Kebakaran Maut di Lampung, Api Lalap Puluhan Rumah dan 2 Meninggal

Korban merupakan ibu dan anak

Bandar Lampung, IDN Times - Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Kota Karang, Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung, Rabu (6/7/2022) malam. Insiden itu dilaporkan menghanguskan kurang lebih sebanyak 24 rumah bedeng semi permanen.

Peristiwa nahas tersebut ada 2 korban jiwa meninggal dunia. Keduanya merupakan ibu dan anak diketahui terpanggang di dalam salah satu rumah bedeng.

"Kebakaran menghanguskan sekitar 24 rumah bedeng yang terbakar habis. Setelah api dipadamkan, baru kita ketahui ada 2 korban, ibu dan anak terbakar di dalam rumah," ujar Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, saat meninjau lokasi kebakaran.

1. Pemkot Bandar Lampung akan memberikan bantuan kepada para korban kebakaran

Kebakaran Maut di Lampung, Api Lalap Puluhan Rumah dan 2 MeninggalWalikota Bandar Lampung, Eva Dwiana saat meninjau lokasi kebakaran. (IDN Times/Istimewa)

Atas insiden kebakaran tersebut, Eva meminta kepada seluruh masyarakat Kota Bandar Lampung dapat mendoakan pihak keluarga korban yang ditinggalkan, agar dapat diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi musibah.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung juga berjanji akan memberikan bantuan kepada pihak-pihak korban dan segera membangun pemukiman tempat tinggal baru bagi para korban.

"Ini (bantuan) akan kita pantau terus, karena itu pokok yang terbakar rumah bedeng-bedeng yang memang sebelumnya rentan terbakar api dan dengan cepat menyambar," katanya.

Baca Juga: Remaja Perempuan Ditemukan Bersimbah Darah di Kamar Kos Bandar Lampung

2. Masyarakat diingatkan dapat lebih berhati-hati

Kebakaran Maut di Lampung, Api Lalap Puluhan Rumah dan 2 MeninggalKebakaran mau di pemukiman padat penduduk di daerah Kota Karang, Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Eva mengingatkan warga Kota Bandar Lampung lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran. Terlebih, kondisi cuaca tidak menentu dan rawan memicu kebakaran.

"Cuaca sedang tidak menentu terkadang hujan, angin kencang, dan kadang-kadang panas. Intinya, semua dari kita harus lebih hati-hati," imbuh dia.

3. Pemadaman api berlangsung 2 jam

Kebakaran Maut di Lampung, Api Lalap Puluhan Rumah dan 2 MeninggalKebakaran mau di pemukiman padat penduduk di daerah Kota Karang, Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Seorang warga sekitar lokasi kebakaran, Ria (19) mengatakan, insiden kebakaran itu cepat mengundang banyak perhatian warga. Pasalnya, kobaran api melanda pemukiman padat penduduk tersebut terbilang sangat besar.

Menurutnya, api diketahui pertama kali muncul lebih kurang sekitar pukul 21.00 WIB dan baru bisa dijinakkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dua jam berselang atau sekitar pukul 23.00 WIB.

"Iya ada korban meninggal, itu ketahuan setelah api mulai sedikit padam. Korban kalau tidak salah ibu dan anak, langsung di bawa ke rumah sakit," katanya.

4. Penyebab pasti api muncul belum diketahui

Kebakaran Maut di Lampung, Api Lalap Puluhan Rumah dan 2 MeninggalKebakaran mau di pemukiman padat penduduk di daerah Kota Karang, Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Sementara warga lainnya, Fiqih menambahkan, api tersebut dengan cepat melalap deretan bangun rumah bedeng telah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Api diduga menjalar cepat, lantaran material bangunan masih semi permanen dan rentan terhadap percikan api.

"Itu yang terbakar bedeng tua, bangunan semi permanen lama. Kalau penyebabnya belum tahu pasti, ada yang bilang karena kompor gas, tapi katanya juga korsleting listrik," tandas dia.

Baca Juga: Ancam Korban Pakai Golok, Begal di Lampung Utara Tertangkap di Jakarta

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya