Comscore Tracker

8 Wisata Back To Village di Negeri Air Terjun Way Kanan

Way Kanan juga punya banyak wisata selain air terjun lho!

Way Kanan, IDN Times - Way Kanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung. Terkenal sebagai negeri air terjun, daerah ini juga menyimpan banyak pesona indah wisata alamnya.

Kabupaten Way Kanan tak terlalu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung. Jika kamu hendak ke Way Kanan, kamu bisa menggunakan bus antar kota dalam provinsi atau kereta api dari Bandar Lampung.

Ada empat stasiun yang menjadi tujuan kereta api asal Bandar Lampung yang disediakan, di antaranya Stasiun Waytuba, Blambangan Umpu, Negeri Agung, dan Giham.

Durasi perjalanan menggunakan kereta api sekitar 3-4 jam dengan harga tiket Rp29.000. Sedangkan durasi perjalanan menggunkan bus tergantung rute dan agen bus yang dinaiki, harga tiketnya sekitar Rp40.000-Rp55.000.

Nah, jika sudah sampai di Way Kanan, kamu bisa kunjungi beberapa tempat wisata alam dan budayanya nih, semua bertema kembali ke desa!

1. Air Terjun Curup Gangsa

8 Wisata Back To Village di Negeri Air Terjun Way KananCurup Gangsa. (Instagram.com/oganphotograph).

Berlokasi di Kota Way, Kecamatan Kasui, air terjun ini menyajikan pemandangan air terjun yang asri dan luas. Bebatuan yang tak rata juga membuat air terjun ini semakin cantik untuk dinikmati. Stasiun kereta api terdekat dengan Curup Gangsa adalah Stasiun Blambangan Umpu.

2. Sumber Air Panas Serasan, Jukuh Batu

8 Wisata Back To Village di Negeri Air Terjun Way KananPemandian Air Panas Jukuh Batu. (Instagram.com/adam_dam1707).

Pemandian air panas ini berlokasi di Juku Batu, Kecamatan Banjit. Sumber air panas berasal dari belerang ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti dapat menghilangkan pegal-pegal, mengangkat sel kulit mati, dan lainnya. Stasiun terdekat dengan pemandian air panas ini adalah Stasiun Negeri Agung.

3. Kampung Bali Sadar

8 Wisata Back To Village di Negeri Air Terjun Way KananKampung Bali Sadar. (Instagram.com/rismawt1_)

Relief pura di Kampung Bali Sadar membuat banyak wisatawan jatuh hati. Kampung Bali yang ada di Kecamatan Banjit ini juga cukup ramah dengan wisatawan datang ke sana. Stasiun terdekat dengan Kampung Bali Sadar adalah Stasiun Negeri Agung.

Baca Juga: Jadi Trending Topic Twitter! Ini 7 Wisata Alam di Pesawaran Lampung

4. Air Terjun Curup Kenangan

8 Wisata Back To Village di Negeri Air Terjun Way KananCurup Kenangan. (Instagram.com/dhiena.lestari).

Curup Kenangan di dominasi oleh tebing-tebing tinggi. Air terjun ini juga menyuguhkan air jernih alami siapapun akan tergiur untuk terjun menikmati segarnya air di sana. Berada di Kecamatan Banjit, stasiun terdekat dengan Curup Kenangan adalah Stasiun Negeri Agung.

5. Bamboo Rafting Way Kanan

8 Wisata Back To Village di Negeri Air Terjun Way KananRafting Bamboo Way Kanan. (Instagram.com/jauhari_jaya_sampurna).

Bamboo Rafting Way Kanan berlokasi di Way Besay Kecamatan Baradatu. Di sini kamu bisa menikmati derasnya sungai Way Besay dengan hanya duduk di sebuah getek (perahu bambu).

Nanti akan ada warga lokal yang menyewakan perahunya sekaligus membantumu untuk mengendarai getek tersebut. Jangan khawatir, kamu juga bakal dibekali pelampung kok. Stasiun terdekat dengan Kecamatan Baradatu adalah Stasiun Negeri Agung.

6. Kampung Wisata Gedung Batin

8 Wisata Back To Village di Negeri Air Terjun Way KananKampung Wisata Gedung Batin. (instagram.com/dian_ismyama).

Kamu bisa menikmati indahnya pedesaan khas suku Lampung di Kampung Wisata Gedung Batin. Rumah-rumah panggung masih dijaga keasliannya dan pelataran tanah yanh ditumbuhi bunga-bunga, membuatmu teringat desa Lampung tempo dulu. Stasiun terdekat dengan tempat wisata ini adalah Stasiun Blambangan Umpu.

7. Kukup Bonglai Banjit

8 Wisata Back To Village di Negeri Air Terjun Way KananKukup Bonglai. (Instagram.com/katanyaidok_)

Dijuluki sebagai green canyonnya Way Kanan, tentu kamu tak boleh melewatkan Kukup Bonglai dalam daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi! Kukup Bonglai berada di Kecamatan Banjit juga menjadi salah satu lokasi self-favorit warga lokal lho. Stasiun terdekat dari Kukup Bonglai adalah Stasiun Negeri Agung.

8. Bukit Punggur

8 Wisata Back To Village di Negeri Air Terjun Way KananBukit Punggur. (Instagram.com/fachrimeynanda)

Tempat wisata terakhir ada Bukit Punggur. Bukit ini akan memberikan panorama indah Way Kanan dari ketinggian 1700 mdpl. Tempat ini juga cocok sebagai tempat kemping atau piknik bersama teman dan keluarga. Kamu bisa membawa bekal atau memasak sendiri setibanya di puncak. Tapi jangan lupa untuk membawa kembali sampahmu ya! Stasiun terdekat dari Bukit Punggur adalah Stasiun Blambangan Umpu.

Itulah objek wisata alam di Way Kanan. Wah jelang liburan Idul Fitri 2022 ini, kira-kira ada jadi bucket list kamu gak untuk dikunjungi? Happy Holiday ya!

Baca Juga: Fakta Unik Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung, Curi Perhatian!

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya