DPD Demokrat Lampung: 24 Pendaftar Muscab Calon Ketua DPC Penuhi Syarat 

Tapi 1 pendaftar tidak memenuhi syarat calon ketua DPC

Bandar Lampung, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Lampung sudah menerima total 25 pendaftar maju dalam pencalonan Ketua DPC Partai Demokrat se-Provinsi Lampung. Pencalonan itu dalam rangka menyambut Musyawarah Cabang (Muscab) serentak pada 21 Maret 2022 mendatang.

Ketua DPD Partai Demokrat Lampung, Edy Irawan Arief mengatakan, pendaftaran calon Ketua DPC se-Provinsi Lampung berakhir, Sabtu (12/3/2022) sekitar pukul 16.00 WIB. Hasilnya, jumlah pendaftar mencapai 25 dan 1 pendaftar di antaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi.

"Untuk belum memenuhi persyaratan, masih diperbolehkan mendaftar susulan di DPP Partai Demokrat, Jakarta, bukan berarti didiskualifikasi. Dari 24 ini, pendaftar memenuhi verifikasi ada 8 kabupaten/kota dengan pendaftar tunggal, berarti ada 7 kabupaten/kota tidak tunggal dari bagian ini hanya 2 berisi 3 calon," ujarnya usai Rapat Pleno di kantor DPW Partai Demokrat.

1. Penetapan calon ketua bagi mereka memperoleh dukungan 20 persen

DPD Demokrat Lampung: 24 Pendaftar Muscab Calon Ketua DPC Penuhi Syarat Ketua DPW Demokrat Lampung, Edy Irawy Adif menggelar rabat bersama pengurus DPW partai. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut Edy menyampaikan, teknis pelaksanaan Muscab Partai Demokrat Lampung akan berlangsung selama dua hari tepatnya 20 dan 21 Maret 2020. Agenda hari pertama verifikasi dukungan peserta dan hari kedua penyelengaraan Muscab.

Penyelenggaraan ini juga akan mengusung 3 tahapan mulai dari fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan, penetapaan calon terpilih, dan pelantikan pengurus.

"Muscab sebatas menentukan calon ketua, dengan memperoleh dukungan anggota 20 persen atau lebih. DPD tidak punya kewenangan untuk memverifikasi dukungan, itu semua kewenangan di DPP. Maka kami hanya meneruskan apa adanya," kata dia.

Baca Juga: Sah! Edy Irawan Arief Dilantik Ketua DPD Partai Demokrat Lampung

2. Nero Kunang siap geser kursi kepemimpinan Budiman AS

DPD Demokrat Lampung: 24 Pendaftar Muscab Calon Ketua DPC Penuhi Syarat Nero dan rombongan pendukung menyambangi kantor DPW Partai Demokrat Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Salah satu calon Ketua DPC Demokrat Lampung yang baru menyerahkan syarat-syarat pendaftaran, Sabtu (12/3/2022), Nero Kunang menyatakan kesiapan menggeser kursi kepemimpinan incumbent Ketua DPC Demokrat Bandar Lampung, Budiman AS

Dalam pencalonan ini, Nero mengaku telah mengantongi dukungan 9 dari 16 total Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) di kota setempat. Kesembilan DPAC meliputi Kedamaian, Sukabumi, Rajabasa, Kemiling, Tanjungsenang, Tanjungkarang Barat, Telukbetung Utara, Bumi Waras, dan Sukarame.

"Awalnya saya mau maju itu di Lampung Utara, tapi adik-adik ini (DPAC Bandar Lampung) semua merasa kalau kita harus maju untuk Bandar Lampung. Jadi bukan lagi hal kebetulan bagai kader partai siap ditempatkan dimana saja,” katanya.

3. Najamudin pasang target 10 kursi legislatif di DPRD Lampung Tengah

DPD Demokrat Lampung: 24 Pendaftar Muscab Calon Ketua DPC Penuhi Syarat Najamudin dan rombongan pendukung menyambangi kantor DPW Partai Demokrat Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Hampir serupa turut disampaikan Najamudin, salah satu calon Ketua DPC Partai Demokrat Lampung Tengah. Pencalonan ajang Muscab kali ini merupakan hasil dorongan dari para kader partai berada pada 9 dari total 23 DPAC di kabupaten setempat.

Selain itu, dirinya juga bertekad untuk lebih memperkuat eksistensi partai berlambang mercy tersebut, dengan menargetkan menduduki kursi legislatif total hingga 10 kursi DPRD Lampung Tengah di Pemilu serentak 2024.

"Kita juga siap mendukung Ketum AHY untuk maju di Pilpres 2024, kami sebagai kader Demokrat harus bisa mencapai cita-cita beliau menjadi RI 1," janji Anggota Komisi 1 DPRD Lampung Tengah tersebut.

Meski dalam pencalonan ini Najamudin akan berhadapan dengan dua lawan politik lainnya yaitu, Toni Sastra Jaya dan Baroji. Namun dirinya mengaku punya kelebihan tersendiri mengingat, kini ia merupakan Ketua Fraksi DPRD Partai Demokrat Lampung Tengah sekaligus Sekretaris DPC Lampung Tengah. "Kita akan kerja maksimal, tapi yang jelas tiap kandidat pasti ada kelebihan dan kekurangannya," lanjut dia.

4. Daftar 25 nama calon Ketua DPC Partai Demokrat se-Provinsi Lampung

DPD Demokrat Lampung: 24 Pendaftar Muscab Calon Ketua DPC Penuhi Syarat Najamudin dan rombongan pendukung menyambangi kantor DPW Partai Demokrat Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Daftar nama calon Ketua DPC telah mendaftar pada Muscab serentak di 15 Kabupaten/Kota Provinsi Lampung:

  • Bandar Lampung: Budiman AS, Nerozely Agung
  • Metro: Bambang Iman Santoso, Sudarsono
  • Lampung Selatan: Muhammad Junaidi, Endi Hasibuan
  • Pesawaran: Arisandi DP
  • Pringsewu: Mira Anita
  • Tanggamus: Marsono
  • Pesisir Barat: M Towil, April Lizwar
  • Lampung Barat: Sutikno
  • Lampung Tengah: Toni Sastra Jaya, Baroji, Najamudin
  • Lampung Utara: Wansori, Herwan Mega
  • Lampung Timur: M Khadafi Azwar, Anton Setia Putra, Asep Makmur
  • Mesuji: Budi Susanto, Muhtar
  • Way Kanan: Rial Kalbadi
  • Tulang Bawang: Zuldin
  • Tulang Bawang Barat: Busroni

Baca Juga: Edy Arief Hibahkan Tanah 912 Meter untuk Kantor DPD Demokrat Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya