Comscore Tracker

289 Peserta Tes SKD CASN 2021 Formasi Pemkab Lamsel Gugur

Tak datang ke lokasi ujian

Lampung Selatan, IDN Times - Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional V mencatat hanya ada 1.872 dari 2.161 CPNS dan PPPK pendaftar formasi Pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan. Itu yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CAT BKN CASN 2021 di Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Artinya, terdapat 289 peserta tidak mengikuti tahap ujian SKD, yang berlangsung dari 14 - 16 September 2021 tersebut.

"Untuk konfirmasi atau alasan ketidakhadiran mereka (peserta tes SKD) ini kita tidak tahu pasti. Sebab, itu masuknya ke bagian Pemda di registrasi dan kita hanya mengawasi di dalam ruang ujian," ujar Ketua Koordinator BKN Kanreg 5 lokasi tes Itera, Abdul Azis, kepada IDN Times, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: Cerita Bumil Peserta Tes SKD CASN, Tak Antre dan Diperlakukan Istimewa

1. Peserta tidak ikut tes dinyatakan gugur atau tidak lolos

289 Peserta Tes SKD CASN 2021 Formasi Pemkab Lamsel GugurIlustrasi tes SKD CPNS (IDN Times/Dokumen)

Atas ketidakhadiran itu, Abdul pun mengatakan, sebanyak 289 peserta tes secara otomatis bakal dinyatakan gugur atau tidak dapat melanjutkan pada tahap berikutnya yaitu, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Kemungkinan ini menyangkut keperluan pribadi pada masing-masing individu peserta tes, sehingga mereka tidak bisa mengikuti SKD ini," ucap dia.

2. Belum ditemukan kendala selama pelaksanaan tes

289 Peserta Tes SKD CASN 2021 Formasi Pemkab Lamsel GugurFasilitas pelaksanaan tes SKD CAT CASN 2021 di Itera. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pelaksanaan tes SKD CAT BKN telah memasuki hari ke-3 ini, Ketua Pansel Tes CASN 2021 di ITERA, Msy Lies Andriani menjelaskan, pihaknya hingga kini tidak menghadapi kendala terkait fasilitas penunjang ujian. Itu seperti halnya menyangkut komputer hingga jaringan koneksi internet.

Seperti diketahui, dalam pelaksanaan tes SKD CASN 2021 ini, pihak kampus telah menyiapkan sebanyak 400 komputer utama dan 40 komputer cadangan, yang seluruhnya sudah dilengkapi kamera web (webcam) sesuai standar BKN.

"Tes rencananya berlangsung sampai 28 Oktober, sejauh ini tidak ada kendala, tapi yang pasti kita juga sudah melakukan antisipasi seperti halnya pengecekan rutin PC, jaringan, hingga kelistrikan," ucap Lies.

3. Tiap peralihan sesi dilakukan penyemprotan disinfektan

289 Peserta Tes SKD CASN 2021 Formasi Pemkab Lamsel GugurFasilitas pelaksanaan tes SKD CAT CASN 2021 di Itera. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lies mengatakan, pelaksanaan tes SKD CASN 2021 di Itera sangat mengedepankan protokol kesehatan (prokes).

Itu seperti halnya mewajibkan setiap peserta memakai masker di dalam ruangan tes, menjaga jarak, hingga menyemprotkan disinfektan di tiap peralihan sesi.

"Masalah prokes menjadi fokus utama kita, penyemprotan juga dilakukan di tiap sesi sampai selesai kegiatan tes," tandas Lies.

Baca Juga: Hari Kedua Tes SKD CASN Lamsel, Peserta Lupa Bawa Kartu Ujian

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya