Comscore Tracker

6 Destinasi Wisata di Lampung Tengah, Banyak Wisata Hidden Gem

Coba cek, ada pernah kamu kunjungi?

Lampung Tengah, IDN Times - Lampung Tengah merupakan salah satu kabupaten di Lampung memiliki pusat pemerintahan di Kecamatan Gunung Sugih. Lampung Tengah juga dikenal memiliki motto “Beguwai  Jejamo  Wawai” atau bekerja bersama-sama mewujudkan kepentingan masyarakat demi kebaikan.

Ketika wisatawan luar Lampung atau mancanegara ditanyai tentang surga pelesiran yang paling masyur di Lampung, sebagian besar pasti menjawab daerah Barat Lampung. Misalnya Kabupaten Pesisir Barat dengan lokasi surfing terbaik, atau pantai manawan di Lampung Barat.

Namun selagi kamu menuju tempat-tempat tersebut dan melewati Lampung Tengah, tak ada salahnya juga lho mampir sebentar ke tempat wisata yang nyatanya banyak hidden gemnya juga!

1. Tugu Kopiah Emas dan Tugu Pengantin

6 Destinasi Wisata di Lampung Tengah, Banyak Wisata Hidden GemTugu Kopiah Emas Lampung Tengah. (Instagram.com/riqqho)

Tugu Kopiah Emas dan Tugu Pengantin terletak di Jalan Lintas Sumatera, Gunung Sugih, Lampung Tengah. Dua tugu berdampingan ini merupakan ikon khas Lampung Tengah. Saking menarik perhatiannya, sering kali para pelancong kebetulan lewat Jalan Lintas Sumatera mampir untuk mengambil beberapa foto bersama monumen besar itu.

Tak hanya itu, masih banyak juga beberapa wisatawan lokal yang sengaja datang ke sana untuk melihat tugu setinggi 11 meter melambangkan penutup kepala khas masyarakat adat Lampung tersebut.

2. Tugu Canang

6 Destinasi Wisata di Lampung Tengah, Banyak Wisata Hidden GemTugu Canang Lampung Tengah. (Instagram.com/indah.sr___)

Canang adalah gong kecil berfungsi untuk memanggil masyarakat agar berkumpul guna mendengarkan informasi akan disampaikan oleh penguasa pada zaman dahulu. Juga merupakan instruksi misalnya ada keadaan darurat, bencana, kedatangan tamu agung, atau penyampaian pelaksanaan upacara bagawi.

Sehingga Tugu Canang bisa diartikan sebagai simbol untuk menyampaikan gerakan perubahan khususnya di Kabupaten Lampung Tengah. Lokasi Tugu Canang cukup strategis dekat Jalan Lintas Sumatra tepatnya di sekitar Lapangan Merdeka, Gunung Sugih, Lampung Tengah.

Selain monumen tersebut, pemerintah juga membangun fasilitas penunjang lain seperti taman bermain, rest area, food court, toilet, dan tempat parkir. Pemerintah setempat berharap Tugu Canang dapat menjadi ruang publik bagi penduduk Gunung Sugih dan tempat persinggahan orang yang melintasi Jalan Lampung Tengah.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Lampung Utara Wajib Kamu Kunjungi, Bikin Betah!

3. Pasar Kuliner Karang Endah (Pakare)

6 Destinasi Wisata di Lampung Tengah, Banyak Wisata Hidden GemPakare Lampung Tengah. (Instagram.com/pakare_)

Pakare atau Pasar Kuliner Karang Endah merupakan salah satu kegiatan tiap minggu diadakan oleh pemda setempat. Bertujuan membantu pedagang makanan kecil memperoleh pasar lebih luas. Pakare hanya buka tiap Minggu pukul 06.00-11.00 WIB.

Persis namanya, pasar kuliner di Balai Kampung Karang Endah, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah ini mirip pameran panganan menghadirkan UMKM daerah setempat mulai dari makanan tradisional seperti sego pecel sampai modern seperti boba thai tea.

Uniknya, tiap minggu selalu ada event spesial di Pakare, misalnya pertunjukan reog Ponorogo, kuda lumping, senam pagi, fun bike dan sebagainya. Asiknya lagi, di sini juga menyediakan spot-spot sefie instagramable lho!

4. Taman Tugu Sembilan Gajah Putih

6 Destinasi Wisata di Lampung Tengah, Banyak Wisata Hidden GemTugu Sembilan Gajah Putih. (Instagram.com/rafiyogiandriansyah)

Tugu Sembilan Gajah Putih dibangun bersebelahan dengan Kantor Badan Pertanahan Nasional Lampung Tengah. Tugu ini berbentuk patung gajah berjumlah sembilan melambangkan Kesultanan Jurai Siwo Mego yang terdiri atas sembilan marga. 

Sembilan marga ini menjadi tonggak sejarah di Lampung Tengah. Dibangunnya monumen tersebut, diharapkan masyarakat lokal dan pendatang dapat menikmati keindahan kota sembari berwisata sejarah disana.

5. Air Terjun Curup Tujuh

6 Destinasi Wisata di Lampung Tengah, Banyak Wisata Hidden GemAir Terjun Curup Tujuh. (Instagram.com/wuri_syaputri).

Air Terjun Curup Tujuh merupakan air terjun tujuh tingkat tinggi sekitar 75 meter di Lampung Tengah. Air terjun ini juga bersumber dari tujuh aliran sungai Way Seputih di Lampung Tengah sehingga dinamakan Curup Tujuh.

Lokasinya berada di Hutan Lindung Desa Margajaya, Kecamatan Padangratu, Kabupaten Lampung Tengah. Kondisi lingkungan air terjun ini masih terbilang sangat asri. Selain itu di sini juga sudah terdapat beberapa fasilitas publik seperti toilet, tempat parkir, dan musala.

6. Danau Telogo Rejo

6 Destinasi Wisata di Lampung Tengah, Banyak Wisata Hidden GemDanau Telogo Rejo. (Instagram.com)

Danau Telogo Rejo merupakan salah satu objek wisata menenangkan jiwa atau bahasa kekiniannya tempat healing. Terletak di Dusun 5 Sendang Baru, Kota Batu, Kecamatan Sendang Agung, Lampung Tengah, pengunjung tak hanya disuguhi pemandangan pegunungan dengan langit biru dan danau khas gambaran anak SD, tepat di sebelah danau ditanami padang bunga terompet ungu dan bunga lainnya.

Tak hanya itu, jalan menuju Danau Telogo Rejo dipenuhi dengan hamparan sawah yang menyejukan mata di pagi dan sore hari. Di sini juga sudah ada fasilitas seperti musala, toilet, spot foto, saung, kolam renang, dan rumah makan. Pasti rasanya nikmat minum kopi hitam di saung sembari melihat pemandangan danau.

Selain memiliki banyak landmark, Lampung Tengah ternyata juga menyimpan kekayaan alam yang melimpah ya, sudah tentukan mau ke wisata yang mana di Lampung Tengah?

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Kota Metro Lampung, Instagramable Banget! 

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya