kompleks budaya dan Sekolah Seni Tubaba

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratSekolah Seni Tubaba. (Instagram/sugiyantiariani)

Jangan heran ya kalau kamu banyak menemukan karya seni seperti instalasi, gerabah/keramik, atau batuan ala megalitikum yang terdapat dibeberapa lokasi.

Karena awal pembuatan Taman Budaya Uluan Nughik memang bertujuan sebagai tempat pusat kebudayaan seni di Tubaba. Di sini juga menjadi lokasi siswa-siswa Sekolah Seni Tubaba belajar.

4. Fasilitas tersedia

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/richo_wildan_saputra)

Untuk fasilitas tentu saja sudah sangat memadai. Di sana sudah ada toilet, tempat duduk, musala, dan tempat sampah. Jadi jangan buang sampah sembarangan ya! Selain itu di sana juga terdapat banyak rumah adat daerah seperti Sesat Lampung, Rumah Balikan, Rumah Badik, dan ada rumah baca.

Kemudian di sana juga ada kafe mini menjajakan banyak panganan khas daerah mulai dari camilan hingga makanan berat seperti lapis legit, enjak-enjak, bisrok, sekubal, nasi bakar, pepes ikan, bakso bakar, dan lainnya. Untuk makanan dan minumannya di banderol mulai Rp5.000 saja.

5. Rumah Badik

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/ezedqyoko)

Rumah Badik atau Nuwo Badik ini dibangun pada 2020 lalu oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Batik-batik ini karya seniman di Sekolah Seni Tubaba. Jadi gak setiap hari ada ya!

Baca Juga: City Branding Menuju Tubaba Raih Penghargaan Good Design Indonesia

6. Pintu utama Nuwo Badik

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/baytinrjnnh_)

Ini dia pintu utama Nuwo Badik. Pintunya cukup besar dan jadi salah satu tempat favorit pengunjung untuk berfoto. Pintu ini menggunakan potongan kayu dan disepanjang dinding lantai dasarnya terbuat dari susunan batu.

7. Instalasi Tiara Tubaba

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/uluanughik)

Ini juga merupakan salah satu instalasi yang banyak disukai pengunjung untuk berswafoto. Instalasi dari bambu ini terinspirasi dari siger dan pernah diikutkan dalam International Bamboo Festival pada 2020 lalu.

8. Nuwo Tubaba Lampung

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/apoenk_poernomo)
  • Kalau ini salah satu rumah adat Lampung yang ada di Uluan Nughik. Selain rumah ini, juga ada banyak rumah adat Lampung lain dengan berbagai versi.

9. The Thinker

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/sekolahsenitubaba)

Namanya juga kompleks sekolah seni, tentu banyak karya seni di dalamnya. Salah satunya patung The Thinker ini. Patung ini pertama kali dibuat oleh Auguste Rodin, tapi yang ada di sini buatan seniman Tubaba ya!

Baca Juga: Fakta Menarik Tubaba Art Festival Digelar Trilogis

10. Gerabah

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/uluanughik)

Gerabah pada foto ini adalah karya peserta pada Workshop Tubaba Art Festival pada 2021 lalu. Workshop ini tentu tak ada setiap saat, tapi kamu bisa melihat pembuatan dan hasil gerabah di Studio Keramik Tanoh Nughik di Rumah Baduy Uluan Nughik.

11. Spot foto favorit

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/atasyafebii_)

Jalan setapak sempit yang hanya muat satu orang ini juga menjadi salah satu spot foto favorit para pengunjung. Aestetik banget ya! 

12. Spot foto penunjuk arah

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/uluanughik)

Kawasan rumah adat khas Lampung ditambah jalanan berbatu dan penunjuk arah ini memang wajib dijadikan spot foto yang instagramable. Eits, tapi jangan tertipu ya, itu bukan penunjuk arah fasilitas atau wahana di Uluan Nughik, tapi kamu jadi tahu kan seberapa jauh sih Lampung dengan tempat-tempat di papan penunjuk jalan itu.

13. Instalasi batuan megalitikum

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/_yeyen.yn)

Di sini kamu juga akan banyak menemukan batu-batuan berdiri seperti peninggalan jaman Megalitikum. Tapi ini hanya instalasi ya, bukan prasasti atau artefak asli.

14. Sungai Uluan Nughik

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, Tempat Wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/potret_uwaw)

Sungai ini mengalir sepanjang wilayah Taman Budaya Uluan Nughik. Meski air sungainya tidak bening, sungai ini cukup bersih dan jauh dari sampah. Banyak anak-anak bermain di sungai tersebut.

Itulah tempat wisata Uluan Nughik di Tubaba. Kamu tertarik liburan ke sini?

Baca Juga: Mengenal Teater Klatak dari Tubaba, Diperankan Anak-Anak 

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya