Comscore Tracker

Tujuh Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat Lampung

Wisata buatan menarik banyak perhatian

Bandar Lampung, IDN Times - Provinsi Lampung terkenal dengan destinasi alam memanjakan mata. Mulai dari gunung, pantai, air terjun atau perbukitan. Tapi wisata alam itu banyak tersebar di Lampung bagian Barat.

Sementara masih ada beberapa kabupaten yang wisatanya tidak identik potensi alam untuk bisa dijadikan tempat wisata. Tapi jangan khawatir, hal itu tidak membatasi para pemimpin daerah dan masyarakatnya untuk membuat wisata yang tak kalah menarik.

Salah satunya ada di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Kali ini IDN Times rangkum lima destinasi wisata Lampung di Tubaba wajib kamu kunjungi. Keep scrolling!

1. Wisata bersejarah di islamic centre

Tujuh Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat LampungArea islamic centre Tulang Bawang barat (tiyuhdigitalcom)

Setiap daerah biasanya memiliki satu masjid dijadikan ikon atau biasanya disebut Islamic Centre. Tapi kalau kamu bertandang ke kabupaten berjuluk Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini, Islamic Centre tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja.

Saat memasuki area ini, kamu pasti tak akan melihat bangunan masjid pada umumnya. Karena desain yang ada di Tubaba ini lebih minimalis dan lebih mirip seperti bangunan museum.

Selain itu terdapat rumah adat Lampung yang merupakan gabungan empat marga besar di Tulang Bawang yaitu Rumah Sesat Agung Bumi Gayo.

Lokasinya juga sangat strategis dan mudah dijangkau karena berada di jantung Kabupaten Tubaba. Tepatnya berada di Jalan Raya Panaragan Jaya – Pulung Kencana, Panaragan Jaya.

2. Relief Megou pak

Tujuh Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat LampungInstagram.com/ramahtraveler

Dari namanya saja patung ini sangat melambangkan budaya Lampung. Sebab empat relief wajah setinggi 15 meter itu memang menceritakan empat marga dalam suku Lampung. Megow berarti marga dan pak adalah angka empat.

Dibangun sejak 2016, relief ini juga menjadi ikon Tubaba yang menarik perhatian. Hampir setiap sore terutama hari libur, wisatawan lokal berjejer didepan patung untuk swafoto.

Lokasinya berada dipinggir jalan, jadii kamu harus hati-hati juga ya saat swafoto. Tepatnya di Jalan Leter S Panaragan, Desa Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Lampung Barat Wajib Kamu Kunjungi

3. Wisata murah dengan spot foto instagramable beragam

Tujuh Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat LampungInstagram.com/umbul_kapuk

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Areanya cukup luas dan masih sangat asri karena dikelilingi banyak pepohonan.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu kamu sudah bisa berwisata di area yang luas dan ada banyak sekali spot foto instagramable.

Saat berkeliling di taman ini kamu bisa melihat beragam ikan hias, satwa dan tumbuhan langka. Lokasinya berada di Desa Daya Murni, Kecamatan Tumi Jajar.

4. Wisata sambil belajar menanam

Tujuh Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat LampungInstagram.com/Kutaheriawan

Setelah berkeliling ke tempat wisata bersejarah yang ada di Tubaba jangan lupa mampir ke taman agro wisata. Di sini kamu bisa sekaligus belajar tentang budidaya tanaman dan buah-buahan lho.

Lokasinya sangat mudah dijangkau tidak jauh dari Islamic Centre. Tepatnya berada di Kompleks SMKN 01 Tulangbawang Tengah.

5. Tugu Rato Nago

Tujuh Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat LampungInstagram.com/kakak_zack

Patung tugu sepasang pengantin yang mengenakan pakaian adat Lampung memang menjadi ikon di setiap daerah yang ada di Lampung.

Di Tulang Bawang Barat, patung ini tak hanya berdiri di atas sebuah batu saja melainkan di atas kencana yang ditarik oleh dua naga putih.

Meski bukan tempat wisata tugu ini kerap menjadi lokasi swafoto bagi siapa saja yang melewatinya. Lokasinya juga berdekatan dengam islamic centre. Jadi sebelum sampai ke islamic centre kamu pasti melewatit tugu fenomenal ini.

6. Studio Tanoh Nughik

Tujuh Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat LampungStudio Tanoh Nughik Tubaba (Instagram.com/akuafrizal)

Tak hanya kerap melakukan pertunjukan seni, kini Tubaba telah menciptakan ruang-ruang kreativitas sebagai wadah para pegiat seni berkarya dan berkolaborasi.

Tubaba kini memiliki studio Keramik dan studio Patung. Keduanya diberi nama Studio Tanoh Nughik mendapat apresiasi langsung dari para seniman ternama di Indonesia.

Bangunan digagas Umar Ahmad itu berdiri di atas lahan 200 meter persegi dengan luas 173 meter persegi. Terbuat dari 80 ribu material bata merah, gaya arsitekturalnya menarik karena memiliki dua kubah seperti bentuk botol, dengan diameter 5 dan 6 meter dengan ketinggian sekira 9,5 meter.

Keunikan lain dari bangunan yang juga berkolaborasi dengan jebolan Kelas Seni Tubaba, Jainul Zinan adalah rekayasa cahaya.

Pemuda asli Tubaba ini membiarkan cahaya matahari masuk melalui lubang kubah yang dibiarkan terbuka (pada bagian atapnya hanya ditutup dengan kaca). Itu membuat kejatuhan cahaya pada lantai semen membentuk citra tersendiri.

7. Taman Asmoro

Tujuh Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat LampungInstagram.com/tamanasmorotubaba

Taman Asmoro Tubabar pengunjung bisa memakai kostum ala Korea yang disewakan Rp25 ribu untuk orang dewasa dan Rp20 ribu untuk anak-anak.

"Itu jadi salah satu daya tarik utama karena wisata di Tubabar belum ada yang menyewakan kostum seperti ini," ujarnya.

Selain itu wisata ini juga cocok dikunjungi bersama keluarga karena terdapat zona kelinci untuk anak-anak.

Banyak spot foto dengan background bunga warna-warni tentunya. Untuk tiket masuk di hari biasa Rp8 ribu. Kalau hari libur Rp10 ribu.

Kalau kamu berniat mengunjungi wisata satu ini alamatnya berada di Kagungan Ratu RK 6, Panaragan, Tulangbawang Barat atau bisa menggunakan Google Maps. Jangan lupa terapkan protokol kesehatan ya.

Baca Juga: 5 Tempat Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Tanggamus Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya