Long Weekend Isra Miraj-Imlek Pelabuhan Bakauheni Siapkan Skema Khusus

Polisi siagakan personel di titik rawan kemacetan

Intinya Sih...

  • ASDP Cabang Bakauheni memastikan kesiapan sarana dan prasarana kapal penyeberangan dan pelabuhan dalam kondisi prima menghadapi libur panjang Isra Mi'raj dan Tahun Baru Imlek 2024
  • Pembatasan operasional angkutan barang di jalan tol dan jalan non tol, sistem jalur dan lajur pasang surut pada pengaturan penyeberangan di lintas Merak-Bakauheni dan sejumlah pelabuhan lainnya telah ditetapkan
  • Kasatlantas Polres Lampung Selatan, AKP Manggala Agung menempatkan sejumlah personel pengamanan di titik-titik rawan kemacetan, khusus di sekitar Pelabuhan Bakauheni

Lampung Selatan, IDN Times - ASDP Cabang Bakauheni memastikan kesiapan sarana dan prasarana kapal penyeberangan dan pelabuhan dalam kondisi prima menghadapi libur panjang Isra Mi’raj dan Tahun Baru Imlek 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

GM ASDP Cabang Bakauheni, Captain Rudi Sunarko mengatakan, momentum libur panjang akhir pekan ini berpotensi mendorong pergerakan masyarakat melakukan perjalanan liburan, termasuk melalui jalur darat dan naik kapal ferry wilayah tujuan wisata di Pulau Sumatra.

"Kami mempersiapkan sarana dan prasarana agar menghadirkan layanan prima bagi seluruh pengguna jasa, termasuk fasilitas publik di pelabuhan mendukung perjalanan penyeberangan mulai dari pusat perbelanjaan di terminal eksekutif Bakauheni," ujarnya saat dimintai keterangan, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: Naik! Cek Tarif Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Terbaru 2024

1. Akan ada delaying system di Pelabuhan Bakauheni

Long Weekend Isra Miraj-Imlek Pelabuhan Bakauheni Siapkan Skema KhususIlustrasi kapal penyeberangan Pelabuhan Bakauheni - Merak. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Rudi melanjutkan, selaras Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Libur Panjang Memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili 2024, telah ditetapkan pembatasan operasional angkutan barang di jalan tol dan jalan non tol, sistem jalur dan lajur pasang surut pada pengaturan penyeberangan di lintas Merak-Bakauheni dan sejumlah pelabuhan lainnya.

"Pengaturan penundaan perjalanan atau delaying system dan sebagai buffer zone, untuk operasional kendaraan angkutan barang di lintas Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, Jangkar, dan Lembar juga turut diterapkan selama masa libur panjang berlaku," imbuhnya.

2. Mobil barang berat lebih dari 14 ton diberlakukan pembatasan

Long Weekend Isra Miraj-Imlek Pelabuhan Bakauheni Siapkan Skema KhususAktivitas Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Menurut Rudi, pembatasan kendaraan angkutan barang dilakukan pada mobil barang dengan berat lebih dari 14 ton, mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih. Kemudian mobil barang dengan kereta tempelan, kereta gandengan, serta mobil barang mengangkut hasil galian, hasil tambang, dan bahan bangunan.

Sementara terkait operasional angkutan barang di jalan non tol, pengaturan lalu lintas diberlakukan mulai hari Kamis, 8 Februari 2024 hingga Minggu, 11 Februari 2024 pukul 05.00-22.00 waktu setempat setiap harinya.

"Sehingga setiap pukul 22.00 sampai dengan 05.00 waktu setempat, tidak ada pembatasan operasional angkutan barang di jalan non tol," ucapnya.

3. Imbau masyarakat siapkan tiket penyeberangan dari rumah

Long Weekend Isra Miraj-Imlek Pelabuhan Bakauheni Siapkan Skema KhususAktivitas penumpang di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sejak layanan angkutan Nataru 2023/2024 lalu, Rudi menyatakan, pihaknya pada libur panjang akhir pekan ini masih menerapkan radius pembatasan pembelian tiket, atau geofencing di Pelabuhan Bakauheni.

Radius pembatasan dimaksud berlaku di Pelabuhan Bakauheni sejauh 4,24 Km dari titik tengah pelabuhan terluar. Oleh karenanya, ASDP mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memiliki tiket maksimal H-1 sebelum melakukan perjalanan selama libur panjang tersebut.

"Dengan kemudahan yang ada, pengguna jasa sudah dapat reservasi tiket secara online 60 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi atau website Ferizy," katanya.

4. Polisi siagakan personel di titik-titik rawan kemacetan

Long Weekend Isra Miraj-Imlek Pelabuhan Bakauheni Siapkan Skema KhususKondisi arus lalu-lintas periode Nataru 2023/2024 di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Istimewa).

Selaras kebijakan tersebut, Kasatlantas Polres Lampung Selatan, AKP Manggala Agung mengatakan, pihaknya akan menempatkan sejumlah personel pengamanan di titik-titik rawan kemacetan, khusus di sekitar Pelabuhan Bakauheni.

"Untuk antisipasi dari kami, personel telah disiagakan di titik-titik rawan kemacetan," tandasnya.

Baca Juga: Pemilu 2024, Kapolda Lampung: Netralitas TNI-Polri Jangan Diragukan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya