Anggota DPR Fraksi PDIP Dukung Mahfud Mundur dari Menko Polhukam  

Disebut sebagai sikap ksatria

Intinya Sih...

  • Mendukung sikap pengunduran diri Mahfud MD sebagai bentuk ksatria menghadapi Pilpres 2024.
  • Keputusan pengunduran diri Menko Polhukam dianggap tepat untuk fokus pada kampanye sebagai Cawapres nomor urut 03.
  • Dukungan dari DPP PDI Perjuangan dan partai pengusung lainnya dalam keputusan tersebut.

Lampung Tengah, IDN Times - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan I Komang Koheri mendukung sikap Cawapres Mahfud MD bakal menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) langsung kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Menurutnya, pernyataan rencana pengunduran diri Mahfud MD tersebut sebagai bentuk sikap ksatria menghadapi kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya memberikan apresiasi sikap bapak Prof Mahfud pada hari ini sudah memberikan pernyataannya mengundurkan diri. Beliau tadi sudah mengambil keputusan bahwa beliau mengundurkan diri dari kabinet bapak Presiden Jokowi, saya kira ini sikap bagus," ujarnya di Pura Ulun Danu Tirta Gangga, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga: Kampanye-Ziarah, Mahfud MD Ditemani Yenny Wahid Bakal ke Lampung

1. Dinilai keputusan tepat untuk fokus pemenangan capres-cawapres

Anggota DPR Fraksi PDIP Dukung Mahfud Mundur dari Menko Polhukam  Cawapres Mahfud MD berkunjung ke Pura Ulun Danu Tirta Gangga, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menurut I Komang, keputusan pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam tersebut sudah sangat tepat. Mengingat, pengusungan sebagai Cawapres tentu bakal menyita waktu Mahfud MD di tengah kesibukan masa kampanye.

Seiring dengan itu, ia pun berharap realisasi keputusan ini bisa menambah fokus pemenangan capres-cawapres nomor urut 03 dalam satu putaran Pilpres.

"Mudah-mudahan kita harapan satu putaran, kalaupun sampai dua putaran, ini waktunya masih lama sehingga bisa mengganggu dari pada pekerjaan maupun fokus pemenangan beliau," imbuhnya.

2. Diyakini bentuk keputusan bersama

Anggota DPR Fraksi PDIP Dukung Mahfud Mundur dari Menko Polhukam  Rembug Rakyat di Lapangan Desa Sido Binangun, Seputih Banyak, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Terlepas dari dukungan DPP PDI Perjuangan dalam keputusan Mahfud MD tersebut, I Komang mengatakan, sikap tersebut tentu telah dibicarakan dan dibahas bersama dengan para elit partai pengusung, termasuk capres Ganjar Pranowo.

"Saya selaku anggota dan fraksi PDI Perjuangan tidak tahu sikap partai di DPP, tapi saya melihat bahwa keputusan ini adalah keputusan bersama dengan beliau," imbuhnya.

3. Mahfud MD akan sampaikan surat ke Presiden Jokowi

Anggota DPR Fraksi PDIP Dukung Mahfud Mundur dari Menko Polhukam  Cawapres Mahfud MD berkunjung ke Pura Ulun Danu Tirta Gangga, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD diketahui telah memutuskan mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam. Rencana pengumuman itu disampaikan langsung saat menyambangi Pura Ulun Danu Tirta Gangga, Lampung Tengah.

"Maka hari ini, saya sudah membawa surat untuk presiden untuk disampaikan ke Presiden langsung, tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik," tandas sang cawapres.

Baca Juga: Kampanye di Lampung, Mahfud MD: Hukum Terkadang Dipermainkan Aparat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya