Comscore Tracker

Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran Lampung

Dari wisata gunung hingga laut ada semua!

Pesawaran, IDN Times - Hingga pagi ini, Minggu (10/4/2022), tagar Wisata Pesawaran menjadi salah satu lima besar trending topic di Twitter Indonesia.

Selain cuitan netizen mengenai wisata-wisata di Kabupaten Pesawaran, banyak juga yang membagikan kutipan Dendi Ramadhona, Bupati kabupaten yang dijuluki Bumi Andan Jejama tersebut yang hendak menonjolkan wisata alam dan budaya yang ada di sana.

Seperti kutipan Dendi Ramadhona yang dibagikan oleh akun @youngfarrel27: “Kita patut memberikan apresiasi kepada pemuda yang ingin mengangkat potensi sumber daya alam untuk ekowisata di desanya. Wisatawan mau datang karena kondisi alam desa dan alamnya masih bagus. Kalau kualitas hutan di bagian atas menurun, wisatawan tentu saja tidak akan datang kembali”.

Rupanya hal ini berkenaan juga dengan keseriusan Dendi membangun pariwisata di daerah tersebut dengan mengikutsertakan beberapa desa dalam ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Tak tanggung-tanggung, ada 12 desa wisata yang diajukan oleh pemda setempat dalam kompetisi nasional tahunan tersebut. Desa wisata itu antara lain Desa Pulau Pahawang, Talang Mulya, Harapan Jaya, Purworejo, Kampung Baru, Gunung Rejo, Banding Agung, Pagar Jaya, Sumber Jaya, Batu Raja Punduh Pidada, Batu Menyan, dan Cipadang.

Berikut 7 wisata alam menjadi ciri khas Kabupaten Pesawaran versi IDN Times, simak ya!

1. Gunung Pesawaran

Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran LampungGunung Pesawaran. (Instagram.com/petualangsablenk)

Gunung Pesawaran merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Pesawaran. Dengan ketinggian 1.682 mdpl, gunung ini menjadi salah satu trek favorit pendaki pemula ingin merasakan sensasi mendaki gunung dan puncak yang indah. Namun dapat ditempuh dengan perjalanan tidak terlalu sulit.

Lokasi gunung yang juga dikenal dengan nama Gunung Sukmo Ilang ini berada di Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran. Terdapat tiga puncak terkenal di sana yaitu Puncak Pematang Petai, Puncak Leher Kambing, dan Puncak Tugu atau Puncak Ratai.

Tahu kah kamu? film horror karya sineas Lampung berjudul Sukmailang yang akan tayang dalam waktu dekat ini juga mengambil latar dan cerita dari urban legend di gunung ini lho!

2. Bukit Cendana

Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran LampungPerkemahan di Bukit Cendana. (Instagram.com/indhmeilia).

Menjadi salah satu tempat wisata perkemahan favorit, Bukit Cendana Lampung ini berlokasi di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran.

Di Bukit Cendana atau Bumi Perkemahan Harapan Jaya ini, kamu bisa menikmati indahnya Kabupaten Pesawaran yang terbentang hijau ditambah fasilitas lengkap tentunya sudah disediakan tanpa kamu perlu repot-repot membawa tenda dan sebagainya.

Penyewaan tenda di Bukit Cendana dibanderol mulai Rp60.000 per malamnya. Tak hanya itu, di sana juga ada fasilitas umum seperti mushola, toilet, bahkan warung-warung diinisiasi warga sekitar menjual makanan sampai kayu bakar.

Baca Juga: Pantai Sari Ringgung Pesawaran Lampung, Ada Masjid Terapung

3. Hutan Mangrove Petengoran

Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran LampungHutan mangrove Kabupaten Pesawaran. (avonturin.id).

Destinasi wisata hutan mangrove atau Mangrove Petengoran menjadi salah satu wisata alam selanjutnya yang wajib kamu kunjungi di Kabupaten Pesawaran. Lokasi tepatnya ada di Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan.

Menyuguhkan pemandangan hutan bakau di tengah laut yang tenang, menjadikan Mangrove Petengoran sebagai lokasi self-healing yang pas ditengah hiruk pikuk perkotaan dan kejenuhan dalam beraktivitas.

Trek jembatan kayu yang disediakan juga cukup panjang untuk bisa membawamu menelusuri hutan bakau di sana. Tapi jangan khawatir, kalau kamu lelah, bisa beristirahat di bangku-bangku kayu disediakan di beberapa titik jembatan. Kamu juga bisa mampir di pojok kuliner yang harga makanannya relatif terjangkau.

4. Sungai Bronjong

Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran LampungSungai Brojong. (pariwisata.pesawarankab.go.id)

Desa wisata Cipadang, di Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran menyajikan salah satu destinasi wisata alam unik yang menjadi wisata favorit keluarga.

Sungai Brojong merupakan salah satu tempat dimana kamu bisa berpiknik dipinggir sungai, sedang anak bisa bermain river tubing.

River tubing adalah wahana air dengan duduk di atas ban karet yang dialirkan ditengah sungai. Meski kedalaman sungai ini dangkal dan arusnya tidak deras, tentu bermain river tubing tertap perlu pengawasan orang tua.

Selain river tubing, di sini juga ada tempat penyewaan ATV hanya dengan membayar Rp20.000 per 15 menit. Selain itu banyak juga lho yang menjadikan Sungai Brojong sebagai lokasi tracking bersepeda.

5. Arter Anglo dan Arter Ciupang

Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran LampungArter Ciupang. (Instagram.com/ewin_piyoe_wesuiranangalaz).

Arter Anglo merupakan salah satu destinasi air terjun terkenal di Kabupaten Pesawaran. Berlokasi di Desa Gunung Rejo, Kecamatan Padang Cermin, kamu hanya membutuhkan waktu dua jam perjalanan dari pusat Kota Bandar Lampung.

Sedangkan Arter Ciupang berada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran. Sama-sama menyuguhkan air terjun, namun kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dari kedua air lata ini.

6. Teluk Hantu

Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran LampungTeluk Hantu. (Instagram.com/bro_boomber).

Teluk Hantu merupakan nama salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Desa Pagar Jaya, Kecamatan Punduh Pidada.

Alih-alih berhantu, Pantai Teluk Hantu akan menawarkan pemandangan air laut yang bening dan bersih berwarna biru kehijauan. Ombaknya yang tak besar dan tenang membuat kamu bisa bermain di bibir pantai bersama sanak keluarga atau teman. Karena dikelilingi pohon-pohon besar, membuat pantai ini terasa tak begitu panas.

7. Pulau Wayang

Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran LampungPulau Wayang. (Instagram.com/genpi_lampung).

Saking persisnya, Pulau Wayang disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat lho! Kamu bisa ke batu besar ditengah laut ini dengan cara menaiki perahu motor dari Dermaga Ketapang.

Dari sana, kamu bisa menyewa perahu yang bisa ditumpangi oleh sekitar 10 orang saja dengan harga per perahunya Rp1 juta-1,5 juta saja. Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa melihat kawanan lumba-lumba yang suka muncul ke permukaan laut.

Baca Juga: Kapal Pinisi Starship Kini Berlayar, Siap Dongkrak Wisata Bahari Pesawaran

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya