KAI Tanjungkarang Siagakan 284 Personel Pengamanan Nataru

Ditempatkan di atas kereta, stasiun, dan jalur perlintasan

Intinya Sih...

  • 284 personel pengamanan KAI Divre IV Tanjungkarang siaga di gerbong kereta, stasiun, hingga jalur selama Natal dan Tahun Baru 2023/2024.
  • Penumpang diimbau berhati-hati karena volume penumpang meningkat, melapor ke petugas jika ada barang tertinggal, dan pemesanan tiket semakin mudah.
  • Divre IV Tanjungkarang menambah 4.940 tempat duduk pada masa Nataru kali ini, memperpanjang rangkaian kereta api, dan menghadirkan program khusus bagi-bagi hadiah tumbler serta larangan cuti karyawan saat Nataru.

Bandar Lampung, IDN Times - KAI Divre IV Tanjungkarang menyiagakan 284 personel pengamanan ditempatkan di gerbong kereta api, stasiun, hingga sepanjang jalur selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Executive Vice President Divre IV Tanjungkarang, Januri mengatakan, penempatan ratusan personel pengamanan itu guna memastikan kenyamanan para pengguna moda angkutan kereta api periode Nataru selama 18 hari mulai dari 21 Desember 2023-7 Januari 2024.

"Divre IV Tanjungkarang telah melakukan persiapan di berbagai aspek, terutama, sata satunya segi pelayanan dengan menempatkan personel pengamanan ini," ujarnya, Kamis (21/12/2023).

1. Seluruh pelanggan diimbau tetap berhati-hati

KAI Tanjungkarang Siagakan 284 Personel Pengamanan NataruPenampakan kereta api Ekspres Rajabasa PT KAI Divre IV Tanjungkarang. (Dok. KAI Divre IV Tanjungkarang).

Meski telah disiagakan personel pengamanan, Januri tetap mengingatkan agar seluruh pelanggan tetap berhati-hati saat berada di stasiun maupun di atas kereta api, serta diimbau membawa barang bawaan secukupnya.

Pasalnya, volume penumpang saat masa libur Nataru tahun ini cenderung meningkat dan padat. Maka dari itu, bila terjadi kehilangan ataupun barang tertinggal di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, segera melapor kepada petugas

"Bisa lapor ke kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui contact center KAI 121,” imbau Januri.

2. Total siapkan 47.060 tempat duduk kereta api

KAI Tanjungkarang Siagakan 284 Personel Pengamanan NataruIlustrasi penumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

Dari sisi pelayanan lainnya, Divre IV Tanjungkarang telah mengoperasikan 6 kereta api reguler dan memperpanjang rangkaian kereta api, dengan menambah satu kereta pada rangkaian KA Kuala Stabas dan KA Rajabasa.

Dengan penambahan rangkaian tersebut, ada tambahan 4.940 tempat duduk, dari semula 42.120 tempat duduk menjadi 47.060 tempat duduk pada masa Nataru kali ini. Di sisi lain, pihaknya juga menyiapkan 4 lokomotif dan 31 kereta dan melakukan peningkatan keandalan lokomotif, kereta, gerbong dan crane.

"Upaya kesiapan ini hadir sebagai jawaban atas animo masyarakat tinggi hendak bepergian dengan kereta api. Kami dan jajaran terus meningkatkan keandalan jalan rel dan jembatan, menempatkan alat material untuk siaga (AMUS) di berbagai titik rawan," jelas Januri.

3. Pemesanan dan pembatalan dapat diakses via aplilkasi Access by KAI

KAI Tanjungkarang Siagakan 284 Personel Pengamanan NataruApel kesiapan petugas KAI Divre IV Tanjungkarang. (Dok. KAI Divre IV Tanjungkarang).

PT KAI Divre IV Tanjungkarang terus berkomitmen menciptakan transportasi aman untuk menghadirkan liburan nyaman dan berkesan dengan kereta api. Menurutnya, kini pemesanan tiket kereta api juga semakin mudah melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

Kemudian untuk pembatalan tiket, itu juga dapat dilakukan melalui aplilkasi Access by KAI tanpa harus datang langsung ke stasiun.

"Keselamatan menjadi fokus utama kami selama masa Nataru, beragam kemudahan dan inovasi KAI juga merupakan bentuk pelayanan prima yang kami berikan kepada pelanggan kereta api di Divre IV Tanjungkarang," kata Januri.

4. Seluruh karyawan tidak ambil cuti Nataru

KAI Tanjungkarang Siagakan 284 Personel Pengamanan NataruApel kesiapan petugas KAI Divre IV Tanjungkarang. (Dok. KAI Divre IV Tanjungkarang).

Pada momen Nataru tahun ini, Divre IV Tanjungkarang juga menghadirkan program khusus bagi-bagi hadiah kepada pelanggan kereta api untuk beruntung mendapatkan tumbler. Itu mengajak pelanggan memanfaatkan water station tersedia di Stasiun Tanjungkarang dan Stasiun Baturaja, guna mengurangi sampah plastik dari botol minum kemasan.

Selain itu, Januri menegaskan, pihaknya tidak memperkenankan seluruh karyawan mengambil cuti pada masa Nataru. "Seluruh jajaran Divre IV Tanjungkarang akan turun langsung memastikan seluruh aspek pelayanan kereta api berjalan dengan lancar," tandasnya.

Baca Juga: Ops Lilin Krakatau 2023, 1.050 Gereja di Lampung Diamankan saat Natal

Baca Juga: Selebgram Adelia Segera Disidang Kasus Narkoba Jaringan Fredy Pratama

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya