Robek dan Berlubang, 10 Ribu Surat Suara Pemilu 2024 di Lampung Rusak

Penyortiran dan pelipatan surat suara sudah 90,79 persen

Intinya Sih...

  • Penyortiran dan pelipatan surat suara mencapai 90,79 persen
  • 10.520 surat suara rusak ditemukan di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung
  • Bawaslu menyatakan keberhasilan tahapan logistik Pemilu 2024 di Provinsi Lampung tanpa indikasi pelanggaran

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 10.520 surat suara tersebar di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung ditemukan dalam kondisi rusak. Pencatatan ini hasil rekapitulasi pengawasan tahapan logistik oleh Bawaslu Provinsi Lampung sampai dengan 10 Januari 2024.

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P Panggar mengatakan, temuan puluhan ribu surat suara rusak itu dari kegiatan penyortiran dan pelipatan 26.767.918 surat suara telah dinyatakan kategori baik.

"Surat suara Pemilu 2024 dengan jumlah kebutuhan Lampung sebanyak 32.402.659. Penyortiran dan pelibatan telah dilakukan dengan kategori baik sebanyak 26.767.918, sedangkan rusak 10.520 yang tersebar di 15 kabupaten/kota," ujarnya kepada IDN Times, Jumat (12/1/2024).

1. Pengawasan logistik tahap pertama Lampung tidak ditemukan indikasi pelanggaran

Robek dan Berlubang, 10 Ribu Surat Suara Pemilu 2024 di Lampung RusakPotret pengawasan logistik Bawaslu Provinsi Lampung. (Dok. Bawaslu Lampung).

Dalam kegiatan pengawasan logistik Pemilu 2024, Iskardo mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan fisik terhadap berbagai barang logistik seperti kotak suara, bilik suara, lem atau peretak, ballpoint, spidol kecil dan besar, bantalan coblos, paku dan benang, karet, dan kantong plastik ziplock.

Termasuk plastik selongsong, plastik besar sedang kecil, karet gelang, ID card, lebel identitas, surat suara, dan barang logistik lain-lainnya.

"Berdasarkan hasil pengawasan tahapan pertama pada logistik Pemilu 2024 untuk Provinsi Lampung, dapat dianggap sukses dan transparan. Artinya, tidak ditemukan indikasi pelanggaran," kata dia.

2. Belum ditemukan surat suara rusak akibat tercoblos

Robek dan Berlubang, 10 Ribu Surat Suara Pemilu 2024 di Lampung RusakPotret pengawasan logistik Bawaslu Provinsi Lampung. (Dok. Bawaslu Lampung).

Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Kordiv SDM dan Organisasi, Imam Bukhori menambahkan, kategori kerusakan pada puluhan ribu surat suara itu beragam mulai dari terkena tumpahan logistik tinta, robek pada bagian tertentu dikarenakan menempel lakban saat hendak dibuka.

Kemudian ditemukan surat suara berlubang di bagian tengah lipatan. Meski demikian, ia memastikan kerusakan terjadi sejauh ini belum ditemukan akibat surat suara telah tercoblos.

"Inidkasi kerusakan, ada yang sudah dalam kategori rusak dari perusahaan seperti terkena tinta, ada yang saat membuka kardus dan bungkus plastiknya serta isolasi menempel di surat suara hingga saat dilepas isolasinya kertas surat suara robek," pungkasnya.

Seiring dengan temuan kerusakan puluhan ribu surat suara ini, ia menyebut, langkah awal pihaknya tentu melaporkan hasil pengawasan itu kita ke Bawaslu RI. "Untuk yang masuk dalam kategori rusak, maka sudah pasti akan diganti sesuai jumlah yang kerusakan," tambah dia.

Baca Juga: Kaleidoskop Lampung 2023, Peristiwa Viral Awbimax hingga Komika Aulia

3. Penyortiran dan pelipatan surat suara di Lampung sudah 90,79 persen

Robek dan Berlubang, 10 Ribu Surat Suara Pemilu 2024 di Lampung RusakAktivitas peliputan surat suara di gudang KPU Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menanggapi hasil temuan pengawasan 10.520 surat suara rusak tersebut, Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami mengatakan, kegiatan pelipatan dan penyortiran surat suara hingga detik ini masih berproses, hingga kemungkinan jumlah kerusakan masih dapat berkurang.

"Jumlah itu bisa saja berkurang, karena belum selesai pekerjaan sortir lipatnya, nanti paling lambat 14 Januari baru ada data finalnya," katanya.

Dari data KPU Provinsi Lampung per 11 Januari 2024, ia menginformasikan, pihaknya telah menerima 100 persen kebutuhan di Lampung sebanyak 33.404.880 surat suara, 129.583 kotak surat. Itu dikerjakan melibatkan petugas sortir, lipat, setting, checking, packing di seluruh kabupaten/kota sebanyak 3.849 orang.

"Perkembangan jumlah surat suara selesai sortir dan lipat total se-provinsi ada 30.328.922 lembar, atau sudah mencapai 90,79 persen, dari jumlah surat telah diterima 33.404.880 lembar," lanjutnya.

4. Polda Lampung turun tangan pastikan keamanan gudang logistik KPU

Robek dan Berlubang, 10 Ribu Surat Suara Pemilu 2024 di Lampung RusakKaro Ops Polda lampung Kombes Pol Ardiansyah Daulay bersama Dir Intel Polda Lampung Kombes Pol Nowo Hadi Nugroho melaksanakan pengecekan ke gudang logistik KPU. (IDN Times/Istimewa).

Terkait urusan pengamanan, Karo Ops Polda Lampung, Kombes Pol Ardiansyah Daulay, mengatakan, jajaran kepolisian daerah setempat rutin melakukan kegiatan pengecekan ke gudang-gudang logistik KPU. Menurutnya, pengecekan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya memastikan keamanan logistik bakal dipergunakan dalam proses Pemilu 2024 dalam waktu dekat.

"Kami sangat mengutamakan keamanan logistik Pemilu di wilayah Provinsi Lampung. Ini merupakan tanggung jawab bersama untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan aman,” imbuhnya.

Lebih dari itu, petugas disebut turut memastikan gudang logistik dipergunakan bebas dari potensi kerawanan keamanan. "Kita harus bekerja sama untuk menjaga integritas dan keamanan dalam pelaksanaan Pemilu,” ujarnya.

5. Pengecekan rutin gudang sebagai upaya preventif

Robek dan Berlubang, 10 Ribu Surat Suara Pemilu 2024 di Lampung RusakPenampakan kotak suara di gudang KPU Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ardiansyah menegaskan, Polda Lampung dan jajaran terus berkomitmen memberikan pengamanan secara maksimal terhadap logistik Pemilu 2024. Tentunya, kegiatan itu bersinergi dengan KPU guna menjaga keamanan dan keutuhan logistik.

Kata dia, pengecekan gudang logistik ini juga dianggap sebagai langkah preventif untuk menghindari potensi masalah dapat muncul selama proses distribusi logistik.

"Keamanan logistik menjadi prioritas utama demi terciptanya Pemilu yang aman, damai dan kondusif. Kesiapan pihak kepolisian, khususnya Polda Lampung adalah dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilu aman dan kondusif," tandas dia.

Baca Juga: Kian Menjamur Pasca COVID-19, Kafe di Lampung jadi Usaha Menjanjikan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya