Puncak Arus Nataru di Bandara Radin Inten Ternyata Terjadi H-2 Natal

Ada 23.308 pergerakan penumpang sejak 18-25 Desember 2023

Intinya Sih...

  • Ada 23.308 pergerakan penumpang sejak 18-25 Desember 2023
  • Angkasa Pura II menaungi 20 bandara, termasuk Bandara Radin Inten II yang mengalami kenaikan aktivitas selama Nataru
  • Puncak arus Nataru terjadi pada 23 Desember 2023 dengan 3.470 pergerakan penumpang dan 21 pergerakan pesawat

Lampung Selatan, IDN Times - Sebanyak 23.308 pergerakan penumpang Bandara Radin Inten II tercatat selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 mulai 18-25 Desember 2023. Aktivitas itu mengalami kenaikan 18 persen dibandingkan rata-rata harian sepanjang 2023.

Angkasa Pura II diketahui menaungi 20 bandara, termasuk Bandara Radin Inten II telah menetapkan periode angkutan Nataru 2023/2023 dimulai 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.

"Pelaksanaan angkutan Nataru hingga Senin 25 Desember 2023 kemarin terpantau cukup tinggi, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tercatat ada 23.308 pergerakan penumpang sejak 18 Desember sampai dengan kemarin," ujar EGM Bandara Radin Inten II, Untung Basuki saat dimintai keterangan, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: Libur Nataru Penumpang Bandara Radin Inten Diprediksi Naik 39 Persen

1. Puncak arus Nataru terjadi H-2 Natal 2023

Puncak Arus Nataru di Bandara Radin Inten Ternyata Terjadi H-2 NatalIlustrasi penumpang Bandara Raden Intan II Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sejalan peningkatan pergerakan penumpang tersebut, Untung Basuki melanjutkan, pihaknya juga mencatat sebanyak 158 pergerakan pesawat di Bandara Radin Inten II dalam kurun waktu periode pemantauan serupa.

Rekapitulasi pendataan itu menunjukkan puncak arus Nataru sejauh ini terjadi pada Sabtu 23 Desember 2023, dengan 3.470 pergerakan penumpang dan 21 pergerakan pesawat.

"Alhamdulillah, kami bisa mengelola dengan baik permintaan tersebut. Jumlah penumpang serta penerbangan cukup tinggi ini. Bandara Radin Inten II bersama seluruh stakeholder dapat memastikan operasional dan layanan berjalan dengan lancar," ucapnya.

2. Ketepatan waktu penerbangan pesawat di angka 84 persen

Puncak Arus Nataru di Bandara Radin Inten Ternyata Terjadi H-2 NatalBandar Udara Radin Intan II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Disampaikan Untung Basuki, sejak 18 Desember 2023 sampai saat ini pelaksanaan angkutan Nataru di Bandara Radin Inten II melibatkan petugas bandara bersama maskapai, ground handling, dan stakeholder lainnya mampu menjaga pelayanan kepada penumpang.

"Penerbangan berjalan lancar, dengan tingkat OTP (on time performance) atau ketepatan waktu penerbangan pesawat ada pada 84 persen. Kami akan berupaya untuk selalu meningkatkan OTP ini,” katanya.

Oleh karena guna menjaga pelayanan dan operasional di periode peak season kali ini, Bandara Radin Inten II membuka Posko Terpadu di area selasar terminal. Posko ini disebut sebagai wadah koordinasi bagi seluruh stakeholder bandara.

"Stakeholder di posko akan mengolah data dan laporan secara real time, untuk menjadi dasar pengambilan kebijakan secara cepat hingga memastikan kelancaran pelayanan dan operasional penerbangan dengan menjaga tingkat OTP dan aspek lainnya," sambung Untung.

3. Tempatkan personel di titik-titik dilalui penumpang

Puncak Arus Nataru di Bandara Radin Inten Ternyata Terjadi H-2 NatalPenampakan Pos Terpadu di Bandara Radin Inten II. (Dok. Bandara Radin Inten II).

Dalam upaya memberikan pelayanan lainnya, Untung Basuki menambahkan, personel Bandara Radin Inten II juga memastikan agar titik-titik dilalui penumpang pesawat saat di bandara dapat memberikan pelayanan terbaik.

Sejumlah titik dimaksud meliputi pelayanan dan kelancaran mulai dari lokasi drop off, check in area, security check point, boarding lounge, hingga fasilitas-fasilitas umum.

"Kami berupaya agar penumpang mendapat kesan yang baik di bandara saat mereka melakukan perjalanan untuk berlibur,” imbuh dia.

4. Beri sajian kegiatan menarik

Puncak Arus Nataru di Bandara Radin Inten Ternyata Terjadi H-2 NatalBandara Raden Intan II Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Di tengah tingginya aktivitas di Bandara Radin Inten II, Untung Basuki menyampaikan, pihaknya bersama perusahaan swasta di bidang kosmetik turut menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk menghibur para penumpang pesawat.

“Kami ingin penumpang pesawat sudah merasakan suasana liburan sejak di bandara, ketika mereka ingin berangkat ke destinasi wisata yang ditujuan," tandasnya.

Baca Juga: Ribuan Penumpang Bandara Radin Inten Melintas di Awal Periode Nataru

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya