Comscore Tracker

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kamu Gak Kecanduan Pakai Smartphone

Kalau kecanduan dampaknya gak main-main, lho

Seiring berkembangnya teknologi aneka macam alat komunikasi pun bermunculan. Di zaman sudah serba canggih seperti sekarang rasa-rasanya hampir semua orang sudah beralih menggunakan ponsel pintar atau smartphone.

Smartphone memang memudahkan kita dalam berbagai hal. Namun, sisi negatifnya kita bisa jadi kecanduan.

Nah, supaya kamu gak kecanduan pakai smartphone ada baiknya untuk mencoba beberapa tips berikut ini. Kira-kira apa saja tips yang dimaksud? Cari tahu sama-sama aja, yuk!

1. Gak membuka smartphone setengah jam setelah bangun

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kamu Gak Kecanduan Pakai SmartphoneIlustrasi seorang pria bermain smartphone (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Dewasa ini banyak orang yang memilih untuk langsung membuka smartphone begitu mereka membuka mata. Kalau kamu termasuk yang sering melakukannya ubah kebiasaan ini pelan-pelan, yuk!

Beraktivitas lah terlebih dahulu seperti beribadah, olahraga, merapikan kamar baru setengah jam setelahnya buka smartphone kamu. Kebiasaan langsung membuka smartphone seusai bangun bisa berdampak pada kinerjamu selama seharian penuh, lho.

2. Matikan penggunaan data

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kamu Gak Kecanduan Pakai SmartphoneIlustrasi mode pesawat (Unsplash.com/Sten Ritterfeld)

Umumnya hampir semua smartphone punya fitur yang satu ini. Pengaturan dimana terdapat pilihan mana saja aplikasi yang kamu izinkan untuk berjalan saat kamu menggunakan WiFi ataupun paket data biasa.

Kamu bisa mengatur, nih aplikasi apa yang gak perlu kamu gunakan untuk di matikan saja. Sehingga meski kamu coba membukanya aplikasi itu gak akan berjalan karena izin akses penggunaan data sudah kamu matikan. Hal ini bila dilakukan lumayan membantu menghemat daya baterai smarphone juga, lho.

Baca Juga: Rumus Excel Sering Digunakan dalam Dunia Kerja, Sudah Tahu? 

3. Memblokir notifikasi

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kamu Gak Kecanduan Pakai SmartphoneIlustrasi notifikasi smartphone (Unsplash.com/Jamie Street)

Semisal kamu menginstall aplikasi seperti e-commerce kamu pasti paham, deh betapa menyebalkanya mereka mengirimimu notifikasi hampir setiap saat. Sehingga, mau gak mau kamu harus membuka smartphone atau bahkan tenggelam ke dalam e-commerce tersebut.

Asyik melihat ini itu sampai lupa waktu. Kalau kamu sudah di tahap yang kesal dengan notifikasi dari berbagai aplikasi termasuk e-commerce masuklah ke pengaturan smartphone kamu dan blokir saja notifikasinya. Sehingga, kamu gak akan menerima notifikasi lagi, deh.

4. Manfaatkan fitur pengaturan daya di smartphone kamu

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kamu Gak Kecanduan Pakai SmartphoneIlustrasi ikon matikan daya pada smartphone (Unsplash.com/Sten Ritterfeld)

Selain memanfaatkan alarm sebagai pengingat kapan kamu harus berhenti menggunakan smartphone. Sekarang ada juga, lho aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengatur kapan smartphone kamu akan dimatikan dayanya dan dinyalakan kembali.

Misalnya kamu mengatur setiap pukul 21.30 secara otomatis WiFi ataupun data seluler akan mati dan baru bisa nyala lagi pada pukul 06.00 keesokan harinya. Cara ini terbilang efektif karena seluruh data mati sehingga gak aka nada notifikasi yang masuk.

5. Jangan mainkan smartphone saat mode charging

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kamu Gak Kecanduan Pakai SmartphoneIlustrasi charging smartphone (Unsplash.com/Andreas Haslinger)

Biasanya kita hanya patuh terhadap metode ini selama 1 bulan pertama setelah kita membeli smartphone baru. Selebihnya kita selalu memainkan smartphone meski sedang kita charge.

Saat beberapa cara di atas cukup ekstrem buat kamu cara satu ini bisa kamu coba sebagai permulaan. Lama kelamaan kamu juga akan terbiasa, kok untuk gak selalu memainkan smartphone. Gak hanya membantu menghilangkan kecanduan tapi juga membuat smartphone kamu lebih awet.

Nah, demkian tadi beberapa tips supaya kamu gak kecanduan pakai smartphone. Simpel dan gampang  banget, dong pastinya? Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Nostalgia HP Jadul Paling Keren Era 2000-an, Kamu Pernah Punya?

Annisa Nur Fitriani Photo Community Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya