Kajati Lampung Pastikan Pelaku Joki Tes CPNS Bukan Pegawai Kejaksaan

Pelaku RT warga Bandar Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Lampung, Nanang Sigit Yulianto angkat bicara ihwal penangkapan pelaku inisial RT (20) terkait dugaan kasus joki tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kejaksaan 2023.

Nanang memastikan, sosok wanita RT diamankan Tim PAM SDO Intelijen Kejati Lampung bukan merupakan pegawai internal dari lingkungan kejaksaan. Tak terkecuali di Provinsi Lampung.

"Tidak ada (pelaku pegawai kejaksaan), ini mungkin kepandaian dia saja," ujarnya saat dimintai keterangan, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga: Kasus Joki CPNS Kejaksaan 2023 Lampung Diyakini Lebih dari 1 Pelaku

1. Diduga melibatkan pelaku lain

Kajati Lampung Pastikan Pelaku Joki Tes CPNS Bukan Pegawai KejaksaanDokumentasi tes CPNS di Banyuwangi. (banyuwangikab.go.id)

Lebih lanjut kata Nanang, penanganan penyelidikan dan penyidikan kasus dugaan joki tersebut telah diserahkan ke kepolisian. Kendati demikian, pihaknya berpeluang bakal membentuk tim gabungan, guna mengungkap pekara tersebut.

Pasalnya, perbuatan pelaku telah mengarah kepada percobaan tindak pidana, serta tidak menutup kemungkinan melibatkan pelaku-pelaku lain dalam aksi serupa.

"Untuk sementara kepolisian yang menangani. Ya ini tidak menutup kemungkinan, hari-hari sebelumnya pernah tapi kita tidak tahu," ungkap Nanang.

2. Aksi serupa memungkinkan terjadi di daerah lain

Kajati Lampung Pastikan Pelaku Joki Tes CPNS Bukan Pegawai KejaksaanKonferensi pers Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Kejati Lampung, Sabtu (22/7/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Nanang melanjutkan, aksi kecurangan serupa dikatakan amat memungkinkan terjadi dalam proses seleksi CPNS di semua daerah, bukan hanya di Lampung. Namun tentu, upaya itu dapat dicegah dengan memperketat sistem hingga penjaga dari para petugas.

"Ini hasil keketatan petugas kami, dari situ ketahuan, kalau kemarin lengah mungkin bisa lolos juga," pungkasnya.

3. Pelaku RT berasal dari Bandar Lampung

Kajati Lampung Pastikan Pelaku Joki Tes CPNS Bukan Pegawai KejaksaanSosok pelaku RT usai diamankan Kejati Lampung. (Dok. Kejati Lampung).

Asintel Kejati Lampung, Aliansyah menambahkan, aksi ilegal pelaku RT mencoba menjadi joki saat pelaksanaan tes SKD kemarin, itu berhasil digagalkan oleh sistem yang mendapati ketidakcocokan wajah antara pelaku dengan kartu peserta tes.

"Begitu dia tidak bisa login, sudah memperlihatkan gerak-gerik mencurigakan. Lalu kita periksa, di situ ketahuan yang akhirnya diamankan petugas," imbuhnya.

Ihwal identitas dan latar belakang pelaku RT, penelusuran itu kini diserahkan ke kepolisian. Namun hasil pemeriksaan KTP, wanita itu berasal dan berdomisili di Kota Bandar Lampung. "Ya, warga Bandar Lampung," tandas Aliansyah.

Baca Juga: Wanita di Lampung Ditangkap Nekat Jadi Joki Tes CPNS Kejaksaan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya