Comscore Tracker

Kapal Pinisi Starship Kini Berlayar, Siap Dongkrak Wisata Bahari Pesawaran

Wisatawan bisa nginap di kapal dan jelajah objek wisata, lho

Pesawaran, IDN Times - Guna mendongkrak sektor pariwisata bahari, Pemerintah Kabupaten Pesawaran berinovasi mengenalkan layanan terbaru Kapal Pinisi Starship. Pengenalan itu diresmikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona di Dermaga 4 Ketapang, Desa Batumenyan, Kecamatan Telukpandan, Rabu (19/1/2022) harapannya menjadi daya tarik wisata bahari baru di Teluk Ratai.

Dendi menyatakan bangga hadirnya kapal berasal dari daerah timur Indonesia ini. "Semoga kapal ini bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar Pesawaran. Kita doakan Kapal Starsip ini dapat melayani wisatawan yang efeknya bisa untuk kemajuan industri pariwisata di Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.

Baca Juga: Profil Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Berdayakan Masyarakat Desa

1. Berharap tumbuhkan multiplier effect

Kapal Pinisi Starship Kini Berlayar, Siap Dongkrak Wisata Bahari PesawaranKapal Pinisi Starship. (Instagram.com/starship.liveaboard).

Menurut Dendi, beroperasinya kapal Pinisi Starship bakal menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pesawaran. Itu lantaran, wisatawan dapat menginap di kapal dan berkeliling wisata bahari di kepulauan yang ada di kabupaten setempat.

Ia juga meminta agar pemilik kapal mengangkat desa wisata yang ada di sekitar Pesawaran. “Kita berharap kehadiran Kapal Pinisi Starship ini bisa menumbuhkan multiplier effect. Masyarakat di desa wisata bisa menikmati keuntungan dari kapal ini.” Bupati Dendi berharap.

Dendi menambahkan, merujuk komitmen dari pemilik kapal, Jimmy, bakal mampir di beberapa desa wisata. Itu merujuk pesanan dan kesepakatan dari wisatawan. “Saya juga yakin wisatawan yang datang ke Lampung akan semakin banyak untuk menikmati wisata di Pesawaran,” ujarnya.

Ia juga meminta  seluruh stakeholder seperti pemerintah daerah, biro perjalanan wisata, pemandu wisata, blogger, vlogger, influencer serta media bisa saling mendukung.  “Dengan pemberitaan-pemberitaan positif, di media sosial dan di media online, tentunya ini akan memperbanyak ketertarikan orang untuk mau ke Lampung. Khususnya untuk menikmati wisata di Pesawaran," harapnya.

2. Siapkan desa wisata

Kapal Pinisi Starship Kini Berlayar, Siap Dongkrak Wisata Bahari Pesawarandoc. pribadi

Pemkab Pesawaran terus mendukung pengembangan sektor pariwisata. Bukan hanya dalam wisata bahari, akan tetapi juga mendukung terciptanya tempat-tempat wisata yang di wilayah perdesaan. 

"Melalui dinas pariwisata, kami telah mempersiapkan desa-desa wisata. Jadinya wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan keberadaan wisata laut dan pantai saja," jelas Dendi.

Course Direktur Kapal Pinisi Starship, Adrian Putra Yohan mengatakan, peluncuran perjalanan wisata bahari ini sekaligus memperkenalkan destinasi yang ada di Kabupaten Pesawaran seperti Pulau Legundi, Pulau Wayang, dan Teluk Hantu. Objek wisata itu memiliki keindahan tidak kalah dari Pahawang.

"Antusiasme wisatawan terhadap kapal Pinisi Starship di Pesawaran ini cukup baik. Meskipun ini baru launching, tetapi sudah ada beberapa wisatawan yang memesan untuk menginap di kapal ini," katanya.

3. Tur dimulai dari Dermaga 4 Pelabuhan Ketapang

Kapal Pinisi Starship Kini Berlayar, Siap Dongkrak Wisata Bahari PesawaranBupati Pesawaran Dendi Ramadhona beserta istri berada di Kapal Pinisi Starship.diperkenalkan, Rabu (19/1/2022). (Instagram.com/starship.liveaboard).

Kepala Bidang Destinasi Wisata Kabupaten Pesawaran, Yudiana mengatakan, pengenalan destinasi bahari dan kepulauan ini dimulai dari Dermaga 4 Pelabuhan Ketapang, Desa Batumenyan, Kecamatan Telukpandan. Selanjutnya wisatawan diajak menjelajah objek wisata seperti Pulau Wayang dan Teluk Hantu.

Diketahui, kapal Pinisi Starship merupakan kapal tour wisata di wilayah kepulauan. “Kapal Pinisi Starship ini merupakan kapal baru ke depannya siap untuk mengantarkan para wisatawan yang akan melakukan touring wisata di wilayah kepulauan Pesawaran,” jelasnya.

Baca Juga: Pengin Liburan ke Pulau Mahitam? Simak Informasi Penting Ini Ya

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya