Detik-detik OTT Karomani, Sempat Beli Kickers Palsu di Cibaduyut

Dijemput 4 petugas KPK pukul 23.00 WIB

Bandar Lampung, IDN Times - Istri eks Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani, Enung Juhartini membagikan kisah detik-detik sebelum sang suami terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK perkara suap penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unila jalur Mandiri 2022.

Penindakan terhadap terdakwa Karomani diakui Enung berlangsung tatkala rombongan Unila sedang berlibur ke Bandung, Jawa Barat tepatnya kala menginap di Hotel El Royale Bandung, Kamis (18/8/2023).

Karomani disebut sang istri dijemput sekitar 4 orang petugas KPK berpakaian preman. Bahkan ponsel pribadi Enung dikata sempat diperiksa dan disita pihak lembaga antirasuah.

Baca Juga: Deposito Rp1 M Diblokir KPK, Karomani: Saya Seperti Gelandangan

1. Keberangkatan ke Bandung usai melaksanakan Upacara 17 Agustus di Unila

Detik-detik OTT Karomani, Sempat Beli Kickers Palsu di CibaduyutIstri eks Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani, Enung Juhartini saat bersaksi di PN Tipikor Tanjungkarang, Selasa (28/3/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam kesaksian Enung sebagai saksi fakta bagi terdakwa eks Warek Unila Heryandi dan eks Ketua Senat Unila Muhammad Basri, ia mengungkap kunjungan liburan rombongan Unila ke Kota Bandung pascamelaksanakan Upacara 17 Agustus 2022 di kampus setempat.

Menurutnya, rombongan Unila bertolak ke Bandung itu terdapat sekitar 10 mobil, berisi para petinggi Unila semisal eks Wakil Rektor Unila Asep Sukohor hingga eks Wakil Rektor Unila Suharso.

"Nah kemudian berangkat ke Bandung, itu tujuannya ke mana bu?," tanya Ketua Majelis Hakim Achmad Rifai kepada saksi Enung di PN Tipikor Tanjungkarang, Selasa (28/3/2023).

"Tujuannya itu acara ke Ciater, tempatnya Sariater," jawab saksi.

"Rencana menginap berapa hari di sana?," timpal hakim. "Satu hari, satu malam," sahut Enung.

Dijelaskan Enung, rombongan Unila tiba di Sariater, Bandung pada malam hari. "Malam, jamnya lupa sekitar setelah Isya, karena saya di perjalanan tidur," kata saksi.

2. Karomani sempat beli sepatu Kickers palsu di Cibaduyut

Detik-detik OTT Karomani, Sempat Beli Kickers Palsu di Cibaduyutilustrasi mencoba sepatu [dok.Pribadi]

Lebih lanjut diungkapkan saksi Enung, keesokan harinya para rombongan Unila menyantap sarapan di hotel, yang dilanjutkan dengan kegiatan jalan-jalan kawasan Gedung Asia Afrika.

"Kemudian setelah itu istirahat makan?," tanya hakim. "Iya makan, salat Zuhur sudah itu jalan ke Cibaduyut," kata saksi.

Kemudian hakim lantas menanyakan kegiatan para rombongan Unila, termasuk Enung dan sang suami terdakwa Karomani selama berada di Cibaduyut.

"Turun semua di Cibaduyut?," imbuh hakim Rifai. "Saya tidak merhatikan satu-satu pak," kata saksi Enung.

"Ibu belanja gak di sana? Tidak, atau belanja sepatukan?," cacar hakim.

"Oh bapak, maaf beli Kickers palsu," akui saksi. "Lalu, apalagi bu?," kata hakim. "Sudah itu saja, lupa lagi pak," ucap saksi.

3. Dijemput petugas KPK sekitar pukul 23.00 WIB

Detik-detik OTT Karomani, Sempat Beli Kickers Palsu di CibaduyutPetugas KPK membawa Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani selaku tersangka untuk dihadirkan dalam konferensi pers hasil kegiatan tangkap tangan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Minggu (21/8/2022). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Usai puas berjalan-jalan ria di Kota Bandung seharian penuh, dikatakan Enung para rombongan Unila akhirnya memutuskan kembali ke Hotel El Royale Bandun. Itu guna melepas lelah dan melanjutkan makan malam.

Kendati demikian, diakui sang suami sempat berpamitan dan mengajaknya untuk mencari makan di sekitar kawasan Cihampelas. Namun Enung memilih menyantap hidangan makan malam di hotel setempat.

"Setelah pulang, bapak langsung istirahat tidur. Saya masih belum tidur, tiba-tiba ada yang ketuk pintu sekitar larut malam jam 11. Ini saya bingung kok malam ada yang ngetuk pintu," akui saksi Enung.

"Saya tidak mau buka, sudah tiga kali baru saya tanya siapa, dijawab Budi Sutomo. Di situ saya bilang ke bapak, ditanya siapa, mau ngapain (ketuk pintu malam-malam). Akhirnya dipersilahkan bapak buka pintu," lanjut dia.

Pascamembuka pintu kamar hotel, Enung mendapati Budi Sutomo merupakan Kabiro Perencanaan dan Humas Unila turut didampingi 4 orang tak dikenal.

"Pakai seragam atau pakaian bebas (para petugas KPK?," tanya hakim. "Tidak memperhatikan, yang jelas kalau tidak salah ada yang pakai topi," sebut saksi.

"Terus mereka mengatakan dari mana tidak bu?," telisik hakim Rifai.

"Iya saya tanya dari mana, mereka jawab dari KPK katanya ada OTT di Lampung, Lalu bapak suruh masuk," sambungnya.

4. Sang istri sempat tanyakan surat tugas KPK

Detik-detik OTT Karomani, Sempat Beli Kickers Palsu di CibaduyutIstri mantan Rektor Unila Karomani, Enung Juhartini saat dihadirkan di PN Tipikor Tanjungkarang, Selasa (28/3/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Diakui saksi Enung, dirinya juga sempat mempertanyakan surat tugas pihak KPK saat menyatroni sang suami. Alhasil, terdakwa Karomani pun menemui dan berbicara singkat dengan petugas lembaga antirasuah.

"Setelahnya bapan bilang, saya mau pergi. Bapak membereskan baju saja yang mau dibawa," kata Enung.

"Jadi waktu itu petugas mengatakan ingin membawa terdakwa?," imbuh hakim.

"Iya katanya mau jadi saksi, ya sudah bapak di bawa," tandas saksi Enung.

Baca Juga: Istri Eks Rektor Unila Tolak Bersaksi untuk Terdakwa Karomani

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya