Comscore Tracker

Hari Pertama Larangan Mudik, Polda Lampung Putar Balik 25 Kendaraan

Polda: Operasi Ketupat Krakatau 2021 berjalan lancar

Bandar Lampung, IDN Times - Hari pertama pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2021 di wilayah Kabupaten/Kota Provinsi Lampung diklaim berjalan lancar. Dari giat itu, Polda Lampung turut memutarbalikkan puluhan kendaraan hendak melewati pos penyekatan, di masa larangan mudik Lebaran 2021.

Kabidhumas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad selaku Kepala Satuan Tugas Bantuan Operasi (Kasatgas Banops) menyebut, sejumlah kendaraan diminta putar balik yaitu, 7 unit kendaraan roda dua dan 18 roda empat. Untuk roda empat, 16 mobil pribadi serta 2 bus angkutan.

"Hari pertama Operasi Ketupat Krakatau Tahun 2021 kemarin, kita dari Polda Lampung dan jajaran, telah memutarbalikkan kendaraan yang hendak melewati pos penyekatan guna melakukan mudik lebaran,” ujar Pandra, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Terciduk Mudik ke Lampung Kendaraan Ditahan? Ini Penjelasan Polda Lampung

1. Pemberlakuan sanksi tilang ke 15 kendaraan

Hari Pertama Larangan Mudik, Polda Lampung Putar Balik 25 Kendaraanpolri.go.id

Merujuk data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, pada hari pertama pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2021, Pandra mengatakan, telah memberlakukan sanksi penilangan ke 15 kendaraan.

Alasannya, karena berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, sementara perlakuan teguran turut dilakukan kepada 202 kendaraan melintas.

"Polda Lampung selama ini juga telah melakukan kegiatan penerangan dan penyuluhan baik melalui media cetak, media elektronik, media sosial, tempat rawan kecelakaan, dan pelanggaran sebanyak 506 kali," sebut Pandra.

2. Polda imbau, masyarakat tidak mudik di Lebaran 2021

Hari Pertama Larangan Mudik, Polda Lampung Putar Balik 25 KendaraanIlustrasi mudik menggunakan kapal (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Tidak hanya itu, Pandra memaparkan, kegiatan Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) sudah dilaksanakan sebanyak 2.593 kali. Dalam masa peniadaan mudik, aparat juga memeriksa k 474 unit sepeda motor dan 376 mobil penumpang di posko penyekatan.

Selain itu, kata Pandra, pemeriksaan turut diberlakukan ke 91 mobil bus, 158 mobil barang, dan kendaraan khusus sebanyak 21 unit.

"Dalam hal ini, kami mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik Lebaran, mengingat saat ini pandemik COVID-19 masih sangat tinggi," ucap dia.

Baca Juga: Hari Pertama Larangan Mudik, Pospam Sukarame Putar Balik 5 Kendaraan

3. Laksanakan penerapan prokes dan cegah penyebaran virus COVID-19

Hari Pertama Larangan Mudik, Polda Lampung Putar Balik 25 Kendaraanhttps://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5357557/pakai-masker-rangkap-biar-lebih-aman-dari-covid-19-begini-aturannya

Menurut Pandra, Polda Lampung dan jajaran juga melaksanakan penerapan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran virus COVID-19. Kegiatan ini dilaksanakan dengan membagikan 400 buah masker kepada masyarakat.

"Sosialisasi penerapan protokol kesehatan ini, terus kami lakukan dan juga pembagian masker gratis," imbuhnya. 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya