Comscore Tracker

Unila Masuk Top 800 Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia

Berdasarkan kepengurusan, penelitian, dan penjangkauan

Bandar Lampung, IDN Times - Pertama kalinya Universitas Lampung (Unila) masuk dalam peringkat 601-800 dari 1.115 perguruan tinggi terbaik di dunia. Peringkat itu berdasarkan pengumuman yang dirilis Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2021.

"Dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi, Unila berhasil memperoleh apresiasi dari pihak eksternal dan tetap bertahan dalam masa pandemik," kata Rektor Unila Karomani, Jumat (23/4/2021).

Baca Juga: Agrowisata Unila Kembali Dibuka, Kualitas Melon Diklaim Lebih Manis

1. Apa saja sih indikator perguruan tinggi terbaik ini?

Unila Masuk Top 800 Perguruan Tinggi Terbaik di DuniaIlustrasi Riset (IDN Times/Arief Rahmat)

Juru bicara rektor Unila, Kahfe Nazaruddin mengatakan, pemeringkatan Impact Ranking versi Times Higher Education dilakukan dengan mengukur dan melihat perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator tujuan United Nations Sustainable Development Goals (SDGs).

Indikator yang digunakan adalah berdasarkan pada aspek kepengurusan, penelitian, dan penjangkauan. "Times Higher Education Impcat Rankings 2021 adalah edisi ketiga, dimana melibatkan 1.115 universitas di 94 negara," jelas Kahfe.

2. Peringkat itu menjadi bukti Unila dikenal masyarakat luas

Unila Masuk Top 800 Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia-  Universitas Lampung (Unila) mewisuda 447 lulusan doktor, magister, profesi, sarjana, dan diploma periode VI tahun akademik 2019–2020 secara daring via Zoom, Rabu (29/7/2020). (Dok IDN Times/Istimewa)

Kahfie juga menjelaskan, kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat, mampu menunjukkan Unila semakin dikenal masyarakat global.

"Masuknya Unila pada 14 besar universitas dunia THE Impact Rankings merupakan salah satu yang besar," tuturnya.

Pihaknya menyatakan, pemeringkatan ini mengakomodasi semua aspek kinerja tridarma perguruan tinggi, di mana Unila menunjukkan kinerja optimalnya, baik di tingkat nasional maupun internasional.

3. Perguruan tinggi di negara berkembang mampu bersaing tingkat global

Unila Masuk Top 800 Perguruan Tinggi Terbaik di DuniaGedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). (IDN Times/Istimewa)

Menurutnya, capaian ini menggambarkan bahwa perguruan tinggi di negara berkembang juga mampu menunjukkan kinerjanya melalui metodologi pemeringkatan oleh lembaga independen dunia yang kredibel tersebut.

"Di tengah situasi yang tidak mudah saat ini sebagai dampak pandemik COVID-19, Unila tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan COVID-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat," paparnya.

Baca Juga: Keren! Unila Kembangkan Mobil Listrik Ramah Lingkungan 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya