Comscore Tracker

Sutono Resmi Jabat Sekretaris DPD PDIP Lampung, Gantikan Mingrum Gumay

SK dibacakan langsung di Kantor DPD PDIP Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Lampung resmi membacakan Surat Keputusan (SK) Sutono, sebagai Sekretaris DPD PDIP Provinsi Lampung. Keputusan itu menggantikan pejabat sebelumnya, Mingrum Gumay.

Pembacaan SK pengesahan Sutono tersebut dilakukan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPD PDIP Provinsi Lampung, di Kantor DPD PDIP setempat, Jalan Soekarno Hatta, Hajimena, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (27/11/2021).

"Ini saya tidak tahu apa-apa, tapi yang kini ditugaskan melanjutkan kepemimpinan Bang Mingrum. Ini agenda hari pertama saya sebagai Sekretaris DPD PDIP Lampung," ujar Sutono.

1. Kewenangan penuh berada di DPP PDIP

Sutono Resmi Jabat Sekretaris DPD PDIP Lampung, Gantikan Mingrum GumayKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers usai pengukuhan dirinya sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024 dalam Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019). Megawati Soekarnoputri terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sutono menyampaikan, SK tersebut dibacakan oleh Mingrum Gumay. Itu disaksikan langsung Ketua Sudin. Kemudian SK kini masih akan berada di kantor sekretariat daerah.

Menurutnya, keputusan itu merupakan kewenangan penuh DPP PDIP untuk memberikan tugas baru kepada setiap kadernya. Meski pun berat, ia mengaku telah siap melaksanakan dan melanjutkan tugas Mingrum.

"Dengar kabar SK dibacakan kemarin, saya langsung mengucapkan innalillahi wainnailaihi rojiun. Ketua bilang, kalau ini harus tetap dilaksanakan, jadi ya saya harus siap," imbuh Sutono.

2. Tidak ada pembahasan khusus di internal partai

Sutono Resmi Jabat Sekretaris DPD PDIP Lampung, Gantikan Mingrum Gumay(Ilustrasi PDI Perjuangan) IDN Times/Margith Juita Damanik

Dengan adanya penyegaran di pengurusan DPD PDIP Lampung ini, Sutono menambahkan sebelumnya internal parti tidak melakukan pembahasan secara spesifik terkait tongkat estafet jabatan sekretaris di pengurus daerah.

"Pada intinya, Ini langsung dari pusat. Ini amanah yang sangat berat dan tentu saya perlu adaptasi. Bismillah kita harus siap menjalankannya," ucap dia.

3. Posisi Mingrum belum diketahui

Sutono Resmi Jabat Sekretaris DPD PDIP Lampung, Gantikan Mingrum GumayUnsplash/Cytonn Photoghrapy

Terkait posisi bakal ditempatin Mingrum Gumay di struktur kepengurusan partai, Sutono menyebut belum mengetahui persis hal tersebut. Pasalnya, keputusan masih berada di DPP PDIP.

"Iya karena saat pembacaan SK tidak dibacakan apa jabatan bang Mingrum dan hanya jabatan pada sekretaris saja," tandas dia.

Baca Juga: Eks Wali Kota Herman HN, Dulu PDIP Sekarang Ketua NasDem Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya