Comscore Tracker

Pemprov Lampung Minta BMKG Masif Sebar Informasi Prakiraan Cuaca 

Antisipasi bencana alam dan fenomena La Nina

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengingatkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan pentingnya penyebaran informasi prakiraan cuaca kepada masyarakat. Terkhusus, kepada para petani dan nelayan di Bumi Ruwa Jurai.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi pun mengajak pihak BMKG setempat dapat kian bersinergi dalam rangka penyebaran informasi prakiraan cuaca secara masif. Pasalnya, itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

"Ini penting, Informasi prakiraan cuaca bisa membantu mereka saat akan menggunakan transportasi, para nelayan ingin pergi melaut, para petani siap tanam maupun panen, dan banyak lagi lainnya," ujar Arinal, saat menerima audiensi BMKG di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur, Senin (29/11/2021).

1. Masyarakat dapat mewaspadai dampak cuaca buruk

Pemprov Lampung Minta BMKG Masif Sebar Informasi Prakiraan Cuaca Ilustrasi prediksi cuaca BMKG (IDN Times/bmkg.go.id)

Arinal kembali melanjutkan, pemberian informasi ini juga sangat penting agar masyarakat bisa mewaspadai terhadap cuaca buruk, terutama berpotensi menimbulkan bencana atau terjadinya fenomena La Nina.

Maka dari itu, ia pun meminta agar informasi cuaca tersebut dapat terpublikasi secara masif. Itu baik melalui media televisi, cetak, maupun online.

"Tidak ada alasan, masyarakat apalagi petani dan nelayan tidak mendapatkan informasi tentang cuaca. Informasi itu harus ada dimana-mana," katanya.

2. Informasi dapat menimbulkan rasa kewaspadaan diri

Pemprov Lampung Minta BMKG Masif Sebar Informasi Prakiraan Cuaca Pemprov Lampung menyambut audiensi BMKG Lampung di Mahan Agung, Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Dari data dan informasi prakiraan cuaca tersebut, Arinal menyampaikan, pemerintah daerah dapat langsung mengantisipasi terhadap wilayah rawan bencana, berpotensi kebakaran hutan dan lahan, serta lainnya.

Tujuannya, tentu agar dapat disampaikan kepada masyarakat, sehingga bisa menimbulkan rasa kewaspadaan diri. "Jangan sampai akan ada bencana seperti gempa masyarakat tidak tahu, jangan sampai ombak besar masyarakat juga tidak tahu," ingat Arinal.

3. Berkomitmen dukung penuh BMKG Lampung

Pemprov Lampung Minta BMKG Masif Sebar Informasi Prakiraan Cuaca Pemprov Lampung menyambut audiensi BMKG Lampung di Mahan Agung, Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Melihat pentingnya informasi prakiraan cuaca itu, Arinal pun meminta BMKG Provinsi Lampung bisa memperkuat kerjasama dan sinergitas bersama pemerintah daerah ataupun kabupaten/kota.

Oleh karenanya, ia menyatakan kesiapan dan komitmen untuk memberikan dukungan penuh atas keberadaan BMKG di Provinsi Lampung.

"Kita harus saling bekerjasama dan sering berdiskusi, kita juga nantinya membuat tim dari instansi terkait bersama BMKG. Ini akan sangat membantu masyarakat, mereka bisa tenang tanpa perlu waswas dalam beraktivitas," tandas Arinal.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya