Kemenag Bandar Lampung Jadwalkan Manasik Haji 21-22 Mei 2022

Jadwal keberangkatan tunggu informasi dari Kemeneg RI

Bandar Lampung, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandar Lampung memastikan pelaksanaan kegiatan pembekalan manasik haji para calon jamaah haji (CJH) 2022/1443 Hijriah kota setempat 21-22 Mei 2022.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Bandar Lampung, Musal Badri mengatakan, pelaksanaan kegiatan manasik haji tersebut akan berlangsung di Masjid Agung Al-Furqon, Kota Bandar Lampung.

"Manasik haji diperuntukkan bagi CJH sudah melalui tahapan menyangkut pemberangkatan seperti, pemeriksaan kesehatan laboratorium, pelunasan BPIH (biaya perjalanan haji Indonesia). Termasuk urusan vaksinasi booster maupun vaksin maningitis," ujarnya saat dimintai keterangan, Rabu (11/5/2022).

1. CJH juga diagendakan manasik haji di tingkat kecamatan

Kemenag Bandar Lampung Jadwalkan Manasik Haji 21-22 Mei 2022Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO

Terkait ketentuan tersebut, Musal menekankan kepada masing-masing CJH bisa segera merampungkan segala bentuk syarat tahapan pemberangkatan paling lambat Jumat (20/5/2022) mendatang.

Menurutnya, usai melaksanakan manasik haji di Masjid Agung Al-Furqon, para CJH akan langsung mengikuti manasik haji di tingkat kecamatan mulai 23-29 Mei 2022. Itu akan dikoordinir masing-masing pihak Kantor Urusan Agama (KUA).

"Dari pendataan kami saat ini, ada sebanyak 12 Kelompok CJH akan melaksanakan bimbingan manasik haji di kecamatan yang dikoordinir KUA," katanya.

2. Jadwal keberangkatan CJH Lampung masih tunggu informasi lanjutan

Kemenag Bandar Lampung Jadwalkan Manasik Haji 21-22 Mei 2022Ilustrasi rombongan jemaah haji. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Merujuk penjadwalan pemberangkatan, Musal menyampaikan, keberangkatan kloter pertama nasional ke Tanah Suci 3 juli 2022 mendatang. Meski demikian, pihaknya hingga kini masih menunggu informasi lanjutan bagi CJH asal Provinsi Lampung, terkhusus Kota Bandar Lampung.

"Kami sekarang belum dapat informasi, apakah Lampung termasuk ini termasuk berangkat di kloter pertama atau bukan. Karena memang kami juga masih menunggu konfirmasi langsung dari Kemeneg RI," imbuhnya.

Selain itu, Musal turut menginformasikan, terkait regulasi keberangkatan CJH dari Pemerintah Arab Saudi pada tahun ini, salah satunya yaitu kebijakan CJH berusia di bawah 65 tahun per tanggal 30 Juni 2022. "Mereka usia di atas 65 tahun maka terpaksa ditunda keberangkatannya, sampai ada kebijakan terbaru dari Pemerintahan Arab Saudi," sambung dia.

Baca Juga: Gubernur dan Kemenag Lampung Bahas Kuota Haji, Hasilnya?

3. Sebanyak 514 CJH asal Bandar Lampung gagal berangkat di 2022

Kemenag Bandar Lampung Jadwalkan Manasik Haji 21-22 Mei 2022Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Musal belum dapat memaparkan rinci bagi CJH asal Kota Bandar Lampung batal berangkat karena terbentur usia di atas 65 tahun. Namun pihaknya bisa memastikan terdapat 514 orang dari kuota CJH 2020 asal Bandar Lampung, urung berangkat di 2022.

"Penyebabnya ada pengurangan kuota dari 2020 sebanyak 1.310 dan 2022 menjadi 787 orang saja. Tentunya juga dengan beberapa alasan seperti mengundurkan diri, usia di atas 65 tahun, sakit, hingga meninggal dunia," lanjut Musal.

4. Total CJH Provinsi Lampung 3.198 jamaah

Kemenag Bandar Lampung Jadwalkan Manasik Haji 21-22 Mei 2022Terlihat kerumunan di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Pada musim haji 2022, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Marwansyah menjelaskan, tahun ini Lampung akan memberangkatkan sebanyak 3.198 jamaah haji. Mereka akan didampingi 16 petugas TPHD, 5 petugas KBIHU, 2 petugas tenaga kesehatan meliputi 1 dokter dan 1 perawat.

Menurutnya, Kanwil Kemenag setempat sudah mulai menyiapkan asrama haji untuk menampung jamaah diperkirakan mencapai 7 atau 8 kloter, serta mempercepat persiapan sesuai dengan regulasi berlaku.

“Maka dari itu saya berharap, kita dapat saling mengingatkan apa yang belum dibahas atau dilakukan. Untuk dapat menjadi masukan bersama demi suksesnya penyelenggaraan haji 2022 yang sudah di depan mata,” kata Marwansyah.

5. Peran Pemprov dorong kesiapan pemberangkatan musim haji tahun ini

Kemenag Bandar Lampung Jadwalkan Manasik Haji 21-22 Mei 2022Kantor Pemerintah Provinsi Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kepala Biro Kesra Provinsi Lampung, Ria Andari menyatakan, usai menerima informasi dari Menteri Agama beberapa waktu lalu, ada pemberangkatan jamaah haji 2022, maka Pemprov Lampung melalui Biro Kesra langsung bergerak cepat.

Dalam hal ini, Provinsi Lampung telah melaksanakan pengadaan tender maskapai/pesawat untuk mengangkut jamaah dari Bandar Lampung ke Jakarta, mempersiapkan armada angkutan darat dari asrama haji ke bandara, X-ray. Selain itu, mempersiapkan segala sesuatu berhubungan dengan pemberangkatan dan pemulangan secara maksimal dan lain-lainnya.

"Bagi CJH terkendala menyangkut syarat vaksinasi, kami sudah menyiapkannya untuk bisa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat (Puskesmas), yang akan langsung terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi," tandas Ria.

Baca Juga: Catat! Kuota Haji 2022 Provinsi Lampung Hanya 3.219 Orang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya