Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Lampung Telah Kembali ke Tanah Air

8 orang meninggal di Tanas Suci, 3 masih menjalani perawatan

Intinya Sih...

  • Kloter terakhir jemaah haji Lampung tiba di Debarkasi Antara, menandai kepulangan 7.265 jemaah haji asal Lampung.
  • Penyelenggaraan haji tahun ini berjalan baik dengan skema murur dan tanazul untuk memudahkan jemaah lansia dan mengurangi kepadatan.
  • 11 jemaah tidak atau belum kembali ke Tanah Air, 8 wafat dan 3 masih dalam perawatan di Rumah Sakit Abdul Wahab.

Bandar Lampung, IDN Times - Seluruh jemaah haji 2024/1445 Hijriah asal Lampung telah kembali ke provinsi setempat. Itu ditandai kedatangan Kloter terakhir tiba di Debarkasi Antara, Minggu (21/7/2024) pukul 02.00 WIB dini hari.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung, Puji Raharjo mengatakan, kedatangan kloter terakhir tersebut melengkapi total kepulangan 7.265 jemaah haji asal Lampung.

"Alhamdulillah, ada sebanyak 7.265 jemaah haji asal Lampung telah pulang dan berhasil menunaikan ibadah haji tahun ini," ujarnya dikonfirmasi, Senin (22/7/2024).

Baca Juga: 7 Jemaah Haji Asal Lampung Wafat, Keluarga Boleh Klaim Asuransi

1. Sebut penyelenggaraan haji tahun ini mumtaz

Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Lampung Telah Kembali ke Tanah AirIlustrasi kepulangan jemaah haji asal Lampung. (Dok. Kemenag Lampung).

Puji melanjutkan, penyelenggaraan haji tahun ini disebut mumtaz alias berjalan dengan baik dengan adanya beberapa skema berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya.

"Akomodasi dan konsumsi tahun ini lebih baik, serta mekanisme murur, dan tanazul memberikan kemudahan bagi jemaah lansia dan mengurangi kepadatan," ucapnya.

Puji menambahkan, murur merupakan skema penempatan ulang jemaah berdasarkan kebutuhan khusus. Seperti kondisi kesehatan atau usia lanjut, sehingga memungkinkan mereka mendapatkan prioritas akomodasi dan pelayanan yang lebih baik.

"Untuk tanazul, ini skema memberikan kesempatan bagi jemaah lansia atau memiliki keterbatasan fisik untuk menukar tempat dengan jemaah lain yang lebih muda dan sehat, sehingga mengurangi kepadatan dan mempermudah proses ibadah," tambahnya.

2. Doakan seluruh jemaah dapat haji mabrur

Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Lampung Telah Kembali ke Tanah AirJemaah calon haji terakhir Lampung masuk Embarkasi Antara. (Dok. Kemenag Lampung).

Selaku Kepala Staf Urusan Haji Provinsi Lampung, Puji menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi atas kerja sama semua pihak, khususnya pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten telah mendukung penyelengaraan ibadah haji di tahun ini.

"Alhamdulillah, sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sukses mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan. Semoga kerja keras dan keikhlasan ini tercatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT," ucapnya.

Ia turut mendoakan agar seluruh jemaah mendapatkan haji mabrur. "Selamat berkumpul kembali dengan keluarga di kampung halaman," tambahnya.

3. Dari 7.276 jemaah, 8 wafat

Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Lampung Telah Kembali ke Tanah AirIlustrasi kepulangan jemaah haji asal Lampung. (Dok. Kemenag Lampung).

Kabid Haji dan Umroh Kemenag Lampung, Ansori F Cutra menjelaskan, total jumlah jemaah haji Lampung berangkat sebanyak 7.276 orang. Itu terdiri dari 7.126 jemaah haji reguler, 46 petugas haji daerah (PHD), 9 pembimbing dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), serta 95 petugas kloter.

Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji, total jemaah Lampung pulang ke Tanah Air mencapai 7.265 orang.

"Ada 11 jemaah tidak atau belum kembali ke Tanah Air dengan rincian 8 jemaah wafat dan 3 jemaah lainnya masih dalam perawatan di Rumah Sakit Abdul Wahab. Mereka Mat Sujak dan Badri Al Taher dari Kabupaten Lampung Timur, serta Suliyah Samudi Sadini dari Way Kanan," tandasnya.

Baca Juga: 384 Jemaah Haji Tiba di Lamsel, Sisanya 22 Juli 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya