Comscore Tracker

Pulau Pisang Lampung: Biaya, Lokasi, dan Daya Tarik Bikin Betah!

Daya tarik ini sudah dicium oleh wisatawan mancanegara

Pesisir Barat, IDN Times - Pulau Pisang terletak di Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung punya daya tarik luar biasa. Wisatawan selain bisa menikmati keindahan alam, juga bisa bermain dengan hewan paling cerdas, yaitu lumba-lumba dan indahnya garis pantai.

Daya tarik ini sudah dicium oleh wisatawan mancanegara yang terbukti banyak ditemui di sini. Apalagi ada banyak potensi lainnya yang membuat wisatawan luar negeri tertarik mengunjungi tempat ini, seperti alamnya, budayanya, edukasi, hingga agrowisata.

Nah, apa saja daya tarik wisata Pulau Pisang hingga namanya sampai jauh terdengar di para pelancong mancanegara? Yuk simak ulasan berikut ini

1. Daya tarik Pulau Pisang

Pulau Pisang Lampung: Biaya, Lokasi, dan Daya Tarik Bikin Betah!Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung. (Instagram.com/@e.shotz).

Pulau kecil ini memiliki keindahan alam yang masih natural. Pesisir pantainya berupa pasir putih yang masih bersih dan berkilau. Ditambah nuansa indah terbentuk dari barisan kelapa yang mengelilingi pulau.

Suasananya masih terbilang sepi, dengan aktivitas yang tidak terlalu ramai. Ombaknya tidak terlalu besar, dan air laut yang memantulkan warna langit biru yang sangat jernih.

Di sisi pulau lainnya langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Di sisi ini tidak disarankan untuk berenang, karena ombaknya yang tinggi dan deras.

Ada sedikit bebatuan yang seakan menjadi pagar pantai, sehingga para wisatawan di sisi ini bisa dengan tenang bermain air, dan mandi. Bahkan tidak sedikit terlihat wisatawan mancanegara yang surfing dengan lincah.

Kamu yang hobi mancing, disini bisa menjadi tempat terbaik. Banyak sekali jenis dari ukuran kecil hingga besar bisa didapatkan dengan mudah.

Baca Juga: Pantai Sari Ringgung Pesawaran Lampung, Ada Masjid Terapung

2. Lumba-lumba siap sambut kapal wisatawan

Pulau Pisang Lampung: Biaya, Lokasi, dan Daya Tarik Bikin Betah!travelerien.com

Daya tarik utamanya adalah iringan ikan lumba-lumba yang seakan menyambut kapal para wisatawan. Lumba-lumba ini sering terlihat pada bulan Juni hingga Juli.

Kejernihan airnya bisa membuat siapapun bisa melihat kedalaman laut hingga 9 meter. Karena itu tidak sedikit yang diving ataupun snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.

Apalagi spesies ikannya sangat beragam, ditambah dengan terumbu karang yang masih alami dan terjaga.

Keindahan alam dari Pulau Pisang ini semakin lengkap dengan adanya agrowisata. Ada kebun cengkeh yang masih aktif meski sudah berumur ratusan tahun semenjak era penjajahan.

3. Fasilitas

Pulau Pisang Lampung: Biaya, Lokasi, dan Daya Tarik Bikin Betah!backpackerlampung.com

Disediakan pula homestay yang sangat nyaman dan terjangkau. Kamu bisa bermalam disini hanya dengan Rp 350 ribu saja.

Bahkan di sini juga banyak kegiatan masyarakat lokal dengan kekhasan budayanya. Ada banyak agenda budaya yang bisa kamu saksikan.

Untuk urusan kuliner, kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam jenis makanan khas Melayu. Mulai dari Sayur Kelor, Gulai Taboh, Serabi, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu bisa menyewa sepeda motor untuk berkeliling pulau. Uang sewanya cukup terjangkau, sekitar Rp 50 ribu saja selama satu hari penuh.

Dengan menyewa sepeda motor ini, kamu bisa mengunjungi setiap spot indah di pulau yang masih natural ini.

4. Lokasi

Pulau Pisang Lampung: Biaya, Lokasi, dan Daya Tarik Bikin Betah!ksmtour.com

Pulau nan eksotik ini berada di Kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Pulau ini berbatasan langsung dengan Lampung di sebelah barat, Samudra Hindia di sebelah Selatan, dan Pulau Sumatera di bagian utara dan timur.

Luas area Pulau Pisang sebesar 148,82 hektare, dengan penduduk lokal yang berbahasa Melayu.

Untuk akses menuju tempat ini bisa menggunakan angkutan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum bisa naik bus dari Bandar Lampung menuju Bengkulu.

Perjalanan akhir dari bus ini berada di Terminal Krui. Kamu bisa memilih dermaga Krui atau Tambata untuk melanjutkan perjalanan.

Selanjutnya naik kapal langsung ke Pulau Pisang dengan menyewa kapal sebesar Rp 250 ribu untuk satu kapal dengan daya tampung mencapai 12 orang. Sedangkan untuk biaya perjalannya mencapai Rp 500 ribu.

Waktu perjalanan laut ini cukup singkat hanya sekitar 1 jam saja. Sesampainya di Pulau Tidak ada tiket masuk. Setiap wisatawan hanya dibebankan biaya sewa dan perjalanan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun, kamu sebaiknya memilih kapal dari Krui yang jaraknya lebih jauh, namun menawarkan ikan lumba-lumba.

Itulah daya tarik dari pulau yang banyak orang ingin mengunjungi. Jadi, tentukan jadwal liburan kamu sekarang juga! 

Baca Juga: Pulau Tegal Mas Lampung, Pemandangan Bawah Laut Kece Abis!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya