Rakerda DPD PDIP Lampung, Optimis Cetak Hatrick Menang Pemilu 2024

Target posisi kepala daerah di atas 50 persen

Bandar Lampung, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menargetkan mencetak hatrick alias tiga kali menang kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Target kemenangan tersebut diusung dari semua lini pemilihan mulai dari Pileg, Pilkada, hingga Pilpres.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pengan, Pertanian, Kehutanan, dan Lingkungan Hidup, I Made Urip mengatakan, target kemenangan itu harus direalisasikan dengan peningkatan capaian perolehan suara minimal 1-2 persen di setiap daerah pemilihan (Dapil) dibanding Pemilu 2019 lalu.

"Sesuai pesan Ibu Ketua Umum, maka setiap Dapil harus lebih baik, karena kerja konkrit itu di Dapil. Mulai dari menggarap petani, nelayan, pekebun, hingga UMKM. Sebab setiap suara penting bagi kita, untuk meningkatkan elektabilitas partai," ujarnya usai pembukaan Rakerda III DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung di Hotel Sheraton, Jumat (2/9/2022).

Baca Juga: Sambangi Lampung Konsolidasi Internal, Kader PDIP Pekik Puan Presiden

1. Pengusungan calon Pilpres hak prerogatif Ketum PDIP

Rakerda DPD PDIP Lampung, Optimis Cetak Hatrick Menang Pemilu 2024Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Terkhusus pengusungan pencalonan presiden dari PDI Perjuangan di 2024, I Made menyampaikan, keputusan itu sepenuhnya merupakan hak prerogatif Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, sesuai hasil kesepakatan Rakernas pada Juni 2022 lalu.

Meski demikian, ia tak menampik sejauh ini ada banyak kader partai mendukung Ketua DPR RI, Puan Maharani untuk maju sebagai calon presiden dari partai berlambang banteng tersebut.

"Kembali lagi, nanti seluruh kader partai harus mendengarkan hak prerogatif Ibu Ketum. Doa tadi (Puan Maharani maju Pilpres), ini proses demokrasi sebagai aspirasi para kader, tapi tetap keputusan final ada di ibu Ketum," imbuhnya.

2. Target DPD PDIP 2024

Rakerda DPD PDIP Lampung, Optimis Cetak Hatrick Menang Pemilu 2024Rakerda III DPD PDIP Provinsi Lampung di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Menanggapi target Pemilu 2024 tersebut, Ketua DPD PDIP Provinsi Lampung, Sudin mengatakan, sesuai arahan partai, pihaknya mematok di atas 50 persen keterisian kepala daerah di 15 kabupaten/kota. Mengingat, kini PDIP telah memiliki 5 Bupati/Walikota di Lampung.

Sementara untuk kursi di tingkat DPR RI, DPD PDIP setempat optimis mampu menempatkan hingga 7 anggota legislatif dari 2 Dapil di Provinsi Lampung. Kemudian untuk kursi legislatif untuk tingkat daerah alias DPRD Provinsi mencapai 22 kursi.

"DPRD Provinsi sekarang kami sudah ada 19 kursi, targetkan wajib 22 kursi. Kemudian kabupaten/kota misalnya Lampung Selatan dari 9, kami sudah berkoordinasi minimal wajib dapat 13-14 kursi. Kami akan meningkatkan konsolidasi lebih keras lagi, sesuai arahan," imbuhnya.

3. Ingatkan DPC tak main-main tentukan caleg

Rakerda DPD PDIP Lampung, Optimis Cetak Hatrick Menang Pemilu 2024Rakerda III DPD PDIP Provinsi Lampung di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sudin juga menegaskan, masing-masing DPC PDIP di Provinsi Lampung untuk tidak main-main menentukan posisi calon legislatif (Caleg). Menurutnya, semua pihak harus serius melaksanakan proses penjaringan bakal calon legislatif (Bacaleg) mendatang.

"Ketua DPC tidak tentu di posisi teratas dan wajib jadi (anggota dewan), sehingga di bawahnya di pasang abal-abal. Saya akan laporkan ke DPP," tandas dia.

Baca Juga: Ditanya Target Koalisi PDIP, Puan Maharani: Gak Usah Cepat-cepat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya