Comscore Tracker

Warek Unila Yulianto Akui Praktik Mahasiswa Titipan Sudah Sejak Lama

JPU sempat ingatkan saksi berkata jujur

Bandar Lampung, IDN Times - Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lampung (Unila), Prof Yulianto mengamini praktik mahasiswa titipan sudah terjadi di lingkungan kampus setempat.

Pengakuan itu terungkap saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Agung Satrio Wibowo membacakan isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) milik saksi Prof Yulianto. Itu dalam sidang pemeriksaan saksi korupsi suap penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unila untuk terdakwa Andi Desfiandi di PN Tipikor Tanjungkarang, Rabu (24/11/2022).

JPU terpaksa membacakan BAP saksi Prof Yulianto, lantaran saksi sempat berdalih tidak mengetahui praktik titip menitip calon mahasiswa, agar dimuluskan langkah masuk Unila.

"Iya sepengetahuan saya, sudah lama dilakukan titipan ini. Ini berdasarkan keterangan saudara di BAP," ujar Agung.

Lebih dari itu, jaksa turut mengingatkan saksi agar dapat berkata jujur dalam menjawab setiap pertanyaan diajukan JPU. Pasalnya, keterangan palsu disampaikan di meja peradangan terdapat saksi pidana hukum.

"Coba tolong dijawab yang benar, selama tahun 2022 saudara saksi sudah menerima berapa mahasiswa titipan?" cecar kembali JPU.

"Ada 4 orang, untuk jurusan FKIP 2 (mahasiswa), Fisip 1, dan hukum 1. Titipan itu minta tolong agar bisa lulus, jadi saya serahkan ke masing-masing dekan. Namun kelulusan terakhir di tangan rektor," jawab saksi.

Prof Yulianto diketahui merupakan salah satu dari enam saksi dihadirkan JPU ke persidangan. Lima saksi lainnya yaitu Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Tjitjik Sri Tjahjandarie; Fatah Sulaiman, selaku Panitia untuk Penerimaan Mahasiswa Mandiri BKN PT-Barat sekaligus Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta); dan Nizamuddin, Dosen Universitas Syiah Kuala selaku Pelaksana Teknis Penerimaan Mandiri.

Kemudian Prof Dyah Wulan Wardani, merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Unila, dan Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat, Budi Sutomo.

Baca Juga: Korupsi Unila, Kemendikbud Tampik Praktik Mahasiswa Titipan via SBMPTN

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya