Konferprov XI PWI Lampung Resmi Digelar, Gubernur Arinal Titip Pesan

Anggota PWI Lampung bakal memilih ketua baru

Bandar Lampung, IDN Times - Konferensi Provinsi (Konferprov) XI Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung resmi dibuka. Ajang bergengsi lima tahunan tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Sheraton, Kota Bandar Lampung 2-3 Desember 2021.

Konferensi bertemakan 'Mempererat Kebersamaan Pers Mendukung Lampung Berjaya' tersebut dibuka langsung Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dan dihadiri Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari.

Arinal meminta agar para wartawan mampu memberikan saran dan masukan terbaik untuk kemajuan daerah. Terlebih industri media di negeri ini tumbuh bak jamur di musim hujan.

“Media cetak dan elektronik ada di mana-mana dan beragam segmentasinya. Bahkan, perkembangan media tidak hanya sebatas itu, pesatnya teknologi informasi membuat industri media memasuki dunia baru yaitu, media siber atau online berbasis internet,” ujarnya..

1. Media punya peran kontrol sosial

Konferprov XI PWI Lampung Resmi Digelar, Gubernur Arinal Titip PesanKonferensi Provinsi (Konferprov) XI PWI Provinsi Lampung resmi dibuka. (IDN Times/Istimewa) Konferensi Provinsi (Konferprov) XI PWI Provinsi Lampung resmi dibuka. (IDN Times/Istimewa)

Arinal melanjutkan, media memiliki peranan penting dan strategis menyukseskan pembangunan Provinsi Lampung. Maka dari itu, ia meminta agar media ikut mengontrol atau menyampaikan kritik.

Tentu, media jangan hanya mengkritik melainkan harus memberikan saran dan masukan terbaik bagi pemerintah daerah. Sehingga setiap pembangunan di Lampung dapat bermanfaat maksimal bagi masyarakat Bumi Ruwa Jurai.

“Peran media sebagai kontrol sosial maupun pembentuk opini publik, juga bergantung pada profesionalitas para wartawan dalam menjalankan tugas kewartawanannya. PWI dan organisasi wartawan lainnya, berkewajiban mendidik dan menyiapkan anggota menjadi wartawan profesional dan kompeten,” imbuh dia.

Baca Juga: Mantap! Siwo PWI Lampung Juara Umum Pra Porwanas di Jogja

2. Konferprov diharapkan hadirkan kemanfaatan

Konferprov XI PWI Lampung Resmi Digelar, Gubernur Arinal Titip PesanKonferensi Provinsi (Konferprov) XI PWI Provinsi Lampung resmi dibuka. (IDN Times/Istimewa)

Gubernur pun berharap Konferprov XI PWI Provinsi Lampung dapat menghasilkan kepengurusan dan program kerja bermanfaat bagi organisasi PWI, anggota, masyarakat dan pemerintah.

Selain itu, ia turut menanggapi Ketua Umum PWI terkait Lampung sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2024 mendatang. Secara langsung, ia turut mempersilahkan bila Lampung siap untuk menjadi tuan rumah HPN tahun 2024.

“Karena ini diminta oleh ketua umum sebagai tuan rumah hari Pers Nasional, maka dengan ini saya nyatakan diterima dan dipersilahkan,” kata dia.

3. Lampung salah satu dari 3 daerah keanggotaan terbanyak

Konferprov XI PWI Lampung Resmi Digelar, Gubernur Arinal Titip PesanKonferensi Provinsi (Konferprov) XI PWI Provinsi Lampung resmi dibuka. (IDN Times/Istimewa)

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari memberikan apresiasi kepada PWI Lampung atas prestasi telah diraih selama kepemimpinan Supriyadi Alfian.

”Tidak banyak provinsi yang memiliki anggota PWI lebih dari 500. Hanya ada tiga daerah yaitu Aceh, Medan, dan Lampung,” ucapnya, penuh kebanggaan.

Menurutnya, kebesaran PWI Lampung akan bertambah bila Gubernur Lampung memberikan izin penyelenggaran Hari Pers Nasional tahun 2024 diselenggarakan di Lampung.

”Perlu diketahui jika Lampung menjadi tuan rumah HPN, hotel akan penuh, seluruh insan pers akan membawa uangnya ke lampung, dan ini membawa berkah untuk provinsi ini," sambung dia.

4. Konferensi XI merupakan momen penting

Konferprov XI PWI Lampung Resmi Digelar, Gubernur Arinal Titip PesanKonferensi Provinsi (Konferprov) XI PWI Provinsi Lampung resmi dibuka. (IDN Times/Istimewa)

Ketua PWI Lampung periode 2016-2021, Supriyadi Alfian menjelaskan Konferensi XI ini momen penting untuk masyarakat Lampung. Pasalnya, hari ini dan besok anggota PWI tersebar di seluruh kabupaten/kota akan menentukan masa depan organisasi maupun profesi jurnalistik.

“Kita akan memilih kepengurusan periode 2021 sampai 2026, kami percaya siapapun anggota PWI yang terpilih dalam konferensi ke XI sebagai ketua maupun duduk dalam kepengurusan nanti, adalah wartawan terbaik," imbuhnya.

Lebih lanjut, PWI Lampung juga berhasil mencatat sejumlah prestasi diakui nasional dalam bidang profesionalisme profesi wartawan. Itu seperti halnya tiga kali meraih penghargaan secara nasional oleh PWI Pusat baik di bidang pendidikan wartawan maupun penyelenggaran uji kompetensi.

"Konferprov XI ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 2-3 Desember 2021.
Pada hari pertama akan diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan Tahap I yakni pengesahan jadwal serta tata tertib," terangnya.

Memasuki tahap II, PWI Lampung akan membacakan laporan pertanggungjawaban pengurus masa bakti 2016-2021 dilakukan secara daring (online) melalui zoom meeting. "Kita juga akan memilih Ketua PWI Lampung dan pemilihan Ketua DK PWI Lampung masa bhakti 2021-2026 secara langsung atau tatap muka," tandas Supriyadi.

Baca Juga: Konferprov PWI 2-3 Desember, Pemilihan Ketua Baru Diharap Damai

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya