Comscore Tracker

Pantai Kiluan Lampung, Surga Tersembunyi Segarkan Jiwa dan Raga

Pantai yang cocok bagi kamu ingin menenangkan pikiran

Tanggamus, IDN Times – Provinsi Lampung memiliki banyak surga tersembunyi dari beragam wisata pantai menarik untuk dikunjungi. Satu di antaranya adalah Pantai Kiluan, surga wisata bahari berlokasi di Kabupaten Tanggamus.

Pantai kiluan merupakan pantai yang cocok bagi kamu ingin menenangkan pikiran, menyegarkan jiwa dan raga dari padatnya aktivitas di kota. Di pandemik seperti sekarang ini, kamu tetap bisa berlibur dengan mematuhi protokol kesehatan, salah satunya di wisata bahari Pantai Kiluan ini.

Baca Juga: Liburan Privat di Pantai Arang Lampung, Bisa Pesta BBQ!

1. Legenda Pantai Kiluan

Pantai Kiluan Lampung, Surga Tersembunyi Segarkan Jiwa dan RagaTeluk Kiluan. Malahayati.ac.id

Legenda Pantai Kiluan tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan Pulau Kiluan di tengah teluk Kiluan itu sendiri. Legenda pantai berkaitan dengan kesaktian Raden Mas Arya. Raden Mas Arya adalah seorang pemuda sakti yang dapat mengetahui kapan ajalnya tiba.

Hal tersebut dimulai dari tantangan seseorang yang mengajaknya untuk berduel mengadu kesaktian yang dimilikinya. Raden Mas Arya mengatakan firasatnya ia akan kalah dan mati dalam pertempuran tersebut. Hal ini dikarenakan lawannya sudah mengetahui kelemahan yang dimiliki oleh Raden Mas Arya.

Sebelum melakukan pertarungan, Raden Mas Arya berpesan bahwa jika dirinya mati dalam pertempuran, ia ingin dimakamkan di Pulau Kiluan. Kemudian pada akhirnya firasat dari Raden Mas Arya benar terjadi ia mati dalam pertempuran. Kemudian jasadnya dimakamkan di Pulau Kiluan sesuai dengan pesannya sebelum meninggal.

Makam Raden Mas Arya berupa gundukan batu yang diletakkan di bukit Pulau Kiluan dan menjadi makam yang dikeramatkan warga sekitar.

2. Lokasi dan rute menuju Pantai Kiluan

Pantai Kiluan Lampung, Surga Tersembunyi Segarkan Jiwa dan RagaJarak antara kota Bandar Lampung menuju Teluk Kiluan via Google Maps

Pantai Kiluan berlokasi di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Indonesia. Rute menuju pantai ini cukup jauh dari Kota Bandar Lampung sekitar tiga sampai empat jam. Meski demikian, akses jalan yang ditempuh cukup mudah diakses oleh kendaraan apapun.

Terlebih akses jalan menuju pantai ini sudah memiliki jalan yang bagus dan beraspal. Meski demikian, kamu tetap akan menemukan berbagai jalan yang kurang bagus.

Lokasi pantai kiluan berada di ujung Lampung sehingga jika kamu berangkat dari Kota Bandar Lampung, titik awal keberangkatan melintas Jalan Laksamana RE Martadinata dan tiba di Jalan Raya Way Ratay dan masuk ke Jalan Pematang Awi kemudian tibalah kamu di Pantai Kiluan.

Gapura pantai kiluan berada di sebelah kiri, kamu perlu perhatikan hingga menemukan gapura tersebut.

3. Tiket masuk dan jam operasional

Pantai Kiluan Lampung, Surga Tersembunyi Segarkan Jiwa dan RagaTeluk Kiluan (instagram.com/telukkiluanlampung)

Untuk memasuki Pantai Kiluan, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja per orangnya. Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi maka kamu akan dikenakan biaya tambahan.

Menuju ke pantai dari titik pemberhentian kendaraan, pengunjung akan naik perahu dan dikenakan biaya

Jam operasional pantai kiluan adalah buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, jika kamu yang ingin melihat sunsite atau sunrise maka kamu bisa berkunjung lebih awal tanpa takut pantai belum dibuka. Namun sayangnya, akses jalan menuju pantai ini masih sangat minim penerangan sehingga sebaiknya datang ke pantai ini ketika matahari sudah terbit.

Baca Juga: Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat, Debur Ombak Eksotis dan Pasir Putih

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya