Comscore Tracker

Fenomena Hawa Panas Terjadi di Rumah Mantan Perwira Polisi Lamsel

Pernah ujicoba dengan anak ayam hingga handuk basah

Lampung Selatan, IDN Times - Baru-baru ini terjadi fenomena tak biasa di salah satu rumah warga Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). Bagaimana tidak, lantai keramik terasa panas saat disentuh.

Usut punya usut, rumah berlokasi di depan SMAN 2 Kalianda inie tersebut merupakan milik mantan Kasubag Humas Polres Lamsel, AKP (Purn) Sukarman, yang kini telah memasuki usia 61 tahun.

Sukarman mengatakan, fenomena tak biasa ini sudah berlangsung sepekan terakhir. Bahkan terkini hawa panas dipancarkan dari lantai rumah kian meningkat.

"Ini kebetulan memang jadi ruangan musala. Awal-awal panasnya biasa saja, tapi kok dirasa sekarang hawanya makin panas," ujar Sukarman, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: Balita Sejak Lahir Derita Hidrosefalus, Terima Donasi Pemkab Lamsel

1. Ujicoba anak ayam hingga handuk basah telah dilakukan

Fenomena Hawa Panas Terjadi di Rumah Mantan Perwira Polisi LamselTemuan fenomena tak biasa di salah saru rumah warga Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa)

Merasa penasaran dengan fenomena aneh tersebut, Sukarman mengatakan telah melakukan sejumlah uji coba. Itu guna memastikan hawa panas tersebut bersumber dari bawah lantai dan dampak ditimbulkannya.

"Takut itu membahayakan, saya pernah menginapkan seekor anak ayam semalaman di ruangan itu, tapi paginya baik-baik saja masih hidup. Pernah juga taruh handuk basah, tidak sampai dua jam sudah kering," terang dia.

2. Berharap tindaklanjut pihak-pihak terkait

Fenomena Hawa Panas Terjadi di Rumah Mantan Perwira Polisi Lamselpindahlubang.com

Atas temuan tersebut, mantan perwira pertama kepolisian itu mengharapkan pihak-pihak terkait bisa segera menyambangi kediamannya. Itu guna melakukan pengecekan terhadap hawa panas tersebut.

"Kalau khawatir ya jelas, apalagi penyebab panas belum diketahui, ditambah panas terus meningkat," kata Sukarman.

Selain itu, sejumlah perabotan rumah tangga berada di sekitar ruangan juga sudah dipindahkan. "Khususnya barang-barang yang mudah terbakar, takut membahayakan," tambah dia.

3. Temuan bakal diteruskan ke dinas ESDM Provinsi Lampung

Fenomena Hawa Panas Terjadi di Rumah Mantan Perwira Polisi LamselTemuan fenomena tak biasa di salah saru rumah warga Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa)

Kabid Pemadam Kebakaran Pemkab Lamsel, Rully Fikriansyah, mengatakan, pihaknya belum mengetahui persis penyebab suhu panas di ruangan berukuran 2x3 tersebut.

"Kita sudah terima laporan dan melakukan pengecekan ke lokasi. Benar di sana ada hawa panas dari lantai yang tidak normal," ucapnya, mewakili Kadis Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Lamsel, Maturidi Ismail.

Selain itu, pihaknya juga bakal segera melaporkan temuan fenomena ini kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Lampung. "Mereka yang lebih paham tentang ini, nanti kedinasan terkait yang bisa menjelaskan fenomena apa," tandas Rully.

Baca Juga: Vaksinasi Dosis 2 di Lamsel Baru 10 Persen, Desa Jatimulyo Zona Merah

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya