Nizwar-Elkana Rio Lengkapi Berkas Pencalonan Ketua PWI Lampung

Empat kandidat digadang-gadang maju Ketua PWI Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Bursa pencalonan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung periode 2021-2026 terus bergulir. Teranyar, pasangan Nizwar dan Elkana Rio Adil mengambil formulir pendaftaran dan langsung menyerahkan berkas pencalonan, Jumat (26/11/2021).

Pasangan Nizwar dan Elkana Rio menjadi kandidat pertama yang melengkapi formulir pendaftaran Ketua PWI Lampung. Kedatangan keduanya didampingi eks Ketua PWI Lampung 2007-2010, Ahmad Rio Teguh, Juru Bicara Syahroni Yusuf, mantan Sekretaris PWI Lampung Adi Kurniawan, dan sejumlah tim pendukung lainnya.

"Kami sudah terima pengembalian berkas dan semuanya lengkap," ujar Ketua Panitia Pelaksana Konferensi PWI Lampung, Eka Setiawan saat ditemui di Balai Wartawan HI Sofian Akhmad.

1. Calon pertama melengkapi berkas pendaftaran

Nizwar-Elkana Rio Lengkapi Berkas Pencalonan Ketua PWI LampungKandidat calon Ketua PWI Lampung, Nizwar dan Elkana menyerahkan berkas pendaftaran. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Eka membenarkan pasangan Nizwar-Elkana menjadi kandidat pertama yang mengembalikan sekaligus melengkapi berkas. Masih ada tiga calon lain sejak bursa Ketua PWI Lampung dibuka pertama kali, Rabu (24/11/2021).

"Hingga detik ini, kami masih menunggu pengembalian dan perlengkapan berkas calon ketua lainnya sampai 28 November mendatang," katanya.

Baca Juga: Catat Jadwal dan Tata Tertib SKB CPNS 2021 di Pemprov Lampung

2. Memberikan yang terbaik untuk PWI Lampung

Nizwar-Elkana Rio Lengkapi Berkas Pencalonan Ketua PWI Lampunglogo PWI

Nizwar berusap syukur setelah berkas pencalonan tersebut dikumpulkan. Baginya, pendaftaran menjadi kandidat merupakan langkah awal untuk memberikan yang terbaik bagi PWI Lampung selama lima tahun ke depan.

Terkait visi misi, Nizwar menyebutkan, Digital Edukatif dan Kreatif untuk mewujudkan transformasi PWI Lampung di era digital dalam mejaga dan merawat marwah organisasi profesional, independen, netral, dan mandiri, dengan diiringi spirit kebersamaan dalam kebhenikaan. 

"Visi ini kita jabarkan dengan tata kelola administrasi dan sekretariat secara digital untuk memberikan pelayanan cepat," ucapnya.

3. Menumbuhkan loyalis dan dedikasi tiap anggota

Nizwar-Elkana Rio Lengkapi Berkas Pencalonan Ketua PWI LampungKandidat calon Ketua PWI Lampung, Nizwar dan Elkana menyerahkan berkas pendaftaran. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pada kepemimpinannya nanti, Nizwar akan berfokus dalam penguatan kapasitas sumber daya anggota PWI Lampung, terkait Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI untuk menumbuhkan loyalitas, serta dedikasi oleh anggota organisasi.

Selain itu, ia ikut berkomitmen demi meningkatkan kualitas anggota melalui pelatihan dan pendidikan baik secara formal dan informal, sehingga bisa menghasilkan karya jurnalistik berkualitas.

"Dengan pendidikan masif, maka integritas anggota PWI tidak perlu kita ragukan lagi. Ini semakin mempermudah kita menjaga dan merawat marwah PWI," terang mantan Pemimpin Redaksi Radar Lampung tersebut.

4. Empat kandidat digadang-gadang meramaikan bursa Ketua PWI Lampung

Nizwar-Elkana Rio Lengkapi Berkas Pencalonan Ketua PWI LampungIlustrasi Pemilihan Umum. (Pixabay.com/mohamed_hassan)

Untuk kemandirian organisasi, Nizwar bakal memberdayakan sektor usaha melalui koperasi. Menurutnya, koperasi PWI Lampung selama ini mati suri. Ia pun berjanji akan memberikan asuransi bagi seluruh anggota PWI Lampung, terutama mereka pemegang kartu anggota.

"Karena dalam melaksanakan tugas wartawanan sehari-hari, keselamatan nyawa seluruh anggota ini sangat rentan, seperti kecelakaan lalu lintas. Makanya perlu di-cover dengan asuransi," imbuh dia.

Terkait tata kelola organisasi dengan spirit kebersamaan dalam kebhinekaan, Nizwar memastikan wajah PWI Lampung lima tahun mendatang menjadi representasi seluruh anggota PWI Lampung hingga kabupaten dan kota.

Dalam bursa pencalonan periode kali ini, terdapat empat kandidat Ketua PWI yang digadang-gadang mengikuti Konferensi Provinsi pada 2 dan 3 Desember mendatang. Mereka adalah Sekretaris PWI Lampung, Nizwar, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Wirahadikusumah, Hermansyah Batin Mangku, dan Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan, Juniardi.

Baca Juga: PGRI Bandar Lampung Beri Usulan Gaji Guru Setara UMR

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya