Ribuan Penumpang Bandara Radin Inten Melintas di Awal Periode Nataru

Ketepatan waktu penerbangan pesawat 84 persen

Intinya Sih...

  • Pergerakan penumpang di Bandara Radin Inten II meningkat 47% pada periode awal Nataru 2023/2024.
  • Ketepatan waktu penerbangan pesawat mencapai 84% selama tiga hari pelaksanaan angkutan Nataru.
  • Bandara Radin Inten II membuka Posko Terpadu dan menghadirkan kegiatan menghibur penumpang pesawat untuk menjaga kelancaran pelayanan.

Lampung Selatan, IDN Times - Ribuan penumpang Bandar Radin Inten II telah melintas memasuki awal periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Aktivitas peningkatan pergerakan penumpang tercatat meningkat puluhan persen, dibandingkan periode awal Nataru tahun lalu.

Periode angkutan Nataru Bandara Radin Inten II diketahui telah ditetapkan mulai 18 Desember 2023 sampai dengan 4 Januari 2024 mendatang.

"Total pada tiga hari pelaksanaan angkutan Nataru (18-20 Desember 2023), pergerakan penumpang mencapai 8.537 orang atau meningkat sekitar 47 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," ujar Executive General Manager Bandara Radin Inten II, Untung Basuki saat dimintai keterangan, Sabtu (23/12/2023).

Baca Juga: Sambut Nataru 2024, Bandara Radin Inten II Sediakan 3.080 Slot Time

1. Catat ketepatan waktu penerbangan pesawat 84 persen di tengah peningkatan penumpang

Ribuan Penumpang Bandara Radin Inten Melintas di Awal Periode NataruIlustrasi aktivitas penerbangan di Bandara Radin Inten II, Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Berkaca dari pencatatan tersebut, Untung Basuki mengatakan, jumlah penerbangan di Bandara Radin Inten II pada awal-awal pelaksanaan angkutan Nataru terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yakni, mencapai 52 penerbangan.

Namun tetap, pihaknya bersama stakeholder terkait akan berupaya mengakomodir tingginya permintaaan penerbangan pada periode Nataru kali ini, dengan memberikan pelayanan dan pengelolaan maksimal.

"Selama tiga hari awal pelaksanaan ini, kami mampu menjaga pelayanan kepada penumpang. Penerbangan juga berjalan lancar, dengan tingkat ketepatan waktu penerbangan pesawat 84 persen. Kami akan berupaya untuk selalu meningkatkan OTP (on time performance) ini,” imbuh Untung Basuki.

2. Buka Posko Terpadu mengolah data dan laporan secara real time

Ribuan Penumpang Bandara Radin Inten Melintas di Awal Periode NataruPenampakan Pos Terpadu di Bandara Radin Inten II. (Dok. Bandara Radin Inten II).

Lebih lanjut guna menjaga pelayanan dan operasional di periode peak season kali ini, Untung Basuki menyampaikan, Bandara Radin Inten II membuka Posko Terpadu di area selasar terminal. Itu sebagai wadah koordinasi bagi seluruh stakeholder bandara.

Dikatakan, para petugas di posko itu akan mengolah data dan laporan secara real time untuk menjadi dasar dalam mengambil kebijakan secara cepat, guna memastikan kelancaran pelayanan dan operasional penerbangan dengan menjaga tingkat ketepatan waktu hingga aspek lain-lainnya.

"Para personel Bandara Radin Inten II juga memastikan, agar titik-titik yang dilalui penumpang pesawat saat di bandara dapat memberikan pelayanan terbaik. Ini upaya kami, supaya penumpang mendapat kesan baik di bandara saat melakukan perjalanan berlibur,” katanya.

3. Hadirkan kegiatan menghibur di bandara

Ribuan Penumpang Bandara Radin Inten Melintas di Awal Periode NataruBandar Udara Radin Intan II (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Di tengah tingginya jumlah penumpang, Untung Basuki menyampaikan, Bandara Radin Inten II juga menghadirkan berbagai kegiatan menghibur para penumpang pesawat. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara bandara dengan berbagai pihak.

Tujuannya, supaya penumpang pesawat via bandara setempat dapat mulai merasakan kesan dan suasana liburan sejak di bandara, sebelum akhirnya tiba ke destinasi wisata ditujuan.

"Berbagai even digelar di Bandara Radin Inten II seperti kegiatan Customer Activation, dengan menyediakan ratusan hampers dan souvenir berupa cokelat. Ini nantinya akan diberikan gratis kepada penumpang seperti telah dilaksanakan pada peringatan Hari Ibu kemarin, lalu nanti di Hari Raya Natal dan Tahun baru,” tandasnya.

Baca Juga: Libur Nataru Penumpang Bandara Radin Inten Diprediksi Naik 39 Persen

Baca Juga: Sambut Nataru 2024, Bandara Radin Inten II Sediakan 3.080 Slot Time

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya