Comscore Tracker

Kejati Lampung Segera Tambah 2 Kejaksaan Negeri Baru

Kedua Kejari baru di Mesuji dan Tulangbawang Barat

Bandar Lampung, IDN Times - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung memastikan penambahan dua Kejaksaan Negeri (Kejari) baru di wilayah hukum Provinsi Lampung akan segera beroperasi 2022. Kedua Kejari tersebut meliputi Kejari di Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Kepala Kejati Lampung, Heffinur, mengatakan, ketetapan tersebut menyusul dikeluarkannya Keputusan Presiden RI Nomor 252 Tahun 2021, terhadap pengesahan sejumlah Kejari di seluruh Indonesia, termasuk Kejari Mesuji dah Kejari Tubaba.

"Kami pastikan tahun ini (Kejari Mesuji dan Tubaba) sudah harus berjalan, tapi jelas teknis dari pada operasionalnya tentu sama seperti anak baru bisa berjalan. Artinya, secara bertahap," ujarnya, Kamis (13/1/20221).

Baca Juga: Berkas Perkara Korupsi Kepala DLH Mesuji Dilimpahkan ke Kejati Lampung

1. Masih harus mengkomunikasikan dengan Pemkab setempat

Kejati Lampung Segera Tambah 2 Kejaksaan Negeri BaruKepala Kejati Lampung Heffinur (IDN Times/Istimewa)

Meski telah memastikan 2022 kedua Kejari tersebut akan beroperasi, namun Heffinur belum dapat menyampaikan secara spesifik terkait waktu pengoperasionalan.

Pasalnya, Kejati Lampung dalam waktu dekat baru akan mengagendakan komunikasi antara masing-masing kepala daerah di dua kabupaten setempat.

"Nanti kita lebih dulu berkomunikasi dengan bupati dan pemerintah kabupaten setempat untuk bisa menyediakan lahan, pembangunan kantor, hingga operasional akan dikoordinasikan dengan Kejaksaan Agung," kata dia.

2. Kemungkinan bakal menumpang sementara di kantor Pemkab

Kejati Lampung Segera Tambah 2 Kejaksaan Negeri BaruJurnalis Suara.com, Ahmad Amri menerima tindakan intimidasi saat hendak melakukan tugas jurnalistik meliputan di lingkungan Kantor Kejati Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut terkait hal teknis penggunaan anggaran operasional, Heffinur mengatakan, Kejati Lampung bakal menganggarkan sesuai dengan kesesuaian penanganan perkara di Kejari masing-masing.

Selain itu, penanganan perkara di Kejari Mesuji dan Tubaba sementara waktu masih harus di limpahkan ke Kejari Kabupaten Tulang Bawang.

"Kemungkin sementara nanti kita coba akan meminjam gedung dari pemerintah daerah, sampai kantor resmi selesai dibangun dan siap untuk digunakan," imbuhnya

3. Lampung miliki 12 kantor Kejari

Kejati Lampung Segera Tambah 2 Kejaksaan Negeri BaruIlustrasi Kejaksaan (IDN Times/Mardya Shakti)

Berdasarkan penetapan dan pengesahan dua Kejari baru di Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang Barat tersebut, dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung saat ini sudah ada 12 kantor Kejari meliput Kabupaten Lampung Selatan, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang Bawang, Lampung Barat, Way Kanan, dan Bandar Lampung.

Kemudian terdapat tiga Kantor Cabang Kejari (Cabjari) yakni, Cabjari Bandar Lampung di Pelabuhan Panjang, Cabjari Lampung Barat di Krui, Cabjari Tanggamus di Talang Padang.

Baca Juga: Kasus Penyimpangan Dana Hibah KONI Lampung Rp29 Miliar Naik Penyidikan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya