ITERA Punya Lapangan Petanque Pertama di Lampung, Standar Nasional

Menunjang aktivitas olahraga mahasiswa

Intinya Sih...

  • Institut Teknologi Sumatera (ITERA) memiliki Lapangan Petanque pertama di Lampung, berstandar nasional
  • Petanque merupakan olahraga baru di Indonesia, menjadi salah satu cabang olahraga dalam perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Petanque ITERA telah mencatat sejumlah prestasi membanggakan, termasuk masuknya ke dalam 64 besar dalam turnamen internasional Petanque Triple Open

Bandar Lampung, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kini memiliki Lapangan Petanque pertama di Lampung, berstandar nasional. Lapangan berukuran 32 x 15 meter 4 line itu menjadi tempat penting bagi pecinta dan pemain petanque di Bumi Ruwa Jurai.

Lapangan tersebut juga sangat menunjang aktivitas olahraga mahasiswa tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Petanque ITERA, dibentuk pada Februari 2023.

Berikut IDN Times rangkum apa itu olahraga Petanque dan sederet prestasi telah diraih mahasiswa ITERA dalam cabang olahraga tersebut.

Baca Juga: Cerita Natasya Alumni ITERA Raih Beasiswa S2 Kementrian Malaysia

1. Apa itu olahraga Petanque?

ITERA Punya Lapangan Petanque Pertama di Lampung, Standar NasionalOlahraga Petanque (dok.Diamond Documentary Sport)

Boy Sembaba Tarigan selaku pembina UKM menjelaskan, Petanque merupakan salah satu jenis olahraga asal Prancis. Olahraga ini baru masuk ke Indonesia pada 2017 lalu. Petanque merupakan olahraga menyerupai dengan permainan kelereng namun memiliki bentuk lebih besar.

Menurutnya, Petanque menjadi salah satu cabang olahraga dalam perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja. Cabang olahraga ini telah dipertandingkan dalam pesta olahraga Asia Tenggara sejak 2013 di Myanmar.

2. Capaian prestasi mahasiswa ITERA dalam olahraga Petanque

ITERA Punya Lapangan Petanque Pertama di Lampung, Standar NasionalInstitut Teknologi Sumatera (ITERA) kini memiliki Lapangan Petanque pertama di Lampung, berstandar nasional (Dok.Humas ITERA)

Disampaikan Boy, Unit Kegiatan Mahasiswa Petanque ITERA telah menandai kehadiran berkualitasnya dalam dunia olahraga. Meski belum lama terbentuk, Petanque ITERA telah menorehkan sejumlah prestasi  membanggakan. Di antaranya, berhasil memperoleh 1 medali emas dan 1 medali perunggu dalam ajang exhibition olahraga petanque tingkat universitas se-provinsi Lampung.

Tak hanya itu, keikutsertaan dengan mengirimkan 4 delegasi mewakili Provinsi Lampung dalam Pra-PON cabang olahraga petanque di Bali menunjukkan potensi dan kualitas yang dimiliki oleh UKM Petanque ITERA.

3. Terlibat dalam kepengurusan tingkat provinsi

ITERA Punya Lapangan Petanque Pertama di Lampung, Standar NasionalIlustrasi permainan petanque (unsplash.com/Michał Parzuchowski)

Pencapaian lainnya tak bisa diabaikan adalah masuknya Petanque ITERA ke dalam 64 besar dalam turnamen internasional Petanque Triple Open  diselenggarakan di Surabaya. Ini menjadi tonggak prestasi  menegaskan kompetensi dan ketangguhan tim dalam berebut posisi di tingkat internasional.

Tak hanya dalam level kompetisi, akan tetapi juga di ranah pengembangan olahraga, Petanque ITERA telah menyumbangkan satu anggotanya sebagai pengurus Petanque Provinsi Lampung.

"Hal ini membuktikan kontribusi aktif yang diberikan oleh UKM ini dalam memajukan olahraga petanque tidak hanya di lingkungan kampus, tetapi juga di tingkat provinsi," kata Boy.

4. Petanque ITERA menunjukkan potensi besar meraih prestasi

ITERA Punya Lapangan Petanque Pertama di Lampung, Standar NasionalIlustrasi olahraga petanque (pixabay.com/caropat)

Boy menyampaikan terima kasih kepada ITERA atas dukungannya yang telah memberikan wadah bagi terbentuknya UKM Petanque ini. Dengan serangkaian prestasi dan kontribusi telah diukir dalam waktu singkat, Petanque ITERA menunjukkan potensi besar dalam meraih prestasi yang lebih tinggi di masa depan.

Boy menambahkan, keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan dedikasi dan kerja keras tim, tetapi juga sebagai bukti nyata bahwa Lampung memiliki potensi besar dalam dunia olahraga petanque.

“Semoga prestasi yang telah diraih menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Lampung di panggung olahraga nasional dan internasional,” ujar Boy. 

Baca Juga: ITERA Tawarkan Konsep Kota Aerotropolis di Provinsi Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya