Korban Ganjal ATM, Ibu di Bandar Lampung Kehilangan Uang Rp14 Juta

Pencurian diduga beraksi komplotan

Intinya Sih...

  • Seorang warga Bandar Lampung menjadi korban pencurian modus ganjal kartu ATM, kehilangan saldo senilai Rp14 juta.
  • Korban kesulitan menggunakan ATM karena kartunya diganjal, kemudian uang raib diambil melalui transaksi m-banking.
  • Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung menyatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan korban dan sedang melakukan penyelidikan.

Bandar Lampung, IDN Times - Seorang warga Kota Bandar Lampung menjadi korban pencurian modus ganjal kartu ATM. Peristiwa ini mengakibatkan saldo alias uang senilai Rp14 juta milik korban raib digasak pelaku.

Korban Niken Septiarini (23) warga Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Aksi pencurian itu terjadi di mesin ATM salah satu minimarket berada di Kelurahan Langkapura Baru, Kecamatan Langkapura, Bandar Lampung, Sabtu (13/1/2024) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Kerugian sekitar 14 juta. Iya, kalau dugaan sementara demikian (kartu ATM korban diganjal dan ditukar)," ujarnya saat dimintai keterangan, Senin (15/1/2023).

Baca Juga: Pencarian Balita M Nadif Korban Hanyut di Saluran Air Dihentikan

1. Kartu ATM sempat terhalang

Korban Ganjal ATM, Ibu di Bandar Lampung Kehilangan Uang Rp14 JutaWarga Bandar Lampung jadi korban pencurian ganjal ATM. (IDN Times/Istimewa).

Dijelaskan Nikan, peristiwa pencurian modus ganjal ATM ini bermula saat dirinya hendak menarik uang tunai di mesin ATM berada di minimarket Jalan Imam Bonjol. Waktu itu, ia sempat kesulitan memasukkan kartu ATM ke mesin dikarenakan seperti terhalang.

"Sebelumnya, memang ada orang di depan saya tapi saya tidak tahu persis dia melakukan transaksi apa. Setelah giliran saya, saya masukkan tapi ATM terhalang sesuatu," terangnya.

Sempat kebingungan, ia menyebut, tiba-tiba pria lainnya turut mengantre tepat di belakangnya memberikan bantuan mendorong kartu ATM miliknya. "Berhasil masuk, saya akhirnya masukkan pin tapi transaksi gagal dan uang tidak keluar dari ATM. Kemudian di layar ada catatan, ATM saya tidak dapat dipergunakan kembali," sambung dia.

2. Aksi pencurian diduga dilancarkan komplotan

Korban Ganjal ATM, Ibu di Bandar Lampung Kehilangan Uang Rp14 Jutailustrasi mesin ATM (pexels.com/Ono Kosuki)

Urung menarik via kartu ATM, Niken akhirnya memutuskan mengambil uang tunai via m-banking alias cardless atau tanpa kartu. Alhasil, uang dikehendaki itu berhasil diambil dari mesin ATM.

"Setelahnya saya melanjutkan aktivitas lain, termasuk mengisi bensin, ketika di rumah saya coba cek transaksi saya tadi dan dicek saldo saya sudah tidak ada di dalam," ungkapnya.

Mendapati nominal saldo telah raib, dirinya pun berinisiatif memeriksa catatan mutasi rekening dan didapati sejumlah transaksi penarikan uang tunai tanpa sepengetahuannya dan melaporkan kasus ini ke pihak Polresta Bandar Lampung.

"Saya coba cek CCTV ada sekitar 3 orang pria yang ada di sekeliling saya, baik di depan maupun di belakang ketika saya antrea ATM, sepertinya mereka komplotan yang sudah menunggu," ujarnya. 

3. Dalam penyelidikan kepolisian

Korban Ganjal ATM, Ibu di Bandar Lampung Kehilangan Uang Rp14 JutaWarga Bandar Lampung jadi korban pencurian ganjal ATM. (IDN Times/Istimewa).

Terkait peristiwa pencurian ini, Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra mengatakan, pihaknya telah menerima laporan korban dan petugas telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Ya, sudah dalam penyelidikan kami. Petugas saat ini masih bekerja di lapangan," tandasnya.

Baca Juga: BI Prediksi Inflasi di Bandar Lampung akan Meningkat, Ini Penyebabnya

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya