Catat! Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Lebaran ala Polda Lampung

Polda Lampung berbagai sejumlah tips aman mudik lebaran

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung berbagai sejumlah tips aman meninggalkan rumah saat mudik Lebaran di Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 Hijriah. Persiapan ini penting agar bisa tetap aman dan tidak waswas tatkala berada di kampung halaman.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, setiap warga hendak mudik Lebaran wajib melaporkan diri ke aparat keamanan hingga pamong setempat.

"Iya, nanti kami akan mendata masyarakat yang akan pergi meninggalkan rumahnya untuk mudik Lebaran. Ini adalah salah satu bentuk pelayanan kepolisian terhadap masyarakat," ujarnya saat dimintai keterangan, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: Rekomendasi Ide Hampers Murah di Lampung selain Kue Lebaran!

1. Pemudik wajib laporan sebelum meninggalkan rumah

Catat! Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Lebaran ala Polda LampungKabidhumas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut dikatakan Pandra, kondisi rumah kosong ditinggal pemilik mudik Lebaran acapkali menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan, semisal mencuri berbagai barang berharga seperti perhiasan, alat-alat elektronik, dan lain-lain.

Oleh karenanya, agar bisa tetap aman dan hati tenang saat mudik, penting bagi para pemudik lebih dulu melaporkan diri kepada aparat bakal meninggalkan kediaman sementara waktu.

"Lapor beritahu dulu kepada pamong atau petugas Bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing. Kalau itu bentuknya perkampungan, bisa ke pak RT/RW. Sedangkan masyarakat tinggal di perumahan, bisa menitipkan rumahnya ke pihak keamanan atau penjaga perumahan," terang Pandra.

2. Matikan arus listrik hingga kunci rapat pintu dan jendela

Catat! Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Lebaran ala Polda Lampungilustrasi keset kaki di depan pintu rumah (unsplash.com/polarmermaid)

Bagi mereka telah melapor menitipkan rumah kepada petugas, tak lupa juga untuk meninggalkan nomor handphone masing-masing, agar bisa segera dihubungi bila terjadi sesuatu tak diinginkan. Namun tetap, aparat bakal tetap menjaga ketat selama bertugas mengamankan kegiatan mudik Lebaran.

Pandra juga menambahkan, para pemudik juga perlu memperhatikan aspek keamanan rumah lainnya seperti mematikan arus listrik, mencopot selang tabung gas Elpiji, hingga mengunci rapat semua akses masuk dalam rumah mulai dari jendela hingga pintu.

"Matikan aliran listrik penting, selain dikunci, baiknya jendela dan pintu rumah diberi pengaman tambahan berupa teralis," pinta kabid humas.

3. Polda Lampung bakal laksanakan Ops Ketupat Krakatau 2023

Catat! Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Lebaran ala Polda LampungApel Ops Ketupat Krakatau 2021 (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dalam rangka pengamanan periode Lebaran 2023, Pandra mengatakan, jajaran Polda Lampung juga akan melaksanakan Operasi Ketupat Krakatau 2023. Salah satu fokusnya, mengamankan dan melindungi rumah warga ditinggal selama mudik Lebaran.

"Operasi Ketupat Krakatau 2023 berlangsung yang akan datang akan dilaksanakan kurang lebih selama 12 hari," tandas Pandra.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya