Comscore Tracker

Dispora Lampung Pasang Target Cabor Woodball Lolos PON XXI

Kejurda Woodball digelar 29-31 Maret 2022

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung menargetkan para atlet woodball Lampung bisa lolos dan tampil Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara (Sumur) 2024 mendatang.

Salah satu upayanya Dispora Provinsi Lampung bersama Indonesia Woodball Association (IWbA) Lampung menggelar Woodball Kejuaraan Daerah (Kejurda) Piala Gubernur di Stadion Pahoman. Kegiatan itu sekaligus rangkaian menyemarakkan Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung ke-58.

"Ini cara kita untuk mempersiapkan atlet-atlet (woodball), agar dapat berprestasi menuju PON 2024. Karena rencananya olahraga woodball akan masuk dalam pertandingan prestasi PON 2024 diadakan di Aceh dan Sumut," ujar Plt Kepala Dispora Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Hadiah Puluhan Juta Rupiah, Ini Juara Turnamen Tenis Bupati Cup 2022

1. Kejuaraan berlangsung 29-31 Maret 2022

Dispora Lampung Pasang Target Cabor Woodball Lolos PON XXIDispora Provinsi Lampung menargetkan para atlet woodball Lampung bisa lolos dan tampil pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI

Sebagai salah satu cabang olahraga urung dilaksanakan pada PON Papua lalu, Descatama menyebutkan, ajang PON mendatang merupakan momentum guna Provinsi Lampung bisa mengukir sejarah baru di kompetisi tingkat nasional tersebut.

Oleh karenanya, Kejurda Woodball akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan tepatnya 29-31 Maret 2022 ini juga bakal dimanfaatkan untuk menjaring atlet-atlet berprestasi.

"Bertepatan hari jadi Provinsi Lampung ini, tentu kami juga berharap bisa mendapatkan bibit-bibit pada cabor Woodball mampu bertanding di kancah nasional nantinya," imbuh Descatama.

2. Diikuti 130 peserta

Dispora Lampung Pasang Target Cabor Woodball Lolos PON XXIDispora Provinsi Lampung menargetkan para atlet woodball Lampung bisa lolos dan tampil pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI

Lebih lanjut Descatama menjelaskan, keterlibatan peserta dalam Kejurda Woodball kali ini diikuti sebanyak 130 orang. Mereka merupakan atlet tersebar di 15 kabupaten/kota Provinsi Lampung.

Selain itu, ia berharap kegiatan ini mampu menjadi ajang sosialisasi hingga kian menumbuhkan minat masyarakat Provinsi Lampung terhadap cabang olahraga Woodball.

"Peserta ada dari sipil, tapi juga banyak dari unsur TNI, sebab olahraga ini juga membutuhkan fisik cukup kuat. Untuk hadiah kami menyiapkan uang pembinaan hingga piala gubernur bergilir," imbuh dia.

3. Pentingnya sosialisasi olahraga Woodball

Dispora Lampung Pasang Target Cabor Woodball Lolos PON XXIIDN Times/Istimewa

Kasi Personalia Korem 043/Garuda Hitam (Gatam), Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi mengatakan, kegiatan serupa perlu dilakukan secara masif, mengingat woodball merupakan olahraga tergolong baru hingga perlu dikenalkan ke masyarakat luas.

Menurutnya, kejuaraan ini adalah wadah dapat dijadikan untuk meningkatkan kompetisi antar atlet hingga menggalakan minat masyarakat terhadap olahraga Woodball.

"Kita juga sengaja menghadirkan anak sekolah untuk bisa mengikuti Piala Gubernur Cup ini, sehingga diharapkan olah raga woodball dapat dikenal dan lebih banyak yang tertarik lagi," tandasnya, mewakili Danrem 043/Gatam, Kolonel Inf Ruslan Effendi, selaku Pembinaan IWbA Lampung.

Baca Juga: Back to Back! The Pillars Rajai Mobile Legends Piala Gubernur Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya