Penerbangan Direct Lampung-Bali, 2 Provinsi Mulai Jajaki Kerja Sama

Upaya dorong pertumbuhan ekonomi

Intinya Sih...

  • Pemprov Lampung menjajaki kerja sama dengan Pemprov Bali untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.
  • Peluncuran layanan penerbangan langsung Lampung-Bali oleh Maskapai Air Asia diharapkan membuka peluang kerja sama intensif dalam perdagangan, investasi, dan pariwisata.
  • Upaya sinergi antara kedua provinsi dilakukan melalui kunjungan resmi ke berbagai lembaga terkait guna meningkatkan konektivitas dan kesejahteraan daerah.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menjajaki kerja sama dengan Pemprov Bali guna mendorong optimalisasi kerjasama ekonomi dan menggeliatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kerja sama antar kedua pemerintah provinsi tersebut seiring peluncuran layanan penerbangan langsung (direct) Lampung-Bali dari Maskapai Air Asia telah resmi menjalani penerbangan perdana Rabu, 17 Januari 2024.

"Diharapkan kerjasama ini memberikan menghadirkan dampak optimal terjalinnya kerja sama antara kedua daerah," ujar Sekretaris Diskominfotik Pemprov Lampung, Elip Heldan, Sabtu (20/1/2024)

Baca Juga: Rute Baru Air Asia Lampung-Bali Disambut Antusias Masyarakat

1. Dorong pertumbuhan ekonomi

Penerbangan Direct Lampung-Bali, 2 Provinsi Mulai Jajaki Kerja SamaKunjungan kerja Pemprov Lampung ke Pemprov Bali. (Dok. Pemprov Lampung).

Elip mengatakan, adanya rute penerbangan Lampung-Bali ini membuka peluang kerja sama semakin intensif dalam berbagai sektor meliputi perdagangan, investasi dan pengembangan potensi pariwisata kedua daerah.

Selain itu, peningkatan konektivitas melalui jalur udara ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif pada pertumbuhan ekonomi antara Provinsi Lampung dan Bali. "Mudah-mudahan ke depannya ada percepatan pertukaran sumber daya dan memperluas ruang kerjasama di tingkat lokal maupun nasional," harapnya.

2. Jajaki kemungkinan proyek bersama

Penerbangan Direct Lampung-Bali, 2 Provinsi Mulai Jajaki Kerja SamaKunjungan kerja Pemprov Lampung ke Pemprov Bali. (Dok. Pemprov Lampung).

Sebagai upaya menggalang sinergi, Elip melanjutkan, pihaknya melakukan kunjungan resmi ke Diskominfotik, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), hingga Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Bali.

"Kunjungan ini guna memperdalam kerja sama potensial dan menjajaki kemungkinan proyek bersama yang dapat meningkatkan konektivitas dan kesejahteraan kedua provinsi," kata dia.

3. Penerbangan direct Lampung-Bali seminggu 4 kali

Penerbangan Direct Lampung-Bali, 2 Provinsi Mulai Jajaki Kerja SamaKunjungan kerja Pemprov Lampung ke Pemprov Bali. (Dok. Pemprov Lampung).

Penerbangan perdana rute Lampung-Bali dan sebaliknya ini diketahui dengan frekuensi 4 kali dalam seminggu pada Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Selain penerbangan langsung Denpasar-Lampung berdurasi perjalanan selama 2 jam 10 menit, AirAsia juga mengumumkan per 1 Februari 2024 nanti akan meningkatkan frekuensi penerbangan Jakarta-Lampung menjadi dua kali sehari.

Baca Juga: Panjang Landasan Pacu Bandar Udara M Taufiq Kiemas Krui akan Ditambah

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya