Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong Bolong

Mulai dari studio 3D sampai spot foto di atas bukit

Bandar Lampung, IDN Times - Menjadi Ibu Kota Provinsi Lampung membuat Bandar Lampung menjadi kota paling strategis untuk didatangi wisatawan. Tak heran banyak destinasi wisata menarik bermunculan di kota ini.

Pemerintah Kota Bandar Lampung juga saat ini banyak membangun kembali berbagai wisata yang sempat redup akibat pandemik COVID-19. Pasalnya, pariwisata dapat menjadi sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Kali ini, IDN Times telah merangkum 10 tempat wisata di Kota Bandar Lampung gak bakal bikin kantong kamu bolong. Simak ya!

1. Puncak Mas

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongPuncak Mas, Bandar Lampung. (instagram.com/puncakmasthomas).

Puncak Mas merupakan tempat wisata Bandar Lampung dari atas bukit. Menyuguhkan pemandangan kota dan laut dari atas, di sini banyak sekali spot foto super instagramable dan eyecatching lho! Selain itu juga ada fasilitas lainnya seperti taman bermain anak, panggung musik, mushola, resto dan cafe.

Karena pemandangan dari atas Puncak Mas lebih sempurna jika dinikmati pada saat matahari terbit atau terbenam, Puncak Mas juga menyediakan kamar untuk tamu yang ingin menginap. Lokasi wisata ini berada di Jalan PB. Marga, Sukadana Ham, Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung. Untuk harga tiketnya hanya Rp20.000 per orang, ini belum termasuk parkir kendaraan ya.

2. Museum Lampung

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongMuseum Lampung. (Instagram.com/sapoytrayopie).

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa melakukan wisata sejarah. Di Bandar Lampung, kamu bisa mampir ke Museum Lampung dan di sana kamu akan banyak mengenal budaya Lampung.

Tak usah khawatir karena tiket masuknya tergolong murah, untuk anak-anak hanya Rp500, rombongan dewasa Rp1.000 per orang, dan dewasa perorangan Rp4.000.

Ada sekitar 4.700 benda bersejarah di Museum Lampung ini. Semuanya terdiri dari benda geologika, historika, arkeologika, termasuk pakaian, rumah, serta budaya adat Provinsi Lampung.

Baca Juga: Pantai Minang Rua Lampung Selatan, Banyak Spot Wisata Alam Menggoda

3. PKOR Way Halim

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongPasar Seni PKOR Way Halim. (Instagram.com/awan_1810).

PKOR Way Halim bisa disebut juga wisata segala jenis usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa bakal betah ke PKOR meski hanya hunting camilan saja.

Ada beberapa spot di PKOR Way Halim. Pertama spot berolah raga, pagi dan sore hari menjadi waktu pas beberapa orang joging di sekitar wilayah PKOR. Di sana juga ada GOR yang digunakan untuk latikan sepak bola atau futsal.

Kedua ada pasar PKOR. Kebanyakan pedagang adalah penjual makanan namun kamu juga bisa menemukan pedagang pakaian, aksesori, sepatu, hingga tas. Di sini juga cocok untuk berwisata keluarga karena ada banyak wahana bermain anak seperti kereta anak, penyewaan mobil mini, sepeda, melukis untuk anak, dan lainnya.

Ketiga ada Pasar Seni PKOR. Seperti namanya di tempat ini menjual berbagai macam karya seni dari seniman lokal. Dari gambar hingga pahat pun ada. Tak jarang di Gedung Dewan Kesenian Lampung juga menggelar pameran lukisan dan dibuka untuk umum.

4. Taman Wisata Lembah Hijau

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongLembah Hijau. (Dok. Lembah Hijau).

Kalau kamu mencari wisata kebun binatang, waterboom, sekaligus staycation di Kota Bandar Lampung, mungkin Taman Wisata Lembah Hijau bisa jadi alternatif pilihanmu. Karena tak hanya itu, di sini kamu juga bisa menikmati pertunjukan satwa, fasilitas outbond, dan taman bermain juga.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raden Imba Kusuma Ratu No. 21, Sukadana Ham, Tanjungkarang Barat Kota Bandar Lampung. Harga tiket masuk tempat wisata ini Rp15.000 per orang, namun ini belum termasuk ke kebun binatang dan waterboomnya ya!

5. Lampung Walk

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongLampung Walk. (Instagram.com/Ladyasry).

Lampung Walk merupakan wisata di tengah kota dengan banyak spot foto instagramable. Hal itu dikarenakan Lampung Walk menyediakan wahana studio 3D yang super kece. Dijamin kamu seperti di bawa ke dimensi berbeda.

Selain itu, Lampung Walk juga ada wahana water park, arena olah raga seperti lapangan futsal, basket, hingga badminton. Kemudian ada resto, cafe, dan foodcourt yang dipenuhi lampu hias ketika malam hari. Harga tiket masuk Studio 3D Rp45.000 dan weekend atau hari libur Rp50.000. Sedangkan Water Park Rp35.000 untuk hari biasa dan Rp45.000 untuk weekend dan hari libur.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat, Mutiara Tersembunyi

6. Pintu Langit 2

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongPintu Langit 2. (Instagram.com/jani.master).

Ada satu lagi spot foto tak kalah unik di Bandar Lampung. Kalau kamu berada di daerah Telukbetung Barat, jangan lupa mampir ke Pintu Langit 2 ya, lokasi tepatnya ada di Komplek Emerald Hill, Jalan RE Martadinata, Desa Sukamaju, Teluk Betung Barat.

Dirancang oleh orang yang sama, Pintu Langit 2 sebenarnya adalah versi kedua dari Pintu Langit di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Sehingga sama-sama memiliki konsep mirip yaitu menggunakan kaca.

Untuk masuk dan berswafoto di Musala Kaca kamu hanya perlu membayar Rp5.000 saja. Kamu juga bisa istirahat sejenak dan menikmati pemandangan yang ada di sana. Pintu Langit 2 buka tiap hari mulai pukul 10.30-20.00 WIB pada hari kerja dan pukul 08.00-21.00 WIB untuk akhir pekan.

Kalau kamu mau ke Pintu Langit Kemiling, kamu bisa ke Jl. Wan Abdurrahman, Sumber Agung, Kecamatan Kemiling. Harga tiket masuk untuk berfoto di sana juga sama yaitu Rp5.000.

7. Taman UMKM Bung Karno

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongTaman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno Bandar Lampung. (Twitter.com/unilubis).

Taman UMKM Bung Karno akan terlihat seperti taman biasa pada hari kerja. Namun berbeda jika kamu ke Taman Bung Karno pada Sabtu dan Minggu pagi.

Mulai pukul 06.00-11.00 WIB akhir pekan, sepanjang Jalan Gatot Subroto, Pahoman, Kecamatan Teluk Betung Utara ini akan disulap menjadi deretan pedagang kuliner dari UMKM Provinsi Lampung. Tentu kendaraan tak boleh lewat dan akan dialihkan ke jalan lain.

Kamu bisa menemukan berbagai makanan tradisional hingga makanan modern di sini. Harganya pun cukup terjangkau. Selain itu ada juga stand pelayanan Disdukcapil Kota Bandar Lampung, perpustakaan keliling, dan pelayanan kesehatan.

8. Pulau Pasaran

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongIbu-ibu Pulau Pasaran menjemur ikan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Pulau Pasaran merupakan salah satu kampung wisata pesisir di Kota Bandar Lampung. Selain memberikan pemandangan laut yang epik, di sini kamu juga bisa melihat proses pembuatan kapal, nelayan menjala ikan dan berbudidaya kerang, hingga ibu-ibu membuat ikan asin.

Tak perlu tiket masuk dan sebagainya, kamu bisa bebas berfoto di wilayah sekitar atau membeli produk olahan nelayan lokal yang kualitasnya tak diragukan lagi karena sudah ekspor ke berbagai negara.

9. Seven Selfie

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongSeven Selfie. (Instagram.com/duniaindra).

Seven Selfie merupakan tempat wisata ditengah lokasi persawahan yang asri. Spot utama wisata ini adalah padang bunganya yang eye catching dan tak bisa untuk tidak berfoto. Selain itu ada spot lainnya seperti rumah hobbit, gazebo, dan lainnya.

Lokasi Seven Selfie berada di Jalan Wan Abdurrahman, Batu Putuk, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Lampung. Harga tiket masuknya hanya Rp5.000 per orang.

10. Sumur Putri

10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong BolongWisata Sumur Putri. (Instagram/jani.master).

Bertempat di Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Tempat Wisata Sumur Putri akan menyuguhkan pemandangan bendungan dan sungai yang indah terutama di malam hari.

Pemerintah Kota Bandar Lampung juga mendukung wisata ini dengan membuat jembatan sebagai spot foto, gazebo, dan taman bermain di kompleks bendungan tersebut. Namun sayangnya, sumber air panas yang menjadi titik utama Sumur Putri masih belum dikelola dengan baik.

Untuk sementara tiket masuk tempat wisata ini gratis, kamu hanya perlu membayar tiket parkir yang dikelola oleh warga setempat saja.

Itulah 10 tempat wisata populer Di Kota Bandar Lampung versi IDN Times. Mau liburan kemana nih akhir pekan ini?

Baca Juga: Pemkab Pesawaran Luncurkan Virtual Tourism Kenalkan Wisata dan Budaya 

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya